7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!

Bisa foto bareng hiu loh 

Di daerah laut lepas Jawa Tengah Utara sana, terdapat sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi, tempat yang mulai terkenal hingga mancanegara, tempat tersebut bernama Karimunjawa.

Terletak di kabupaten Jepara, Karimunjawa dijuluki sebagai Caribbean van Java, apabila kamu masih ragu dan bosan akan liburan kemana, Karimunjawa dapat menjadi alternatif pilihn liburan yang menyenangkan.

Dengan luas daratan 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare, kamu dapat menjelajah pulau ini, yuk simak alasan mengapa kamu perlu mengunjungi Karimunjawa!

Baca Juga: Nenek Pemuja Nyi Roro Kidul di Karimunjawa, Menghilang saat Weton Tertentu

1. Pantai yang memukau

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!IDNTimes/Alfanbudiarto

Dengan beragam macam gugusan pulau pulau yang ada di Karimunjawa, pulau ini memiliki pantai yang memukau.

Sepanjang tepi pantainya memiliki pesona yang apik dan necis, pasir putih yang lembut, warna biru hijau yang berkilauan, dengan sinar matahari yang eksostis, perpaduan yang sempurna.

2. Surga Lautnya fauna Jawa

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!Instagram.com/harmoni.karimunjawa

Karimunjawa terkenal akan keanekaragaman hayati yang banyak, terumbu karang yang indah dan keanekaragaman hayati bawah laut yang luar biasa menunggu untuk dijelajahi.

Terdapat penangkaran penyu dan penangkaran ikan hiu, aneka ikan di laut yang berwarna warni juga akan bermunculan apabila kamu memberi makan mereka.

3. Spot foto yang menarik

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!instagram.com/wonderfulindonesia

Karimunjawa memiliki banyak spot foto yang menarik, di dalam air kamu dapat berfoto dengan bermacam macam ikan yang lucu, berfoto dengan hiu, bintang laut, atau pemandangan diatas bukit dengan awan, langit, pepohonan, serta biru pantai yang menakjubkan.

4. Olahraga Air yang menyenangkan

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!IDNTimes/Alfanbudiarto

Menyelam dan snorkeling merupakan olahraga air yang favorit di Pulau Karimunjawa, Karimunjawa memiliki beberapa situs selam terbaik, termasuk Karang Kapal, Karang Buaya, dan Karang Gili.

Bagi kamu yang tidak tertarik berenang, dapat juga bermain voli pantai, kano, banana boat, dan juga jetski loh, atau lari serta jalan kaki mengitari pantai juga bisa.

5. Makanan yang memanjakan lidah

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!IDN Times/Alfanbudiarto

Berkunjung ke suatu tempat wisata, kurang afdal rasanya apabila tidak menyantap makanan khas daerah tersebut.

Di Karimunjawa kamu dapat menemukan ragam makanan laut yang membuat lidah bergoyang, sambel ikan teri, udang bakar, tongseng cumi, pindang serani, dan berbagai macam makanan lainnya, yang tentu akan membuat balik kembali ke pulau ini.

6. Treking Seru hutan mangrove

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!instagram.com/karimunesia

Selain dimanjakan dengan santainya pantai biru yang menakjubkan, bagi kamu pencinta flora dan fauna, tersedia jalur trekking hutan mangrove sejauh 12 km, nuansa sejuk akan kamu alami disini, kamu juga dapat menaiki di menara pandang yang telah disediakan sambil melihat pemandangan pulau pulau karimunjawa.

7. Perjalanan Ramah di Kantong

7 Alasan Kamu Harus Berkunjung ke Karimunjawa, Rasanya Gak Mau Pulang!IDNTimes/Alfanbudiarto

Selain tempatnya indah, berkunjung ke karimunjawa juga tidak menghabiskan banyak uangmu loh, cocok banget buat kamu yang kaum mendang mending, terdapat homestay murah dengan harga Rp100 ribu perharinya, jika beruntung bisa dapat kurang dari itu, harga makanan pun terjangkau berkisar Rp15-30 ribu, jika ingin berkeliling terdapat sewa motor dengan harga Rp75-100 perharinya juga loh.

Karimunjawa memiliki daya pikatnya tersediri, dengan harga yang terjangkau dan keindahan yang luar biasa, menjadikan karimunjawa menjadi tempat yang menarik dan perlu dikunjungi, cobalah untuk pergi ke Karimunjawa, niscaya akan tersihir dengan keindahannya.

Baca Juga: Eksotis, Ini 6 Pulau Tercantik yang Wajib Dikunjungi di Karimunjawa

ALFAN BUDIARTO Photo Community Writer ALFAN BUDIARTO

Bekerjalah seakan hidup selamanya, beribadahlah seakan kamu mati esok, dan berpetuanglah karena banyak cerita menantimu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya