Bengkel Servis Kursi Roda Laris Manis saat ASEAN Para Games 2022

Sehari bisa servis 10--20 kursi roda

Surakarta, IDN Times - Ajang ASEAN Para Games (APG) XI 2022 dimanfaatkan atlet difabel yang salah satunya menggunakan wheelchair atau kursi roda. Tak sedikit kursi roda yang digunakan mereka saat bertanding rusak sehingga membuat ketidaknyamanan dan kekhawatiran tersendiri.

1. Membantu atlet yang mengalami kendala akses

Bengkel Servis Kursi Roda Laris Manis saat ASEAN Para Games 2022Servis kursi roda saat ASEAN Paragames 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Panitia penyelenggara APG 2022 menyediakan secara khusus layanan bengkel atau servis kursi roda di beberapa venue pertandingan. Di antaranya di Stadion Manahan Solo, Solo Technopark (STP), GOR Sritex, dan GOR Jatidiri Semarang.

Keberadaan bengkel tersebut cukup membantu para atlet difabel, untuk sekadar mengecek atau memperbaiki kalau ada kerusakan pada kursi roda yang digunakan untuk bertanding.

Salah satu atlet difabel cabang olahraga (cabor) boccia, Felix Ardi Yudha sempat kebingungan memperbaiki saat roda depan kursi rodanya kendor dan bearing berkarat.

"(Bengkel kursi roda) ini sangat membantu sekali selama penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 ini," ujarnya, Jumat (5/8/2022).

Untuk pengerjaannya tidak membutuhkan waktu lama dan tergantung kerusakan. Menurut Yudha, jika sekadar servis mengganti bearing sekitar 10 menit dan paling lama 30 menit.

Baca Juga: Raihan Medali Indonesia di APG 2022 Lampaui Target, Atletik Terbanyak

2. Sehari bisa servis 10--20 kursi roda

Bengkel Servis Kursi Roda Laris Manis saat ASEAN Para Games 2022Servis kursi roda saat ASEAN Paragames 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, teknisi Venue Manahan Solo, Erik Supriyanto mengatakan, sejak pembukaan APG 2022, ia sudah melayani lebih dari 100 kursi roda dan prostetik.

Jumlah itu merupakan total keseluruhan di beberapa venue pertandingan, seperti di Solo dan Semarang.

"Sehari itu ada sekitar 10--20 kali perbaikan kursi roda. Itu selama layanan (bengkel kursi roda) ini dibuka. Yang paling banyak perbaikan kursi roda dari cabor baskt dan boccia," terangnya.

3. Servis kursi roda gratis selama APG 2022

Bengkel Servis Kursi Roda Laris Manis saat ASEAN Para Games 2022Servis kursi roda saat ASEAN Paragames 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Layanan bengkel kursi roda buka selama event APG 2022, mulai pukul 08.00--17.00 WIB. Pelayanan servis tidak dipungut biaya atau gratis. Hanya saja, untuk penggantian onderdil atau spare part pengguna diharuskan membayar komponen tersebut.

Erik menjelaskan, sebagian besar servis di bagian ban dan leher penggerak kursi roda. Pihaknya juga membuka layanan las khusus kursi roda, baik yang terbuat dari besi atau aluminium.

Sedangkan untuk penanganan prostetik umumnya mengganti bagian tubuh alat tersebut. Erik pun tak sendirian, ia juga bekerja sama dengan mekanik dari Thailand dan Korea saat menyervis prostetik.

Baca Juga: Jokowi, BCL hingga Noah Ramaikan Penutupan ASEAN Para Games 2022

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya