Comscore Tracker

Piala Presiden Bakal Jadi Standar Kompetisi Liga dan Piala Dunia U-20

Jadi pertandingan uji coba berpenonton usai pandemi COVID-19

Surakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka turnamen pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtru (11/6/2022). Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan membuka turnamen tersebut namun berhalangan hadir dan digantikan Menpora.

Baca Juga: PSIS Semarang Bawa 31 Pemain Berlaga di Piala Presiden 2022, Mantap! 

1. Jadi ujicoba pertandingan dengan penonton.

Piala Presiden Bakal Jadi Standar Kompetisi Liga dan Piala Dunia U-20Persis Solo vs PSS Sleman di Piala Presiden 2022 Stadion Manahan. (IDN Times/Larasati Rey)

Menpora mengatakan turnamen pramusim Piala Presiden menjadi ujicoba pertandingan ada penonton, pasca pandemi COVID-19. Ia juga mengapresiasi kesiapan PSSI, PT LIB serta Polri yang telah menyiapkan pembukaan Piala Presiden 2022 tersebut.

"Turnamen pramusim ini menjadi persiapan menuju kompetisi Liga 1 musim 2022/ 2023 dengan mencoba ada penonton," jelas Menpora saat jumpa pers sebelum pertandingan antara Persis Solo dan PSS Sleman.

Menurutnya para suporter yang datang ke stadion adalah mereka yang telah terseleksi dengan mempunyai tiket dan yang tidak memiliki tiket tidak mungkin bisa masuk ke stadion.

"Jadi kesiapan yang dilakukan sudah jauh-jauh hari dan saat saya memimpin rapat koordinasi dengan Polri, Satgas Covid dan Kemenkes, PSSI dan PT LIB telah memberikan jaminan. Apalagi Stadion Manahan ini menjadi salah satu stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023," jelasnya lagi.

2. Jadi evaluasi di pertandingan berikutnya.

Piala Presiden Bakal Jadi Standar Kompetisi Liga dan Piala Dunia U-20Persis Solo vs PSS Sleman di Piala Presiden 2022 Stadion Manahan. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Menpora juga mengatakan turnamen pramusim tersebut akan dijadikan percobaan untuk LIga 1 dan LIga 2 musim depan. Karena saat Liga 1 dan Liga 2 musim lalu dilaksanakan tanpa penonton karena masih di tengah pandemi Covid-19.

"Kalau ini sukses maka saat Liga 1 dan Liga 2 musim 2022/ 2023 pasti ini akan dijadikan model , kita jadikan standar. Demikian juga untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 nanti kita akan pakai cara ini," katanya lagi.

Sehingga dari turnamen pramusim ini akan sedetail mungkin dicatat apa saja yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Untuk digunakan pada pelaksanaaan kompetisi mendatang dan Piala Dunia U-20.

3. Antusiasme penonton sangat tinggi.

Piala Presiden Bakal Jadi Standar Kompetisi Liga dan Piala Dunia U-20Suporter Pasoepati beri dukungan Persis Solo di Piala Presiden 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada kesempatan yang sama mengatakan sesuai kesepakatan saat rapat koordinasi maka jumlah penonton yang datang ke stadion adalah 75 persen dari kapasitas Stadion Manahan Solo yakni 20.000 penonton.

"Dari kapasitas 20.000 yang diizinkan 15 .000. Kalau diakomodir semua penonton akan terjadi over capasity. Tetapi panitia telah menyediakan layar lebar di sejumlah tempat tertentu," ujarnya.

Iwan mengatakan antusiasme penonton untuk datang ke stadion untuk menyaksikan tim kebanggaan mereka sangat tinggi. Pemerintah memberikan izin dengan memperbolehkan penonton datang ke stadion, tetapi pihaknya tetap meminta agar tetap menempatkan diri sesuai dengan situasi Covid-19.

"Yang datang ke stadion adalah mereka yang bertiket sehingga tidak ada kerumuman di luar stadion. Kalau untuk tim lawan untuk PSS Sleman ini kapasitasnya 750 orang," ucapnya.

Untuk kapasitas penonton dari tim lawan ditentukan oleh kepolisian setempat. Karena mereka lebih mengetahui kondisi di lapangan.

Baca Juga: 9 Potret Laga Persis vs PSS, 20 Ribu Penonton Padati Stadion Manahan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya