Comscore Tracker

Pasta Gigi Gel Pencegah Karies dari Lendir Bekicot, Mau?

Hasil inovasi tiga mahasiswi Purwokerto

Banyumas, IDN Times - Mendengar nama bekicot, pasti akan muncul kata menjijikkan. Namun di tangan tiga dara asal Purwokerto, Jawa Tengah, bekicot justru disulap menjadi pasta gigi.

Hebatnya, pasta gigi tersebut bisa mencegah penyebab karies gigi.

1. Pasta gigi berbentuk gel

Pasta Gigi Gel Pencegah Karies dari Lendir Bekicot, Mau?ump.ac.id

Adalah Nofita Fitri Kurniasih bersama dua rekannya, Rahma Fauzia Madaningrum dan Nurvidian Khasanah yang membuat pasta gigi dari lendir bekicot (Achatina fulica). Mereka adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Pasta gigi bernama Gelecot Toothpaste itu mampu mencegah karies gigi yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus mutans.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki prevalensi tinggi terhadap karies gigi, baik pada usia anak-anak maupun dewasa," kata Nofita seperti dikutip IDN Times dari laman resmi universitas, Jumat (12/7).

Baca Juga: Tiga Mahasiswa Kudus Rancang Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet

2. Ide awal menggunakan bekicot

Pasta Gigi Gel Pencegah Karies dari Lendir Bekicot, Mau?Pixabay/Pexels

Mereka yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) sebelumnya telah melakukan penelitian terhadap lendir bekicot.

Karena selama ini bekicot yang termasuk binatang bertubuh lunak (red: Molusca) merupakan salah satu hama tanaman yang meresahkan masyarakat sehingga sering dibuang karena dianggap mengganggu tanaman.

"Bekicot memiliki protein bernama achasin yang dapat menjadi reseptor pengikat protein (enzim) bakteri, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, penyebab karies gigi," ungkap Nofita.

3. Bermanfaat bagi masyarakat

Pasta Gigi Gel Pencegah Karies dari Lendir Bekicot, Mau?Gearhungry.com

Sementara itu, dosen pembimbing penelitian, Erza Genatrika mengaku bangga dengan diciptakannya pasta gigi berbentuk gel itu.

Harapannya, dapat mengurangi permasalahan penyakit karies gigi masyarakat.

"Saya berharap adanya produk pasta gigi gel ini, dapat memberi manfaat serta mampu mengurangi permasalahan penyakit karies gigi di Indonesia," ujarnya.

4. Hukumnya halal atau haram?

Pasta Gigi Gel Pencegah Karies dari Lendir Bekicot, Mau?IDN Times/Galih Persiana

Polemik tentang bekicot yang dikonsumsi, masih menjadi perdebatan.

Namun fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah memutuskan bahwa bekicot haram untuk dikonsumsi namun halal untuk digunakan pada produk non pangan, seperti kosmetik dan obat.

"Bekicot dimanfaatkan untuk kosmetik yaitu pasta gigi diperbolehkan oleh MUI. Karena unsur illat (alasan) menjijikannya sudah tidak ada," papar ujar salah satu Dosen Fakultas Agama Islam UMP, Wage.

Baca Juga: Tiga Mahasiswa UMP Bikin Pengawet Buah Alami dari Biji Melinjo

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Just For You