UMS Solo Adakan Konferensi ISETH, Mahasiswa Bisa Bebas Ujian Skripsi

Mau tahu caranya? Selengkapnya di sini

Surakarta, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan konferensi International Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH) ke-8 pada tanggal 5--6 Desember 2022, di Solo. Acara bertaraf internasional tersebut digelar secara hibrida.

1. Ada 11 konferensi di acara ISETH

UMS Solo Adakan Konferensi ISETH, Mahasiswa Bisa Bebas Ujian SkripsiInternational Summit on Science, Technology, and Humanity (ISETH). (IDN Times/Larasati Rey)

Pembukaan ISETH diadakan di Auditorium Mohamad Djazman UMS, Senin (5/12/2022) dengan 3 keynote speakers dari Indonesia dan luar negeri.

"Keynote speakers dari Chiha University Japan, Naokhali Science and Technology University Bangladesh, dan Universitas Sebelas Maret," ujar Ketua Lembaga Pengembangan Publikasi Ilmiah dan Buku Ajar (LPPI) UMS, Agus Ulinuha, S.T., M.T., Ph.D, Jumat (2/12/2022).

Konferensi tersebut menaungi 11 konferensi internasional yang digelar di dalamnya. Kesebelas konferensi itu antara lain:

  1. Internasional Conference an Advanced Materials Science (ICOAMS)
  2. Internasional Conference on Mathematics and Learning Research (ICOMER)
  3. Internasional Conference of Islamic and Indigenous Psychology (ICIIP)
  4. International Conference of Engineering Technology and Industrial Application (ICETIA)
  5. Internasional Conference on Community Empowerment and Engagement (ICCEE)
  6. Mechanical Engineering Science and Technology (MEST)
  7. Internal Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE)
  8. International Conference of Geography and Disaster Management (ICGDM)
  9. International Conference on Health and Well-Being (ICHWB)
  10. International Conference on Economic and Business Studies (ICOEBS)
  11. International Conference on Islamic and Muhammadiyah Studies (ICIMS).

Baca Juga: Cerita Rosa Sayentika, Mahasiswi UMS Raih Student Award

2. Para peneliti bisa menyampaikan gagasan

UMS Solo Adakan Konferensi ISETH, Mahasiswa Bisa Bebas Ujian SkripsiIDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut, Agus mengatakan, konferensi bertujuan untuk mempertemukan para peneliti guna menyampaikan hasil kajian yang telah mereka lakukan sekaligus mempererat kolaborasi dan hubungan para peneliti untuk tetap melakukan publikasi.
ISETH 2022 menjadi konferensi ke delapan yang diselenggarakan oleh UMS.

"Sebenarnya kegiatan ISETH ke-8 ini telah berlangsung dari bulan September 2022 lalu, ada sekitar 16 negara yang ikut serta dalam konferensi," ungkapnya.

Adapun yang yang akan diambil dalam konferensi tersebut yakni "Academic Improvement for Recovery Acceleration" untuk percepatan penyembuhan pasca pandemik COVID-19.

"Kita harapkan akademisi dan peneliti diharapkan untuk menyampaikan gagasannya dari background keilmuan masing-masing," ungkapnya.

3. Ada 971 makalah yang terkumpul untuk konferensi

UMS Solo Adakan Konferensi ISETH, Mahasiswa Bisa Bebas Ujian SkripsiGoogle

Sebanyak 971 makalah terkumpul dalam konferensi tersebut. Pengumpulan makalah dimulai sejak bulan Septemer 2022 lalu. Makalah yang terkumpul didominasi oleh mahasiswa UMS dari berbagai jenjang studi, sebanyak 701 paper.

Selain dari mahasiswa, juga terdapat makalah dari dosen UMS sebanyak 35, dosen eksternal sebanyak 216, dan penulis luar negeri sebanyak 20.

Agus mengatakan, jumlah tersebut masih kurang jika dibandingkan dengan total mahasiswa yang tengah mengambil skripsi, yakni sebanyak 5.000 makalah. 

Bagi mahasiswa yang menjadi pemakalah dalam konferensi ISETH ke-8, imbuhnya, UMS akan dibebaskan dari ujian skripsi dan otomatis mendapatkan nilai ujian A.

"Mahasiswa yang berhasil untuk presentasi pada level tertentu dapat digunakan untuk menggantikan ujian pendadaran," kata pungkanya

Selain mendapatkan keuntungan untuk tidak melakukan ujian pendadaran, UMS juga memberikan subsidi dana publikasi sehingga mahasiswa cukup membayar seharga Rp100 ribu.

Baca Juga: 8 Ribu Kuota Mahasiswa Baru UMS Solo, Hari Pertama Sudah 267 Pendaftar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya