Comscore Tracker

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita Hantunya

Tempt-tempat yang memiliki kisah mistis

Cilacap, IDN Times - Cerita Misteri di Cilacap barangkali sudah sering Anda dengar. Sebagian orang mempercayainya. Namun sebagian lagi menganggapnya sekadar cerita dari para sesepuh.


Tetapi, bagi mereka yang belum pernah ke kawasan tersebut, tentu mereka masih penasaran. Benarkah kisah-kisah misteri itu memang terjadi?

Baca Juga: 4 Cerita Mistis di Demak, Ada Makam di Tengah Jalan, Mencekam! 

1. Cerita misteri di Gunung Padang Majenang

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita Hantunyagoogle images

Gunung Padang Majenang yang terletak di Kecamatan Majenang ini sarat dengan mitos. Terlebih karena ada beberapa batuan tersusun rapi di kawasan tersebut. Banyak orang menganggap bahwa batu-batuan tersebut adalah batu yang akan digunakan untuk membangun istana.

Kisah misteri yang ada di kawasan ini terkenal dengan kisah dari Prabu Kian Santang, Raja Padjajaran. Raja sempat akan membuatkan istana untuk permaisuri, Naganingrum. Naganingrum ingin memiliki istana sendiri karena ia sedang hamil.

Raja hendak mengabulkan permintaannya hingga akhirnya sang raja mengetahui bahwa anak yang dikandungnya ternyata diganti dengan anak anjing oleh seseorang yang membenci permaisuri. Raja pun membatalkan pembangunan istana ini.

2. Benteng Pendem

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita HantunyaBenteng Pendem, Tempat Wisata di Cilacap (id.wikipedia.org)

Terletak di Nusa Kambangan, tentunya Benteng Pendem diduga memiliki kisah-kisah misteri. Terlebih, benteng ini juga sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, tepatnya dibangun pada tahun 1861.

Memang, saat ini kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di kawasan Teluk Penyu Cilacap. Dapat dibayangkan apa yang terjadi pada benteng yang pernah menjadi ruangan tahanan para pribumi yang ditahan tentara Belanda saat itu.

Terlebih, ada ratusan ruang tembak, ruang penyimpanan senjata, dan ruang berlindung. Setiap ruangan dalam bentung memiliki jalan masuk yang penuh misteri melalui terowongan yang panjangnya lebih dari seratus meter.

Banyak prediksi menyatakan bahwa semua terowongan tersebut dibuat oleh para pribumi yang menjadi tawanan Belanda. Mereka juga mati di dalam terowongan tersebut. Memang, terowongan-terowongan tersebut sudah sarat endapan tanah dan lumpur, tetapi banyak orang mengisahkan adanya suara-suara misterius dari bawah tanah saat mereka mengunjungi benteng ini.

3. Lingkar Selatan Cilacap

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita HantunyaPixabay/Tama66

Jalan Lingkar Selatan Cilacap merupakan kawasan yang cukup strategis. Namun, ada satu gedung yang cukup mencolok di kawasan tersebut. Dulunya, bangunan ini adalah pasar ikan banyu biru.

Tetapi, beberapa tahun lalu, pasar ini dipugar dimana akhirnya dibangunlah gedung yang estimasinya menelan biaya miliaran karena ukurannya yang sangat besar.

Entah mengapa tidak ada lagi pembangunan gedung ini. Kabarnya, gedung ini menjadi sengketa karena dana yang dipergunakan juga tidak jelas. Pembangunan awal menggunakan dana APBD yang cukup besar ternyata tidak tuntas, tanpa alasan.

4. Balai Desa Wringinharjo

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita HantunyaSumur yang menjadi lokasi percobaan bunuh diri. IDN Times/ istimewa

Salah satu cerita misteri di Cilacap muncul pula di gedung ini. Entah mengapa balai desa Wringinharjo ini tidak lagi dipergunakan. Bukan gedungnya yang menarik perhatian.

Tetapi sumur yang ada di dekat kawasan ini justru menjadi incaran para netizen untuk uji nyali. Kabarnya, sumur tua yang sudah tidak lagi ada airnya tersebut sangat angker.

Banyak orang mengaku telah mendengar suara tangisan perempuan. Bahkan, terkadang ada suara ramai seperti di pasar. Sumur tersebut sudah bertumpuk-tumpuk dengan sampah dan dikelilingi rumput liar

5. Benteng Karang Bolong

5 Tempat Angker di Cilacap yang Terkenal Dengan Cerita HantunyaBenteng Karang Bolong. instagram.com/alfiandanis

Satu lagi benteng di kawasan Nusakambangan menjadi salah satu cerita misteri di Cilacap yang tak kalah seru.

Kabarnya, mayat para pejuang RI dibuang disini oleh penjajah Belanda. Entah benar atau tidak, tetapi hal ini masih masuk akal karena memang kekejaman tentara Belanda saat itu memang kelewat batas.

Semua cerita misteri di Cilacap tersebut memang sering diperbincangkan. Tetapi, bukan berarti Anda harus percaya seutuhnya. Saat Anda mengunjungi tempat wisata tersebut, tentu Anda dapat berdoa sesuai agama dan keyakinan, sehingga tidak ada roh jahat atau kekuatan gelap yang dapat mengganggu Anda.

Baca Juga: Tempat Uji Keperawanan, 5 Kisah Mistis Karanganyar yang Paling Seram

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya