Revitalisasi Habiskan Dana Rp8,8 M, Ini Penampakan Alun-Alun Baru Pati

Belum dibuka untuk umum

Pati, IDN Times - Kabupaten Pati bakal segera miliki ikon baru. Pasalnya, pembangunan alun-alun Kabupaten Pati akan segera rampung pada Selasa (8/10).

Bupati Pati Haryanto pun optimistis pembangunan tersebut akan rampung sesuai target. Orang nomor satu di Pati Bumi Mina Tani itu menegaskan bahwa revitalisasi selesai dan tuntas sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan.

 

Baca Juga: Viral! Bupati Banjarnegara Posting Slip Gaji, Tak Lebih Rp6 juta

1. Revitalisasi alun-alun selesai besok, namun belum dibuka

Revitalisasi Habiskan Dana Rp8,8 M, Ini Penampakan Alun-Alun Baru PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Hal tersebut ia sampaikan saat acara penyerahan dan kajian fiskal regional Jawa Tengah sekaligus penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama antara Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah bersama Pemkab Pati, di ruang Pragolo Setda Pati, Senin (7/10).

"Revitalisasi Alun - alun ini memang sudah mau selesai. Namun belum kita buka dulu, sebab menunggu dahulu hingga rumput yang telah ditanam tumbuh maksimal" ujarnya dalam pers rilis.

2. Haryanto pastikan revitalisasi alun-alun miliki kualitas bagus

Revitalisasi Habiskan Dana Rp8,8 M, Ini Penampakan Alun-Alun Baru PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Haryanto mengatakan,bahwa pada tanggal 8 Oktober 2019, revitalisasi dipastikan tuntas. Apalagi, menjelang batas akhir revitalisasi.

Bupati Pati pun sering melakukan cek lokasi. Selain itu, Ia pun sempat memiliki kekhawatiran apabila revitalisasi ini tidak selesai pada waktunya.

"Kalau telat kan ada konsekuensinya, yaitu telat sehari 9 juta. Jadi tidak sembarangan dalam pengerjaannya. Maka dari itu, rekanan benar - benar kita pacu", tegasnya.

Meskipun dipacu yang dimaksud, kata dia bukan berarti mengerjakan asal cepat dan selesai, namun benar - benar harus teliti dan sebaik mungkin. Pihaknya menegaskan, telah beberapa kali membandingkan dengan pembangunan alun - alun di daerah lain.

"Revitalisasi ini pembangunannya bagus, bisa dilihat sendiri", ucapnya.

3. Miliki ikon rumput hingga spot lain

Revitalisasi Habiskan Dana Rp8,8 M, Ini Penampakan Alun-Alun Baru PatiIDN Times/Humas Pemkab Pati

Lebih lanjut ada beberapa keistimewaan di alun-alun Pati sudah selesai dikerjakan. Hal ini seperti rumput yang ada di alun-alun. Meskipun demikan, rumput tersebut masih dalam perawatan karena saat ini masih musim kemarau.

"Sebab Alun - alun yang sudah dibangun ini kan milik kepentingan publik. Jadi yang sudah dibangun dengan biaya yang besar dapat dinikmati serta dimanfaatkan secara maksimal", imbuhnya.

Terkait pengamanan aset maupun rumput Alun - alun, ia menyebut akan ada bantuan dari Satpol PP Kabupaten Pati untuk menjaga dan patroli.

"Tak hanya Satpol PP, namun juga tanggung jawab bersama. Sebab, Alun - alun ini kan milik publik, milik rakyat. Bukan milik saya dan pak wakil secara pribadi. Namun untuk masyarakat bersama keluarga semua", pungkasnya.

Sementara itu, dari data yang diimpun, revitalisasi pembangunan itu membutuhkan anggaran APBD tahun 2019. Pemkab menganggarkan sebesar Rp 8,845 miliar.

Baca Juga: Misteri Museum Taman Prasasti, Ada Kisah Peti Mati Sukarno-Hatta

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya