Comscore Tracker

Waspada Corona! Begini Suasana Salat Jumat di Masjid Menara Kudus

Warga tampak khususk laksanakan salat Jumat

Kudus, IDN Times – Guna mengantisipasi dan kewaspadan terhadap penularan virus corona di sejumlah daerah meniadakan salat Jumat. Namun hal tersebut berbeda seperti di Kudus. Seperti di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus tampak ribuan orang datang untuk melaksanakan salat Jumat.

Baca Juga: Waspada Corona! Masih Ada RS di Kudus Kekurangan Alat Pelindung Diri 

1. Warga tetap laksanakan salat Jumat di masjid

Waspada Corona! Begini Suasana Salat Jumat di Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

Dari pantauan IDN Times di lapangan, tampak lalu lalang warga yang akan menunaikan ibadah salat Jumat. Tampak kendaraan sepeda motor juga terpakir di depan jalan menuju Masjid Menara Sunan Kudus.

Tidak hanya itu, saat pelaksanaan salat Jumat, ribuan jemaah tampak khusuk. Salah satu warga Misno selepas melaksanakan salat Jumat mengatakan, kewajiban untuk melaksanakan ibadah harus tetap dilakukan. Di antaranya adalah tetap melaksanakan salat Jumat.

“Artinya wabah ini tidak menghalangi kita untuk tidak beribadah. Ibadah harus tetap dilakukan,”ujarnya kepada IDN Times.

Dia mengatakan, tidak ada sedikit rasa takut terkait wabah itu. Terlebih lagi dia mengaku sudah melakukan cuci tangan. Apalagi, sebelum melaksanakan salat, terlebih dahulu menggunakan air wudlu.

2. Antisipasi virus dengan cuci tangan terlebih dahulu dan gunakan air wudlu

Waspada Corona! Begini Suasana Salat Jumat di Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

“Artinya tetap bersih. Tadi sudah menggunakan air wudlu. Dan di tempat wudlu juga sudah ada tempat untuk cuci tangah,” jelas dia.

Senada juga dikatakan oleh, Saiful Arif. Salah satu warga ini mengaku penyakit itu datangnya dari Allah. Meskipun demikian, kewajiban untuk tetap ibadah harus dilaksanakan. Bukan justru tidak dilaksanakan.

Warga lain, Edi Sulistya mengatakan, terpenting adalah melaksanakan pola hidup sehat. Dengan begitu penyakit tidak akan datang. “Terpenting itu menjaga pola hidup sehat,” ujar dia.

Ditambahkan Lukman, salah satu warga yang salat Jumat di Masjid Menara Kudus menjelaskan, di Kudus menurutnya masih aman. Dari segi lingkungan masih kondusif. Sehingga peniandaan salat Jumat masih belum perlu dilakukan.

“Kita dengan air wudlu ini sebenarnya sudah memproteksikan diri sendiri,” jelasnya.

3. Dari pihak Yayasan Masjid Menara Dan Makam Sunan Kudus telah menyediakan cuci tangan dan baliho waspada Corona

Waspada Corona! Begini Suasana Salat Jumat di Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

Sementara itu, Bakri Takmir Masjid Menara Kudus untuk jemaah salat Jumat di Masjid Menara Kudus ini hari ini terbilang turun. Biasanya sebelum ada dampak virus Corona atau –Covid-19 ini jemaah salat Jumat mencapai 3.000 lebih.

“Sedangkan pada hari ini mungkin hanya sekitar 2.000 an jemaah,” ujar dia.

Dari pihak pengurus masjid, kata dia juga sudah menyediakan beberapa antisipasi virus Corona. Seperti menyediakan tempat cuci tangan bagi jemaah yang akan hendak melaksanakan salat Jumat.

“Disana juga sudah terpasang poster dan bahilo terkait kewaspadaan penyebaran virus Corona atau Covid-19,” ujar dia.

Baca Juga: Mahasiswa di Kudus Galau, Kuliah Online Terkendala Jaringan Internet 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya