Comscore Tracker

Kisah Mistis, Tempat Angker Purworejo, Sungai Bogowonto Paling Wingit

Cerita seram yang masih dipercaya masyarakat

Kisah mistis di Purworejo mulai dari cerita yang sampai sekarang masih dipercaya masyrakat hingga tempat-tempat yang diyakini wingit. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang mitos tersebut.

Baca Juga: 6 Kisah Mistis di Kendal, Tempat yang Dikenal Angker Bikin Merinding 

1. Ahad Wage

Kisah Mistis, Tempat Angker Purworejo, Sungai Bogowonto Paling WingitIlustrasi pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww)

Kisah mistis di Purworejo pertama yaitu tentang Ahad Wage. Berlokasi di Desa Jragung yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Karangawen, kawasan ini ternyata menjadi salah satu sumbernya kisah mistis dan mitos di Demak.

Desa ini dihuni oleh 9985 jiwa dan didominasi oleh penduduk berusia 16-60 tahun. Ahad Wage sendiri adalah bentuk penghormatan untuk sesepuh dari Desa Jragung.

Sesepuh itu adalah Mbah Gatel (AdiPurworejo Tejo Eko Lelono) yang diketahui lahir di Serang, Banten. Beliau menjadikan hutan belantara sebagai tempat yang aman dan menemukan gubangan berisi air yang dinamakan Jurang Agung.

Jika musim kemarau tiba, warga Jragung akan berdoa kepada yang Maha Kuasa supaya diturunkan hujan dan dikabulkan permohonan mereka.

Mbah Gatel dipercaya memberikan pengaruh untuk ketentraman dan keamanan yang layak. Saat hari Ahad Wage tiba, warga harus melakukan sebuah pantangan berupa walimahan atau berkumpul dan makan-makan, menanam padi, membangun rumah, brokohan atau kehamilan, sunatan, dan kematian. Tujuan memaknai mitos yang dipercaya adalah memelihara dan menjaga warisan nenek moyang.

2. Penghuni Gunung Merapi

Kisah Mistis, Tempat Angker Purworejo, Sungai Bogowonto Paling WingitGunung Merapi mengeluarkan guguran lava. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Kisah mistis di Purworejo yang kedua dekat dengan Gunung yang sangat berpengaruh di semua kota di Jawa Tengah dan Jogja. Gunung merapi terletak di wilayah Tlogolele, Jawa Tengah.

Konon kisahnya, disekitar gunung merapi di buat istana yang dijaga dan di huni oleh makhluk tak kasat mata (makhluk gaib) yang bernama “Nyai Gadung Melati”, ia mempunyai tugas untuk melindungi lingkungan gunung merapi serta hewan-hewan dan juga tanaman.

Kawah merapi dipercaya sebagai pusat keraton yang ditinggali oleh makhluk gaib. Jika tidak ingin diganggu, para penduduk setempat melarang kegiatan seperti memotong rumput, menebang pohon, dan memindahkan benda-benda di wilayah tersebut.

3. Desa Kalijambe

Kisah Mistis, Tempat Angker Purworejo, Sungai Bogowonto Paling WingitPexel.com

Banyak Kisah mistis di Purworejo yang terkait dengan beberapa ruas jalan yang melewati hutan-hutan lebat. Salah satunya adalah di kawasan perbatasan Purworejo dan Magelang. Memang, ruas jalan tersebut selalu rawan terjadi kecelakaan.

Hal-hal mistis pun terkuak dimana banyak yang mengatakan bahwa hutan di kawasan tersebut menjadi salah satu tempat pembantaian kaum pribumi di masa penjajahan Belanda.

4. Sungai Bogowonto

Kisah Mistis, Tempat Angker Purworejo, Sungai Bogowonto Paling Wingitinstagram.com/luckyalvi

Sungai ini juga menjadi salah satu kawasan dengan banyak kisah mistis. Kisah perjuangan dari salah satu pahlawan kita, yaitu Diponegoro, juga terkait erat dengan sungai ini. Diponegoro sering memimpin pasukannya untuk melawan Belanda dengan cara gerilya di seputar kawasan ini.

Bahkan, konon, Diponegoro juga ditangkap Belanda di kawasan ini pula, dimana Belanda mendapatkan informasi dari mata-mata yang merupakan pengkhianat dari pasukan pribumi sendiri.

Belanda terpaksa menangkap paksa Diponegoro yang tidak mau diajak bekerja sama. Tentu, pangeran Diponegoro memilih untuk tidak menyerah kepada Belanda.

Kisah mistis di Purworejo memang erat kaitannya dengan kultur kepercayaan masyarakat Jawa kuno. Mereka sering menganggap keberadaan Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul masih ada dan menguasai Pantai Selatan.

Sungai-sungai yang ada di kawasan ini juga merupakan hulu dari Samudra Indonesia yang sudah terkenal sebagai ‘hunian’ Nyi Roro Kidul. Terlepas dari mitos tersebut, tentu semuanya berpulang pada keyakinan masing-masing pembaca.

Baca Juga: Kisah Mistis di Blora, Legenda Pernikahan Pojokwatu dan Ngoda  

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya