Indonesia Lampaui Target Medali di Paralimpiade Paris 2024

Medali perak kembali disumbangkan atlet para bulu tangkis

Atlet para bulu tangkis Indonesia, Suryo Nugroho, berhasil meraih mendali perak di nomor tunggal putra klasifikasi SU5 pada Paralimpiade Paris 2024 di Paris.
Suryo berhasil melampaui target, yang sebelumnya hanya ditarget mendali perunggu. Target perunggu tersebut pernah mendapatkan perunggu pada Paralimpiade Tokyo 2020.

Kontingen Indonesia sendiri sudah mengumpulkan 12 mendali sampai dengan hari Selasa (3/9/2024). Mendali tersebut dipersembahman oleh Leani Ratri Oktila dengan satu emas, enam mendali perak, dan lima mendali perunggu.

Perolehan tersebut melebihi target dari Kemenpora yakni satu mendali emas, dua mendali perak, dan tiga mendali perunggu.

Baca Juga: Indonesia Raih Medali Emas Pertama di Paralimpiade 2024

1. Medali perak disumbangkan oleh Suryo

Indonesia Lampaui Target Medali di Paralimpiade Paris 2024Atlet para bulu Suryo Nugroho berlaga di Paralimpiade Paris 2024.(Dok/Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)

Suryo Nugroho tampil gemilang dari fase grup hingga babak semifinal yang berhasil mengalahkan atlet dari Malaysia Muhammad Fareez Anuar. Namun di babak final, Suryo harus mengakui kekalahnya melawan unggulan pertama asal Malaysia, Liek Hou Cheah.

Akibat cidera lutut di babak semifinal, penampilan Suryo menurun dan harus puas dengan raihan medali perak setelah kalah 13-21, 15-21 di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Senin (2/9/2024) malam.

Berkat perjuanganya tersebut, medali perak untuk Indonesia kembali didapat. Kendati demikian raihan medali perak ini sudah melampaui target yang dibebankan kepada Suryo Nugroho. Atlet berusia 29 tahun ini mempersembahkan medali perak untuk kedua orang tuanya.

"Medali ini saya persembahkan untuk ayah saya, karena beliau yang menuntun saya ke bulu tangkis. Dari kecil sebelum saya masuk klub juga beliau yang melatih saya. Medali ini juga saya persembahkan untuk Almarhumah ibu saya. Sebelum meninggal beliau selalu berpesan bahwa kalau saya sudah memilih jalan sebagai atlet," jelas Suryo dari rilis yang diterima oleh IDN Times, Rabu (4/8/2024).

Suryo Nugroho berencana tampil dalam single event para bulu tangkis di Kota Solo pada 18 September 2024. Ajang tersebut menjadi test event Kota Solo sebagai tuan rumah Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024.

2. Berikan efek positif

Indonesia Lampaui Target Medali di Paralimpiade Paris 2024Atlet para bulu Suryo Nugroho berlaga di Paralimpiade Paris 2024.(Dok/Bidang Media dan Humas NPC Indonesia)

Prestasi gemilang yang dicatatkan atlet Indonesia pada ajang Paralimpiade Paris 2024 berpotensi memberikan efek positif untuk pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII Tahun 2024. PEPARNAS menjadi momen penting untuk mencari bakat-bakat baru.

Capaian tersebut diapresiasi ketua pelaksana PEPARNAS XVII Tahun 2024, D.B. Susanto. Di tengah kesibukan mempersiapkan Kota Solo sebagai tuan rumah PEPARNAS XVII pada 6-13 Oktober 2024, Panitia Besar (PB) PEPARNAS rutin memantau Paralimpiade Paris 2024.

"Ini sungguh prestasi yang membanggakan. Kita patut bersyukur karena sebagaimana ditargetkan oleh pemerintah untuk meraih satu emas, dua perak dan tiga perunggu, namun yang sudah dicapai saat ini sudah melebihi target, yaitu satu emas, enam perak dan lima perunggu. ini suatu gambaran bahwa prestasi kita semakin meningkat," kata D.B. Susanto, Selasa (3/9/2024).

3. Ada 34 provinsi yang ikut PEPARNAS

Indonesia Lampaui Target Medali di Paralimpiade Paris 2024Launching logo dan maskot Peparnas 2024 XVII di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Prestasi yang ditorehkan atlet-atlet kontingen Indonesia berpotensi memberikan efek positif untuk gelaran PEPARNAS XVII Tahun 2024. Dimana atlet yang datang dari 34 provinsi memiliki motivasi berlipat untuk mencetak prestasi, yang membuka kans mewakili Indonesia pada event internasional.

"Dengan melihat prestasi yang dicapai para atlet di Paralimpiade Paris, ini merupakan suatu motivasi bagi para atlet yang akan bertanding di PEPARNAS, karena salah satu tujuan dari digelarnya PEPARNAS ini adalah mencari atlet-atlet potensial yang nantinya bisa bertanding di event internasional," tutur D.B. Susanto.

Total ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PEPARNAS XVII Tahun 2024. Cabang olahraga tersebut sudah disesuaikan dengan pelaksanaan ASEAN Para Games 2025 di Thailand pada 20-26 Januari 2026.

Baca Juga: Saptoyogo Sumbang Medali Perak Pertama untuk Indonesia di Paralimpiade

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya