Comscore Tracker

Sosok Skolastika, Cewek Ahli Yong Moo Do Andalan TNI di Semarang

Berkat Yong Moo Do, Tika punya prestasi gemilang

Semarang, IDN Times - Meski berasal dari Negeri Gingseng Korea Selatan, beladiri Yong Moo Do sudah populer sejak lama dikalangan prajurit TNI. Saking ngetopnya, para prajurit korps wanita TNI AD (Kowad) mendapat berkah tersendiri menekuni Yong Moo Do. 

Di Semarang, ada sosok Serka (K) Skolastika yang mampu mendulang prestasi ciamik lantaran mampu menguasai olahraga yang memadukan ragam kekuatan beladiri tersebut.

1. Serka Skolastika menggeluti Yong Moo Do sejak 2014

Sosok Skolastika, Cewek Ahli Yong Moo Do Andalan TNI di SemarangSerka Skolastika menunjukan medali yang ia raih di Kejurnas dan PON Jabar 2016. Dok Serka Skolastika

Ketika ditemui IDN Times belum lama ini, Tika sapaan karibnya mengaku porsi latihan Yong Moo Do yang sudah ditekuni sejak 2014 itu menguras tenaga sehingga sempat membuatnya kewalahan. Saat itu, ia tertarik ikut latihan karena menjadi rutinitas harian di satuan TNI.

"Bagi saya jadi prajurit TNI AD mesti serba bisa. Makanya saya ikut menekuni latihan Yong Moo Do sampai bisa keturutan ikut pelatnas," kata pemilik nama lengkap Skolastika Anggraini Keintjem itu.

Baca Juga: 3.990 TNI di Jateng DIY Divaksinasi AstraZeneca, Ganjar: Terbatas

2. Tika menguasai Yong Moo Do yang mengandalkan pertarungan fisik jarak dekat

Sosok Skolastika, Cewek Ahli Yong Moo Do Andalan TNI di SemarangIlustrasi beladiri jarak dekat. ANTARA FOTO/INASGOC/Dewi Nurcahyani

Tika berkata, latihan Yong Moo Do yang ia lakoni dapat menempa kekuatan fisiknya agar selalu prima. Sebab, Yong Moo Do merupakan jenis beladiri yang mengandalkan pertaruangan fisik jarak dekat saat duel dengan lawannya. 

Menurut wanita yang jadi anggota Koramil 01 Semarang Barat tersebut, Yong Moo Do memiliki teknik tendangan yang kuat yang dipadukan dengan kekuatan pergelangan tangan untuk melakukan serangan bantingan sekaligus kuncian. 

"Ini memang jenisnya beladiri jarak dekat. Jadinya ketika kita atraksi berhadapan dengan lawan, gaya bertarungnya mirip tarung derajat. Cuman kita hanya boleh menyerang bagian tubuh kecuali menendang kepala dan bagian bawah tubuh," ujar Tika. 

3. Tika tak kapok meski pernah cedera leher dan tangan

Sosok Skolastika, Cewek Ahli Yong Moo Do Andalan TNI di Semarangpinterest

Ia mengatakan harus rajin berlatih saban hari untuk bisa menguasai Yong Moo Do. Teknik-teknik yang telah ia kuasai yaitu adu fisik jarak dekat, seni pertahanan, dan teknik strategis seperti memainkan psikologis lawannya. 

"Saya pernah cedera bagian leher, dan tangan tapi itu sudah jadi resiko saya selama menggeluti beladiri Yong Moo Do. Makanya saya giat latihan biar meminimalisir cedera yang berat," akunya. 

Tika berujar ada sebuah kebanggaan ketika dirinya menguasai Yong Moo Do. Selain untuk menjaga diri, keterampilan beladiri tersebut membuatnya bertambah percaya diri ketika mengikuti berbagai kejuaraan nasional. 

Tercatat, Tika pernah menyabet perak pada ajang Kejurnas 2015 silam. Lalu saat ikut PON Jabar tahun 2016, perempuan kelahiran Poso pada 1990 itu juga mampu menyabet medali perunggu. Yang terbaru, ia sedang persiapan mengikuti ajang Pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng yang dihelat bulan November 2021 nanti.

4. Tika sekarang giat latihan Yong Moo Do untuk persiapan Pra Porprov Jateng

Sosok Skolastika, Cewek Ahli Yong Moo Do Andalan TNI di SemarangANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sebagai prajurit TNI AD, ia menyatakan siap berlaga demi mengangkat harkat dan martabat satuannya di kancah olahraga nasional. 

"Nanti bulan November saya ikut Pra Porprov mewakili Kota Semarang. Tentunya mesti menambah porsi latihannya. Karena saya berambisi menang mutlak di ajang itu. Syukurlah suami mengizinkan jadi bisa menambah daya juang saya," ungkapnya. 

Tika berharap raihan medali yang bisa ia dapatkan sehingga  membuat namanya di Koramil 01 Semarang Barat semakin moncer. Ia ingin nantinya bisa meneruskan ke secapa guna menaikan pangkatnya. 

"Saya kepengin nanti meneruskan sekolah perwira secapa. Kuncinya disiplin latihan, hasil menang kalah yang penting hasil permainan terbaik," aku Tika.

Baca Juga: Bentuk Detasemen Pengawal Khusus, Prabowo Seleksi Prajurit TNI Terbaik

https://www.youtube.com/embed/7M8UJejWAMM

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya