Comscore Tracker

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket Masuk

Banyak spot foto Instagramable lho

Semarang, IDN Times - Kota Semarang menawarkan berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan maupun libur nasional seperti Lebaran. Bahkan, ada sejumlah objek wisata yang tidak mengenakan biaya tiket masuk alias gratis kepada pengunjung. 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang melalui akun resmi Instagram @disbudparkotasemarang mencatat ada sembilan destinasi wisata yang menggratiskan biaya tiket masuk kepada wisatawan. Dimana saja lokasinya, yuk catat ya. 

1. Wisata Perahu Waduk Jatibarang

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukWaduk Jatibarang di kawasan wisata Goa Kreo Gunungpati Semarang. (Instagram/@wisatasemarang)

Sensasi naik perahu speed boat mengelilingi Waduk Jatibarang seluas 189 hektar ini bisa kamu rasakan saat mengunjungi Kota Semarang. Lokasi wahana ini berada di kawasan objek wisata Goa Kreo Gunungpati Semarang.

2. Kampoeng Djadhoel Kampung Batik Semarang

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukSuasana Kampoeng Djadhoel Kampung Batik Kota Semarang dindingnya berhias mural. (Instagram/@anakhitssemarang)

Ingin mengenal atau berbelanja batik khas Semarang? Kamu bisa berkunjung ke Kampoeng Djadhoel di kawasan Kampung Batik, Kelurahan Rejomulyo, Semarang Timur. Sambil mengelilingi kampung yang dindingnya berhias mural, kamu juga bisa berbelanja batik Semarangan di sana. Banyak spot foto Instagramable juga lho.

Baca Juga: 9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarah

3. Kota Lama

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukKawasan Kota Lama Semarang. (Instagram/@kotalamasmg)

Berkunjung ke Kota Semarang jangan lewatkan untuk singgah ke Kawasan Kota Lama. Tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, kamu bisa puas berkeliling melihat gedung-gedung tua nan bersejarah sambil foto-foto. Di sana juga banyak kafe-kafe menarik yang Instagramable juga lho.

4. Museum Kota Lama

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukMuseum Kota Lama di Bundaran Bubakan Semarang. (Instagram/@semarangnih)

Museum Kota Lama merupakan destinasi baru di Kota Semarang yang baru diresmikan awal tahun 2022. Berlokasi di Bundaran Bubakan Semarang, museum ini menghadirkan sejarah kota lama Ibu Kota Jawa Tengah. Hingga saat ini belum ada biaya tiket masuk ke objek wisata tersebut. Bahkan, saat Lebaran 2022 ini pengunjung tidak perlu booking tiket melalui aplikasi Lunpia.

5. Kampung Jawi

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukSuasana Kampung Jawi di Kelurahan Sukorejo, Gunungpati, Semarang. (Instagram/@angkringan_kampungjawi)

Suasana desa yang nyaman dengan kuliner khas tradisional yang disajikan di Kampung Jawi menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan untuk berkunjung. Berlokasi di Desa Sukorejo, Gunungpati Semarang, destinasi wisata ini buka mulai pukul 17.00 WIB. Untuk masuk kesana tidak ada tiket masuk, tapi kamu cukup membeli kepeng atau alat tukar zaman Majapahit seharga Rp 3.000 per kepeng. Kepeng ini bisa digunakan untuk membeli kuliner yang dijajakan di Kampung Jawi seperti pecel, gethuk, tiwul, es gempol, wedangan dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Agenda Acara Lebaran 2022 di Semarang, Bisa untuk Liburan Keluarga

6. Masjid Agung Jawa Tengah

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukMasjid Agung Jawa Tengah Semarang. (Instagram/@masjidinfo)

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) adalah salah bangunan yang menjadi daya tarik wisata di Kota Semarang. Berlokasi di Jalan Gajah Raya Semarang, MAJT sering dikunjungi wisatawan baik dalam kota dan luar kota Semarang untuk beribadah. Namun, banyak juga wisatawan yang ingin menyaksikan masjid beratap limas dengan kubah besar itu dan mengunjungi Menara Al Husna.

7. Danau BSB Mijen

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukDanau BSB Mijen Semarang (Instagram/@mrk_cafe)

Pesona Danau Bukit Semarang Baru (BSB) di kawasan Mijen Semarang cukup tersohor. Berada di komplek perumahan elit, lokasi ini dibuka untuk umum dan tidak perlu bayar tiket masuk. Banyak masyarakat yang datang hanya untuk duduk-duduk menikmati keindahan alam, sekadar jalan-jalan, jogging, atau melepas penat sambil menikmati senja di sana. Jangan lupa mengabadikan dengan berfoto di sana, banyak pemandangan indah dan spot kayak di Korea.

8. Omah Ampiran Wonolopo

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukObjek wisata Omah Ampiran Wonolopo di Mijen Semarang. (Instagram/@omahampiranwonolopo)

Omah Ampiran adalah kampung eduwisata yang berada di Kelurahan Wonolopo, Kecamatan Mijen, Kota Semarang. Selain bisa berbelanja produk UMKM di sana, kamu bisa belajar seperti membuat jamu, bercocok tanam, dan lainnya.

9. Wisata Lembah Waduk Jatibarang

9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket MasukWisata Lembah Waduk Jatibarang. (dok. Lembah Waduk Jatibarang)

Wisata Lembah Waduk Jatibarang merupakan lokasi wisata yang dikembangkan kelompok sadar wisata di Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen Semarang. Terletak di tepi barat Waduk Jatibarang wisata lembah ini menawarkan spot untuk memancing, naik perahu hingga berkemah.

Wah, menarik nih libur Lebaran berkunjung kesana. Yuk, ajak teman dan saudara, mumpung gratis guys.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya