Nusantara United FC Desak TGIPF Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan 

Minta PSSI gelar Kongres Luar Biasa

Semarang, IDN Times - Nusantara United FC (NUFC) mendesak Tim Gabungan Independen Pencari Fakta  (TGIPF) mengusut tuntas tragedi Kanjuruhan Malang. Salah satunya dengan meminta PSSI menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). 

1. NUFC ingin tata kelola sepak bola Indonesia dibenahi

Nusantara United FC Desak TGIPF Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Gamma Thohir dalam Sesi "Break the Myth in Sports Industries" IMGS 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Reynaldy)

Komisaris Utama NUFC, Gamma A Thohir mengatakan, NUFC sebagai klub sepak bola memegang teguh prinsip sportivitas dan nilai-nilai sosial.

‘’Kami menyesali tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada 1 Oktober 2022. Hati dan pikiran kami dengan tulus terus bersama para keluarga serta kerabat korban wafat dan terluka,’’ ungkapnya, Minggu (30/10/2022).

Klub menaruh perhatian penuh pada pembenahan tata kelola sepak bola Indonesia dan menghormati proses pelaksanaan investigasi TGIPF untuk mengusut tuntas insiden yang telah menghilangkan 135 korban jiwa tersebut.

Baca Juga: Berduka Tragedi Kanjuruhan, Nusantara United FC Dukung Penangguhan Liga 2

2. Penerapan standar tinggi dalam verifikasi stadion harus diterapkan

Nusantara United FC Desak TGIPF Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Pertandingan Nusantara United FC melawan Persekat Tegal di Stadion Tri Sanja Slawi, Kabupaten Tegal, Sabtu (17/9/2022). (dok. NUFC)

Gamma menuturkan, penerapan standar tinggi dalam verifikasi stadion harus diterapkan untuk mencegah peristiwa memilukan lainnya. Audit ulang seluruh stadion di Indonesia perlu dilakukan demi tempat yang ramah bagi suporter lintas usia.

‘’Sejatinya, sepak bola ada untuk menyajikan hiburan bagi masyarakat, memupuk misi perdamaian, tidak ada toleransi untuk mengorbankan nyawa,’’ujarnya.

Maka, lanjut Gamma, pihaknya juga menuntut jaminan dan kejelasan penyelenggaraan kelanjutan kompetisi di tengah situasi yang tidak pasti ini. Hal itu tentu beririsan baik secara langsung maupun tidak dengan keseimbangan finansial klub peserta.

3. NUFC minta pengusutan dituntaskan

Nusantara United FC Desak TGIPF Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan Pertandingan Nusantara United FC melawan Persikab Bandung di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (23/9/2022). (Dok. NUFC)

Dengan demikian, Nusantara United FC mendukung rekomendasi TGIPF, yang meminta PSSI untuk menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) guna hasilkan kepemimpinan dan kepengurusan yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, dan bebas dari konflik interes.

Klub berharap semoga proses pengusutan dapat dituntaskan demi ekosistem sepak bola Indonesia yang lebih baik dan kompetisi dapat kembali digelar dengan komitmen tinggi oleh seluruh pemangku kepentingan.

Baca Juga: Nusantara United FC Terus Genjot Latihan di Jeda Kompetisi Liga 2 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya