Comscore Tracker

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di Jateng

Kamu bisa melihat prosesi perayaan Hari Raya Waisak di sana

Hari Raya Waisak tahun 2022 jatuh pada Senin (16/5/2022). Sejumlah lokasi kembali menggelar prosesi perayaan hari suci umat Buddha tersebut meski di tengah pandemik COVID-19. 

Pada perayaan tersebut, mereka memperingati tiga peristiwa penting yang dinamakan Trisuci Waisak. Perayaan tersebut dilakukan pada purnama pertama bulan Mei, atau bulan Juni 2022 tahun kabisat. 

Memanfaatkan Hari Raya Waisak sebagai hari libur nasional, tidak ada salahnya kamu mengunjungi destinasi wisata yang menarik bertepatan dengan perayaan tersebut. Berikut 5 rekomendasi lima tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat libur Waisak.

1. Vihara Buddhagaya Watugong, Semarang

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di JatengVihara Watugong (pinterest.com/Ruth Onduko

Vihara Buddhagaya Watugong yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Semarang, Jawa Tengah bisa menjadi tempat tujuan wisata saat libur Waisak. Bangunan vihara dengan arsitektur mengadaptasi budaya etnis Tiongkok dan Thailand menjadi tempat ibadah pemeluk agama Buddha di Semarang.

Saat berkunjung ke sana kamu bisa melihat langsung Vihara Buddhagaya Watugong ini yang konon menjadi vihara pertama di Indonesia yang dibangun setelah keruntuhan Kerajaan Majapahit, tepatnya pada tahun 1957. Di lokasi seluas 2,25 hektar ini, terdapat dua bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

2. Candi Borobudur, Magelang

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di JatengMatahari terbit terlihat dari Candi Borobudur di Magelang. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Candi Borobudur merupakan destinasi wisata paling populer untuk libur Waisak. Salah satu keajaiban dunia itu menjadi pusat ritual selama peringatan Hari Raya Waisak. Ribuan pemeluk Buddha dari dalam hingga luar negeri berkumpul selama peringatan Trisuci Waisak di Candi Borobudur.

Saat Hari Raya Waisak, Candi Borobudur menjadi tempat pelaksanaan serangkaian prosesi mulai dari pengambilan air suci hingga yang tak kalah menarik yaitu pelepasan ribuan lampion sebagai penutup rangkaian peringatan hari raya tersebut

Baca Juga: 9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket Masuk

3. Klenteng Kwan Sing Bio, Tuban

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di Jatengreresepan.com

Klenteng Kwan Sing Bio menjadi klenteng terbesar se-Asia Tenggara yang terletak di Jalan RE Martadinata, Karangsari, Tuban, Jawa Timur. Klenteng ini dikenal sebagai tempat ibadah tiga agama sekaligus: Konghucu, Buddha, dan Tao. 

Sebagai destinasi wisata religi, Klenteng Kwan Sing Bio juga kerap menjadi tujuan destinasi wisata untuk memperingati Trisuci Waisak.

4. Pagoda Pulau Kemaro, Palembang

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di JatengPulau Kemaro (Instagram.com/tikasong)

Pagoda Pulau Kemaro di Palembang, Sumatera Selatan ini bisa kamu kunjungi saat libur Waisak. Pagoda ini terkenal sebagai destinasi wisata sejarah dan tempat ibadah yang memiliki sembilan lantai di mana pengunjung dapat menikmati bentang alam Pulau Kemaro di tengah aliran Sungai Musi. 

Untuk mencapai Pulau Kemaro tidak sulit karena jaraknya hanya 10 kilometer dari pusat Kota Palembang. Jika kamu ingin kesana, kamu dapat menyewa perahu yang berangkat dari dermaga Jembatan Ampera.

5. Candi Muaro Jambi, Jambi

5 Tempat Wisata ini Bisa Dikunjungi saat Libur Waisak, 2 Ada di JatengCandi Muaro Jambi (instagram.com/donarizkisyah)

Candi Muaro Jambi yang terletak di Desa Maro Sebo, Muaro Jambi, Jamb ini selalu menjadi lokasi pusat perayaan Trisuci Waisak di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Bangunan bersejarah ini merupakan kompleks candi agama Hindu-Buddha peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu yang terluas se-Asia Tenggara dengan luas area sekitar 3981 hektar.

Saat perayaan Waisak biasanya pengelola candi kerap mengundang biksu dari luar negeri seperti Thailand, Singapura, hingga Myanmar.

Wah, menarik juga ya mengunjungi tempat wisata tersebut saat Hari Raya Waisak. Kira-kira kamu ingin berkunjung ke mana, nih?

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Semarang Sambut Wisatawan, Bakal Ramai pas Lebaran 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya