Merchandise APG 2022: Ada Wayang dan Sepatu Bergambar Rajamala

Logo dan maskot APG 2022 gratis untuk UMKM

Surakarta, IDN Times - Ketua INASPOC XI ASEAN Para Games (APG) 2022, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, selama penyelenggaran APG pihaknya menyediakan beragam merchandise untuk para atlet dan pengunjung. Merchandise tersebut mulai dari bentuk wayang hingga sepatu.

1. Gandeng UMKM lokal untuk produksi merchandise

Merchandise APG 2022: Ada Wayang dan Sepatu Bergambar RajamalaLogo 11th Asean Paragames 2022. (IDN Times/bt)

Gibran menjelaskan, dalam pembuatan merchandise APG 2022, pihaknya bekerjasama dengan sejumlah UMKM lokal. Adapun, merchandise yang disediakan antara lain berbentuk wayang, batik, hingga sepatu rajamala.

"Salah satunya rajamala, wayang kulit, dan batik juga ada. Bentuknya macam-macam untuk suvenirnya," katanya saat ditemui IDN Times, Rabu (20/7/2022).

Baca Juga: Gibran Dikriktik, Ketua NPC Indonesia Minta APG XI Tidak Dipolitisasi

2. Gratiskan desain logo dan maskot APG 2022

Merchandise APG 2022: Ada Wayang dan Sepatu Bergambar RajamalaLogo 11th Asean Paragames 2022. (Dok. IDN Times/bt)

Gibran juga membuka kesempatan bagi para UMKM yang ingin menggunakan desain logo dan maskot APG 2022 untuk suvenir. Pihaknya tak memungut biaya hak cipta untuk penggunaan logo dan maskot tersebut.

"Dan semua UMKM boleh pakai maskot dan logo kita gratis. Lisensinya gratis, kan biasanya bayar," katanya.

Gibran menjelaskan, pemakaian logo rajamala memiliki filosofi yang baik yakni sebagai penolak bala, terlebih penyelenggaraan APG 2022 digelar masih di tengah pandemik COVID-19.

"Lha itu salah satu ikon kita juga, dan itu kan filosofinya jadi tolak bala dan sekali lagi biar acaranya ini sukses karena acaranya masih pandemik," ujar Gibran.

3. Torch relay bersamaan dengan Car Free Day

Merchandise APG 2022: Ada Wayang dan Sepatu Bergambar RajamalaIlustrasi torch relay. (IDNTimes/ Aprilia Nurohmah)

Adapun, menjelang pembukaan APG 2022, INASPOC akan mengelar pawai obor atau torch relay yang digelar pada 24 Juli 2022 bersamaan dengan pelaksanaan Solo Car Free Day (CFD).

Pawai obor rencananya dihadriri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali dan para mantan atlet nasional. Pawai dimulai dari Purwosari hingga halaman Balaikota Solo.

"Karena besok sudah ada Menteri jadi gak perlu dikasih artis juga, konsepnya torch relay lari biasa mulai jam 06.00 WIB waktu car free day," pungkasnya.

Untuk diketahui, APG 2022 sendiri digelar mulai 30 Juli hingga 6 Agustus 2022. Ribuan atlet dari 10 negara anggota ASEAN akan hadir di Kota Solo untuk mengikuti kompetisi olahraga difabel internasional tersebut.

Baca Juga: Nella Kharisma Nyanyikan Theme Song ASEAN Para Games XI 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya