Comscore Tracker

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba 

Batik hingga makanan khas yang lezat

Jika Anda berkunjung ke Pekalongan, kalian wajib mencicip berbagai jenis makanan dan oleh-oleh khas Pekalongan ini. Pekalongan Kabupaten yang ada di pesisir utara Jawa Tengah yang terkenal dengan batik khasnya.

Meski begitu, Pekalongan tidak hanya terkenal dengan batiknya. Pekalongan juga punya ragam kuliner yang nikmat dan sedap. Tidak sedikit orang suka dari setiap kuliner khas Pekalongan.

Beberapa kuliner khas Pekalongan bisa anda bawa sebagai oleh-oleh ke rumah. Selain itu, ada lagi bermacam-macam hal yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dari Pekalongan. Nah, berikut ini adalah deretan oelh-oleh khas Pekalongan yang wajib anda bawa pulang.

Baca Juga: Tangan-tangan Kreatif Hasilkan Cuan dari Jualan Kering Kentang Online

1. Batik Pekalongan

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba 

Hal yang pasti dijadikan oleh-oleh dari Pekalongan tentu saja adalah batik. Pekalongan adalah sentra batik di Jawa Tengah yang memiliki ragam motif dan corak batik yang menarik.

Tidak hanya batik klasik, pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai macam batik kontemporer yang menarik dan unik khas Pekalongan. Sudah hal yang lumrah ketika berkunjung ke Pekalongan dan membawa batik sebagai oleh-olehnya. Dan sudah hal wajib ketika berwisata ke Pekalongan yang membawa batik sebagai buah tangan.

2. Kerupuk Gendar

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba instagram.com/ivanmarchius

Selain batik, Pekalongan punya camilan khas yang bisa anda bawa ke rumah. Namanya kerupuk gendar. Para pencinta kerupuk mesti membawa ini ke rumah. Berbeda daripada kerupuk pada umumnya, kerupuk gendar adalah kerupuk nasi karena terbuat dari nasi.

Kerupuk ini renyah dan rasanya gurih. Kerupuk gendar sangat cocok dijadikan teman makan siang. Selain bisa dijumpai di warung dan pasar, kerupuk gendar bisa didapatkan di pusat oleh-oleh Pekalongan.

3.Binteng Jahe

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba https://nusabudidaya.com

Kudapan selanjutnya yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Pekalongan adalah binteng jahe. Olahan dari jahe, gula dan kelapa ini memiliki rasa pedas hangan khas jahe.

Selain itu, rasanya juga manis karena dari gula. Rasanya yang unik ini membuat binteng jahe menjadi oleh-oleh khas Pekalongan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pekalongan.

4. Kopi Tjanting

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba Ilustrasi Coffee Shop (IDN Times/Anata)

Pekalongan punya produk kopi bernama kopi Tjanting. Ini adalah salah satu produk asli dari Pekalongan yang wajib dari buah tangan.

Kopi dari brand ini didapat langsung dari petani kopi Jolotigo, Pekalongan. Jenis kopinya pun beragam, ada kopi robusta, excelsa hingga arabica.

5. Kue Lumpang

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba Instagram.com/mommykeiks

Main ke Pekalongan harus mencicipi kue lumpang. Bentuknya unik seperti mangkuk kecil. Rasanay juga nikmat.

Kue basah khas Pekalongan yang ditaburi parutan kelapa ini menjadi oleh-oleh khas Pekalongan yang patut anda coba.

 

6. Capret Pekalongan

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba Tokopedia

Selaian kerupuk gendar, Pekalongan juga punya kudapan gurih lain. Namanya capret. Capret Pekalongan memiliki ukuran yang kecil.

Meski begitu, cita rasanya begitu lezat. Capret Pekalongan punya varian rasa yang bermacam-macam. Dan varian rasa yang terkenal adalah rasa original dan pedas. Ini adalah oleh-oleh yang terkenal dan favorit para pengunjung di Pekalongan.

7. Keripik Tempe dan Tahu

7 Oleh-oleh Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba Instagram.com/kualihelena

Oleh-oleh khas Pekalongan yang banyak difavoritkan pengunjung selanjutnya ada keripik tahu dan tempe. Rasanya gurih. Banyak orang menyukai oleh-oleh ini. Selain cocok dijadikan kudapan dalam perjalanan, keripik tahu dan tempe juga adalah pilihan tepat buat dijadikan buah tangan.

Jadi, anda mau memilih yang mana untuk dijadikan sebagai oleh-oleh? Banyak pilihan yang bisa anda buat.

Jika ingin menghadiahi keluarga, bisa untuk membeli batik khas Pekalongan yang beraneka macam. Harga batik di sana terjangkau, tetapi kualitas tetap terbaik. Dan jika mau oleh-oleh yang bisa dimakan, Pekalongan punya banyak pilihannya.

Baca Juga: Rahasia Aren Menjaga Manusia dan Hutan Hujan Tropis Pekalongan Lestari

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya