Comscore Tracker

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!

Surganya jajanan tradisional

Batang, IDN Times - Destinasi wisata alamnya yang sohor membuat Batang semakin getol mengembangkan citra pawisatanya dengan aneka oleh-oleh khas yang tentunya sudah sangat populer di sana.

Tidak afdal rasanya jika berkunjung ke Batang tanpa memboyong deretan oleh-oleh yang menjadi keistimewaannya. Nah kira-kira apa aja sih oleh - oleh Batang yang tidak boleh terlewat? Yuk simak uraiannya!

1. Keripik Buah Qrezz Qrezz

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!instagram.com/grosirkeripikbuah.indonesia

Keripik ini memiliki variasi rasa yang beragam. Dari mulai variant nangka, apel, stroberi, dan juga salak, yang turut meramaikan kekayaan rasa dari oleh-oleh yang satu ini. Harganya juga sangat terjangkau dan kemasan nya sangat praktis. 

2. Getuk Mawur

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!inibaru.id/Getuk Mawur

Belum afdol jika belum memboyong oleh-oleh ini saat berkunjung ke Batang. Getuk Mawur merupakan getuk yang berbahan dasar singkong dan ubi kayu.

Jajanan Getuk yang satu ini berbeda dengan getuk yang dijual dipasaran karena memiliki tekstur yang lebih lembut dan proses pembuatannya yang lebih tradisional. Bagi kamu yang pernah berkunjung ke sini, cemilan ini pasti tak asing lagi!

3. Getuk Iris

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!selerasa.com

Masih tentang getuk, oleh-oleh tradisional Batang yang satu ini tidak kalah populer. Getuk yang satu ini disajikan dengan cara diiris dan dibungkus dalam daun pisang yang kemudian disiram dengan gula merah serta ditaburkan parutan kelapa. Dan sudah pasti perpaduannya leleh banget di mulut!

4. Corobikang Khas Batang

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!instagram.com/ifatkalkahfi

Makanan khas Batang yang satu ini adalah favorit dari pecinta hidangan manis. Jenis kue ini mirip dengan surabi namun berwarna-warni. Kelebihan dari corobikang ini adalah bisa dimakan langsung tanpa ditambahkan kuah santan seperti serabi.

5. Surabi Kalibeluk

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!aslibatang.com/Surabi Kalibeluk

Oleh-oleh yang satu ini ibarat algojo dari Kabupaten Batang yang memiliki cita rasa yang khas. Perpaduan rasa manis dan gurih pada jajanan khas Batang ini membuat penikmatnya selalu dibayangi dengan kelezatannya.

Surabi ini memiliki tekstur yang lembut, serta aromanya yang menggiurkan. Jika kamu berkunjung ke Batang, jajanan ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan Anyer-Panarukan.

6. Sprei Lukis Abel

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!radarpekalongan.com/Sprei Lukis

List berikutnya datang dari seni busana dan kerajinan. Cinderamata yang satu ini kerap diburu wisatawan karena kelangkaan dan keunikannya.

Sprei lukis ini tidak akan kamu jumpai di daerah manapun kecuali kota Batang. Setiap orang yang berkunjung bisa berkesempatan untuk melukis di sprei dengan tangan mereka sendiri. Jenis oleh-oleh ini sangat langka dan hanya ada di Batang. 

7. Sotong Ireng

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!instagram.com/resty_ardyan

Oleh-oleh khas Batang berikutnya adalah sotong ireng. Kabupaten Batang merupakan kota yang terbentang dari Anyer sampai Panarukan, sehingga tak heran wilayah ini didominasi oleh pesisiran laut yang kerap menghasilkan berbagai olahan daging hewan laut.

Sotong Ireng ini misalnya. Yang unik dari sajian sotong ireng ini adalah proses pembuatannya. Orang Batang biasa memasak sotong ini dengan turut memasukan tintanya ke dalam panci masak sehingga cumi mengeluarkan tinta hitam. Setelah terbalurkan dengan tintanya, cumi bisa digoreng ataupun ditumis dengan bumbu sesuai selera.

8. Soto Kerbau

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!instagram.com/soto_kebo_mamo

Sajian oleh-oleh ini menempati urutan kedelapan yang patut kamu boyong! Sesuai dengan namanya, soto ini memakai daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Sisi menarik lainnya, soto kebo khas Batang ini ternyata sudah sangat terkenal di setiap wilayah penjuru Indonesia. Wah, orang Batang pasti bangga! 

 

9. Lontong Lamprak

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!indonesiatipnews.com/Lontong Lamprak

Makanan yang sudah melegenda di Kabupaten Batang ini merupakan hidangan yang jadi favorit wisatawan karena cita rasanya yang kaya dan teksturnya juga legit.

Lontong Lamprak adalah jenis makanan yang cara penyajiannya cukup unik karena lontong didampingi dengan tahu rebus yang disiram dengan banyak kuah. Kuahnya sendiri memiliki cita rasa yang gurih dari santan dan sambal.

Baca Juga: Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkan

10. Lodheh Lecek

10 Oleh-Oleh Khas Batang Yang Wajib Jadi Buah Tangan, Jajanan Enak!fahmi-artcolection.blogspot.com

Lodheh cecek merupakan oleh-oleh khas Batang yang menggunakan nangka muda sebagai bahan utama. Biasanya, menu sayur mayur berkuah yang ini disiramkan di atas nasi dan didampingi dengan beberapa aneka lauk pauk lainnya yang tentunya menambah selera makan mu!

Itulah rekomendasi 10 oleh-oleh khas Batang yang bisa jadi pilihan. Kamu akan bawa pulang yang mana?

 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Unik Khas Sumbawa yang Paling Digemari Wisatawan

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya