Jan Ethes Raih Emas Juara Taekwondo, Jokowi Langsung Telepon

Baru latihan satu bulan

Surakarta, IDN Times - Prestasi gemilang diraih oleh cucu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Srinarendra yang kini menjadi atlet cilik taekwondo. Putra sulung pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tersebut berhasil meraih emas dalam kejuaraan SKB Solo Sensation 2021 yang digelar di Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (14/11/2021).

Jan Ethes mendapat skor 25 sedangkan lawannya 10. Jan Ethes mendapat juara 1 kategori Super Prakadet Putra.

Baca Juga: Suliadi, Mantan Sopir Jokowi yang Kini Jadi Driver Jan Ethes di Solo

1. Langsung ditelepon Jokowi

Jan Ethes Raih Emas Juara Taekwondo, Jokowi Langsung TeleponGibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Ayah Jan Ethes, Gibran Rakabuming mengatakan usai mendapat juara pertama, Jan Ethes ditelepon oleh Jokowi untuk mengucapkan selama kepada cucu pertamanya tersebut.

"Ditelepon (Jokowi), video call dapat ucapan selamat," katanya saat ditemui di Kantor Balaikota Solo, Senin (15/11/2021).

Meski menang lomba, Gibran mengaku Jan Ethes tidak mendapat hadiah dari Jokowi. "Tidak ada hadiah," ucapnya.

2. Sering latihan taekwondo

Jan Ethes Raih Emas Juara Taekwondo, Jokowi Langsung TeleponJan Ethes lomba taekwondo. Instagram@gibran_rakabuming

Kemenangan Jan Ethes ternyata buah dari kerja kerasnya selama satu bulan. Gibran mengaku saat ini anaknya masih sabuk putih dan baru berlatih taekwondo selama satu bulan terakhir.

"Sabuknya masih putih, masih baru, sebulanan pengen sendiri lihat tempat lesnya banyak anak kecil," ungkapnya.

Berlatih taekwondo sendiri merupakan keinginan pribadi dari Jan Ethes, Gibran mengaku tidak pernah menyuruh anakanya untuk ikut dalam taekwondo. "Tempat lesnya kan di pinggir jalan, dia melihat kok banyak anak kecil kok dia pengen (berlatih taekwondo) cabangnya yang di Gilingan, tak parani di Serengan itu tempatnya kecil," jelasnya.

Gibran menceritakan, kendati baru pertama ikut, Jan Ethes sangat antusias terlebih banyak anak kecil sebayanya yang ikut berlatik di Sanggar Kartika Buana (SKB) Gilinggan tersebut.

3. Tak lagi berlatih electone

Jan Ethes Raih Emas Juara Taekwondo, Jokowi Langsung TeleponIlustrasi Bermain Musik (Piano) (IDN Times/Sunariyah)

Sebelum berlatih taekwondo, Jan Ethes sering berlatih les electone, namun semenjak mengenal taekwondo, Jan Ethes tak lagi melanjutkan les electone tersebut.

Gibran mengaku tidak pernah memaksakan kehendak anaknya tersebut, ia hanya menuruti keinginan Jan Ethes untuk berlatih taekwondo.

"Enggak les electone lagi, sudah bosan anaknya, pengennya biar anaknya saja, kalau anaknya enggak mau, ya kita turuti," pungkasnya.

Baca Juga: Tampil Bermain Electone, Jan Ethes Sempat Nangis, Gak Mau Sama Gibran!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya