Comscore Tracker

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar 

Bisa jadi tujuan ngedate sama ayang, juga

Kota Semarang menawarkan berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Di antara objek wisata yang ada kamu bisa berwisata ke museum yang ada di ibu kota Jawa Tengah.

Tidak hanya berwisata, pengetahuan dan wawasanmu juga bisa bertambah. Lalu apa saja wisata museum yang bisa kamu kunjungi? Berikut 5 rekomendasi wisata museum di Kota Semarang.

1. Museum Ranggawarsita

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar Museum Ranggawarsita Semarang (dok. Seputar Semarang)

Museum Ranggawarsita merupakan museum terlengkap di Kota Semarang yang memiliki koleksi sejarah, alam, arkeologi, kebudayaan, era pembangunan dan wawasan nusantara. Museum ini terletak di Jalan Abdurrahman Saleh dan buka setiap hari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. 

Museum Ranggawarsita mempunyai koleksi yang berjumlah 59.802 buah yang terbagi dalam 10 jenis, yaitu geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi, numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, ethnografika, dan seni rupa. 

2. Museum Mandala Bhakti

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar Museum Perjuangan Mandala Bhakti (dok. Kopi dan Kamu)

Museum Perjuangan Mandala Bhakti di Jalan MGR Soegijapranata Semarang menjadi tempat untuk mengenang dan menyimpan bukti-bukti sejarah perjuangan pahlawan bangsa saat melawan para penjajah.

Dalam museum kami akan melihat berbagai senjata yang digunakan oleh para pahlawan saat menghadapi peperangan, mulai dari senjata tradisional hingga senjata modern. Selain itu, juga ada seragam yang digunakan oleh para TNI saat peperangan, kendaraan perang, data, dokumentasi perjuangan TNI, dan foto-foto pahlawan Indonesia.

Benda bersejarah ini menjadi saksi dalam peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang dan Gerakan 30 September.

Baca Juga: Terkenal Angker, Hotel Dibya Puri Bakal Direnovasi Wali Kota Semarang

3. Museum Rekor Dunia

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) (dok. Perpus Jateng)

Semarang tidak hanya memiliki museum yang menyimpan sejarah bangsa pada masa peperangan. Museum Rekor-Dunia Indonesia atau dikenal MURI menyimpan sejarah prestasi dan rekor yang pernah diraih oleh orang-orang Indonesia. 

Museum di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 275, Srondol Kulon, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah ini didirikan pada tanggal 27 Januari 1990. Sejak pertama kali didirikan, MURI telah mencatat lebih dari 1.300 rekor baik dalam tingkatan nasional maupun internasional yang diraih oleh masyarakat Indonesia.

4. Semarang Contemporary Art Gallery

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar Semarang Contemporary Art Gallery. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kawasan Kota Lama kini menjadi magnet bagi wisatawan saat berkunjung di Kota Semarang. Ketika keliling di Kota Lama jangan lupa singgah di Semarang Contemporary Art Gallery. Museum bernuansa modern dengan bangunan interior minimalis berwarna putih ini berlokasi di di Jalan Taman Srigunting Nomor 5-6, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara.

Museum yang dikenal dengan nama Galeri Semarang ini menjadi ruang pamer dan untuk memperkenalkan karya seni ke masyarakat. Museum ini juga banyak dikunjungi anak muda karena bangunan interiornya sangat Instagramable. Kamu bisa mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery pada hari Selasa–Minggu, pukul 10.00–16.30 WIB. Adapun, untuk tiket masuk seharga Rp20 ribu per orang.

5. Museum Kota Lama

5 Rekomendasi Wisata Museum di Semarang, Dijamin Kamu Tambah Pintar Museum Kota Lama di Bundaran Bubakan Semarang. (Instagram/@semarangnih)

Museum Kota Lama Semarang merupakan destinasi terbaru di Kota ATLAS. Museum tersebut menampilkan sejarah Kota Semarang dan memamerkan benda-benda dari masa lalu. Museum ini memanfaatkan teknologi untuk menampilkan layar 3D yang dapat membuat pengunjung seolah-olah masuk ke dalam dunia virtual dan merasakan langsung sejarah Kota Semarang.

Lokasinya berada di Jalan Cendrawasih Nomor 1A, Purwodinatan, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Nah, seru kan wisata museum di Kota Semarang? Kamu bisa datang bersama keluarga, teman, atau pasangan, nih. Yuk, masukin ke list kamu, ya.

Baca Juga: Hore! 8 Ruas Jalan dan Kawasan Wisata Kota Semarang Bebas Kabel Udara

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya