Comscore Tracker

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas Roban

Gowes Presisi Khatulistiwa untuk meriahkan HUT Bhayangkara

Semarang, IDN Times - Ikut gowes bareng personel TNI dan para atlet sepeda menjadi momentum yang tak terlupakan bagi Farid Bachtiar Effendi. Sebagai perwira menengah yang bertugas di Polda Jawa Tengah, Farid menjadi salah satu polisi yang berpartisipasi dalam ajang Gowes Presisi Katulistiwa yang digelar Mabes Polri. 

Tercatat ada 64 peserta yang ikut gowes dari Mabes Polri Jakarta menuju Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang di Jalan Teuku Umar, Gajahmungkur, Kota Semarang.

Rute yang ditempuh sejauh 508 kilometer dengan catatan waktu kurang dari 24 jam membuat acara tersebut masuk dalam Rekor MURI.

1. Ada puluhan pesepeda yang gowes sepanjang 508 kilometer

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas RobanPuluhan pesepeda dikawal Polantas dari Mabes Polri menuju Akpol. (Dok Hhmas Polda Jateng)

Para pesepeda dibagi dua tim. Yaitu tim Garuda dan tim Arjuna. Mereka tiba di Akpol jam 05.00 WIB. Setibanya di Akpol, mereka disambut Gubernur Akpol, Irjen Pol Suroto dan beserta sejumlah Pejabat Utama (PJU) Akpol dan Polda Jateng. 

"Tim Garuda dan Arjuna berisi anggota kepolisian, TNI juga atlet, dan komunitas sepeda. Kedua tim saling bekerjasama sehingga rute sepanjang 508 kilometer dapat ditempuh tanpa kendala," ungkap Farid, Minggu (26/6/2022). 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Millennial, Polda Jateng Tampil di Nusantara Gemilang 2022

2. Saat lewati Alas Roban para pesepeda terhalang hujan lebat

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas RobanPinterest

Menurut Farid, tantangan terberatnya ketika melintasi ruas jalur Alas Roban di Batang. Musababnya, ketika berada di jalur tersebut para pesepeda diguyur hujan lebat. 

Ia mengingat kejadian itu ketika melewati Alas Roban saat Malam hari. Mau tidak mau kecepatannya pun ikut dikurangi. 

3. Pesepeda sempat berteduh di pospol

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas RobanIlustrasi pos pemeriksaan (IDN Times/Ervan Masbanjasr)

Ketika melihat pos polisi, Farid dan teman-temannya memilih rehat sejenak. Ia berteduh di pos polisi (pospol) terdekat sampai hujan mereda. 

"Tantang terberat saat melintas Alas Roban, sempat hujan deras hingga berteduh sementara di Pos Lantas Alas Roban," jelasnya. 

Ia mengaku bersyukur walau basah kuyup kehujanan, tapi target waktunya tetap tercapai. Praktis ia berhasil finis di Akpol sebelum 24 jam. 

"Allhamdulilah bisa segera melanjutkan perjalanan dan target waktu di bawah 24 jam bisa tercapai," urainya.

4. Para peserta juga bagikan baksos

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas RobanPara pesepeda mengepalkan tangan saat sampai Akpol. (Dok Humas Polda Jateng)

Sementara itu, Kadiv TIK Mabes Polri Irjen Pol Slamet Uliandi mengungkapkan, ajang Gowes Presisi Khatulistiwa selain untuk menyemarakkan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 juga untuk menyaring bibit unggul di bidang olahraga sepeda. Dengan begitu, diharapkan para atlet bisa turun di ajang internasional.

"Upaya pemecahan rekor MURI juga bagian dari peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia, sepanjang jalur yang dilalui terus kami gelorakan dan melakukan baksos hingga menempuh jarak 508 kilometer," terangnya. 

5. Seharian gowes dari Mabes Polri ke Akpol Semarang

Gowes Sejauh 508 Km, Puluhan Pesepeda Diadang Hujan Lebat di Alas Robanhttp://www.bennyrhamdani.com

Ia menjelaskan, medan yang terjal juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pesepeda yang terlibat dalam ajang Gowes Presisi Khatulistiwa. 

"Medannya gak gampang, 508 kilometer ditempuh dengan target waktu di bawah 24 jam. Kami berangkat dari Mabes Polri pukul 05.30 WIB Sabtu (25/6/2022). Dan Minggu (26/6/2022) Pagi jam 05.15 WIB sudah sampai Akpol," ujar Slamet. 

Baca Juga: Dinas ESDM Jateng Ungkap Cekungan Air Tanah di Semarang Sudah Kritis

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya