Comscore Tracker

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling Solo

Kembali beroperasi, gak perlu aplikasi peduli lindungi

Surakarta, IDN Times - Bus Tingkat Werkudara direncanakan akan kembali beropreasi setelah sempat berhenti selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia, pemerintah kota Surakarta menyebutkan siap kembali mengoperasikan bus wisata yang menjadi salah satu daya tarik Kota Solo tersebut.

Baca Juga: Buka! Ini Syarat Masuk Wisata Solo Bunbin Taman Jurug dan Balekambang

1. Kembali beroperasi setelah sebelumnya berhenti karena PPKM level 4

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling Solosurakarta.go.id

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta Hari Prihatno mengatakan bus pariwisata tersebut sudah bisa dioperasikan sejak status Kota Solo turun ke Level 3, yakni pada akhir bulan Agustus 2021.

Namun menurutnya untuk saat ini pihaknya kembali menyosialisasikan kepada masyarakat terkait pengoperasian kembali dan pelayanannya yang masih menerapkan sejumlah pembatasan mengingat masih diberlakukan pembatasan untuk kapasitas pada ruang publik, termasuk transportasi umum.

"Sekarang sudah bisa beroperasi tetapi tetap dibatasi. Operasionalnya sama seperti BST dan feeder dengan kapasitas 50 persen dan sesuai ketentuan yang berlaku saat ini," katanya.

2. Syarat naik bus tingkat Werkudara di Kota Solo di masa pandemik COVID-19

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling SoloDok. Pribadi

Untuk bisa naik bus tingkat Werkudara selama pandemik ini ada beberapa persyaratan, yakni, anak di bawah usia 12 tahun, ibu hamil, dan kelompok lansia masih belum diizinkan mengakses layanan bus pariwisata.

Menurut Kadishub, aturan tersebut mengacu pada Surat Edaran (SE) Wali Kota Surakarta Nomor 067/2777 tentang PPKM Level 3 COVID-19 di Kota Surakarta.

"Selain itu, kalau (masyarakat umum) ada yang berminat, sekarang sudah bisa lagi untuk keliling kota," katanya.

3. Naik bus tingkat gak perlu pakai aplikasi Peduli Lindungi

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling SoloANTARA/Arindra Meodia

Mengenai skrining dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi, sejauh ini belum menjadi salah satu syarat wajib karena mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya belum semua orang divaksinasi.

"Bus Tingkat Werkudoro belum menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sama seperti BST dan feeder yang juga belum menggunakan aplikasi itu," katanya.

Meski demikian, mengingat situasi masih pandemik COVID-19 kapasitas maksimum penumpang dibatasi hanya 50 persen dari normal.

4. Jadwal bus tingkat Werkudara selama PPKM Level 3

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling SoloDok. Pribadi

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Surakarta Taufiq Muhammad mengatakan Kota Solo memiliki dua unit Bus Werkudoro dengan kapasitas maksimum masing-masing 55 penumpang.

Ia mengatakan selama PPKM Level 3, bus lebih banyak beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Meski demikian, jika ada permintaan pada hari biasa maka Dishub Surakarta akan tetap melayani.

"Tiketnya juga masih sama, Rp20.000/penumpang, bisa dibeli di Kantor Dishub Surakarta," katanya.

5. Bus tingkat dinamai Werkudara yang merupakan sosok tokoh pewayangan anggota Pandawa

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling Solotraviamgz.com

Bus Tingkat Werkudara sudah sejak lama menjadi ikon Kota Solo. Ini merupakan bus tingkat wisata pertama di Indonesia. Ciri khas bus wisata bus tingkat Werkudara adalah warna merah dengan lukisan tokoh wayang Werkudara di bagian depan.

Di belakangnya tampak foto ikonik tempat wisata di Solo, seperti Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran dan Pasar Gede.

Bus ini dinamai Werkudara, sosok tokoh pewayangan yang besar dan kuat, sesuai dengan bentuk bus yang memang tinggi besar. Tinggi Bus Werkudara 4,5 meter, lebar 2,5 meter, sedangkan beratnya 12 ton.

6. Cara pesan tiket bus tingkat Werkudara

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling SoloIDN TImes/Reza Iqbal

Werkudara mampu membawa 43 penumpang, dengan rincian sebanyak 18 penumpang duduk di bus bagian bawah dan 25 orang di bagian atas. Bus wisata ini beroperasi sejak 20 Februari 2011. Bermesin OM 924 LA Euro 3, dengan kecepatan maksimal 120km/jam, Werkudara membawa wisatawan keliling Kota Solo hanya Sabtu dan Minggu plus hari libur nasional.

Untuk menjajal sensasi menumpang bus tingkat, pengunjung bisa langsung membeli tiket ke Kantor Dinas Perhubungan Kota Solo di belakang Stadion Manahan atau di Jl. Mentri Supeno No. 7 Kota Solo. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 15.00. Tiket dibanderol Rp20.000 per orang. Disarankan memesan sehari sebelumnya agar tidak kehabisan.

7. Keliling Kota Solo, ini lho Rute bus tingkat Werkudara

7 Fakta Bus Tingkat Werkudara, Jadwal dan Rute Wisata Keliling Solosurakarta.go.id

Rute bus wisata Werkudara ini adalah Kantor Dishubkominfo, perempatan Manahan (Jl. Ahmad Yani), pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi), Sriwedari – Gladag – Balai kota – Pasar Gede – Bank Indonesia (berhenti sejenak untuk foto-foto) – perempatan Panggung (Jl. kolonel Sutarto) – Tugu Cembengan (Jl. Ir. Sutami) – Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Di TSTJ, bus akan berhenti sebentar agar penumpang yang sebelumnya duduk di dek bawah bisa bergantian duduk di dek atas dan sebaliknya.

Untuk rute pulangnya dimulai dari Kebun Binatang Jurug (Jl. Ir. Sutami) – Jl. kolonel Sutarto – Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Jend Sudirman – Gladag – PGS – Sangkrah – Jl. kapten Mulyadi – Baturono – Jl. veteran – Tipes – Jl. bhayangkara – Baron – Jl. Dr. radjiman – Jl. perintis kemerdekaan – Purwosari – Jl. Slamet Riyadi – Kerten – Jl. ahmad Yani – Kantor Dinas Perhubungan, Manahan.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya