Comscore Tracker

Shopee Creative Hub Asah Skill Anak Muda Solo, Mirip Sillicon Valley

Banyak startup berkantor di Solo Techno Park

Surakarta, IDN Times - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menyebut Solo Technopark (STP) menjadi lokasi pertama di Indonesia yang menjadi pusat ekonomi digital di Indonesia. Ia bahkan menyatakan jika STP mirip dengan Sillicon Valley yang ada di Amerika Serikat.

1. Aktivitas mirip dengan Sillicon Valley

Shopee Creative Hub Asah Skill Anak Muda Solo, Mirip Sillicon ValleyKantor Shopee Solo Creative Inovation Hub di Solo Techno Park. IDNTimes/Larasati Rey

Teten optimis atas perkembangan ekonomi digital di Indonesia yang bisa dimulai dari Kota Solo. Terlebih, di STP sudah terdapat kantor startup hingga decacorn yang sudah bersinergi dalam satu kawasan.

Ia mengaku STP bisa melahirkan anak-anak muda yang kreatif serta melahirkan banyak ide yang brilian, dan tangguh di era digitalisasi.

"Ini seperti Silicon Valley di Amerika Serikat. Di sana sama seperti ini diberi tempat yang free dan nyaman dihubungkan dengan mentor-mentor yang bisa menjadi teman diskusi bagi anak-anak muda. Sama di Silicon Valley, lahirlah Google, Facebook, dan Twitter," ungkap Teten ketika meresmikan Kantor Shopee Solo Creative Inovation Hub di Solo Techno Park (STP), Senin (6/12/2021).

Ia juga memprediksi, trasformasi perkembangan UMKM ekonomi pada tahun 2025 bisa tumbuh sebesar Rp1.700 triliun dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

"Adanya swasta dalam pengembangan UMKM, optimis akan lebih menumbuhkan industri UMKM lebih cepat. Dengan pertumbuhan demografi indonesia yang didominasi anak muda dengan 68 persen dan sesuai survei 70 persen berminat menjadi wirausahawan," paparnya.

Baca Juga: Kampus UMKM Shopee di Solo Diresmikan, ini Fasilitas yang Disediakan

2. Menjadi pusat pengembangan anak muda

Shopee Creative Hub Asah Skill Anak Muda Solo, Mirip Sillicon ValleyKantor Shopee Solo Creative Inovation Hub di Solo Techno Park. IDNTimes/Larasati Rey

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming mengatakan di STP tidak hanya berfokus pada industri digital, tetapi juga sebagai tempat bagi UMKM dan wirausaha untuk lebih maju dan berkembang.

"UMKM Solo bakal naik kelas dengan banyaknya fasilitas inkubator, akselerator yang bertujuan membina dan memajukan UMKM di Solo. Anak-anak muda di Solo bisa mengembangkan skill di STP. Di sini ada meeting room para anak muda dari kampus UNS, ISI atau Akademi Tekstil dan mahasiswa lainnya bisa berkumpul menyalurkan ide dan kreativitas di hub-hub yang ada," jelasnya.

Ke depan Gibran berharap, STP menjadi tempat produktif yang dikomandoi anak-anak muda. Bahkan Pemerintah Provinsi Jateng akan membuka creative hub yang menggabungkan antara pengembangan UMKM anak muda dengan coworking space dan game hub.

3. Pemulihan ekonomi saat pandemik COVID-19

Shopee Creative Hub Asah Skill Anak Muda Solo, Mirip Sillicon ValleyPeresmian Shopee Creative Inovation Hub di Solo Techo Park. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengatakan peresmian Shopee Solo Creative and Inovation Hub menjadi pusat pengembangan teknologi bagi anak-anak muda di Kota Solo. Shopee juga membuka Garena sebagai gaming hub yang bertujuan membantu mencetak atlet e-sport.

Dengan adanya Creative Innovation Hub dan Games Hub ini bisa menimbulkan efek positif di Kota Solo dalam percepatan pemulihan ekonomi saat pandemik COVID-19. Dengan begitu bisa mendukung semangat kewirausahaan, untuk mempertemukan orang-orang kreatif dengan berbagi spesialis.

"Kehadiran ini cukup relevan, apalagi dengan adanya tren pengembangan UKM atau startup, khususnya di kalangan muda," pungkasnya.

Baca Juga: Berkantor di Solo, Shopee Buka Peluang UMKM dan Lapangan Kerja Baru

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya