Comscore Tracker

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang Eksotis

Bisa melihat keindahan Matahari bersinar seperti cincin emas

Mendengar kata gunung pastinya langsung berpikir akan keindahannya. Salah satu gunung yang memiliki daya tarik adalah Gunung Andong.

Pesona gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu selalu membuat ketagihan. Sebelum ke sana, alangkah baiknya menyimak 5 fakta mengenai Gunung Andong berikut ini.

1. Asal nama Gunung Andong

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang Eksotisinstagram.com/ciwambhaadventure

Makna Andong diambil dari sebuah nama daun yang sering digunakan menjadi syarat dari sebuah ritual. Seperti acara selamatan yang dipercaya oleh masyarakat daerah Jawa. Daun andong berarti berdoa atau memanjatkan doa kepada Tuhan.

Para pendaki juga punya alasan khusus mengapa gunung tersebut dinamakan Andong. Antara lain karena puncak gunung Andong--ketika dilihat dari samping--seperti menyerupai punggung sapi yang menurut Bahasa Jawa adalah Andong.

Baca Juga: 5 Alat Musik Kesenian Khas Jawa Tengah dan Cara Memainkannya

2. Lokasi Gunung Andong

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang EksotisGunung Andong (unsplash.com/abdiemes)

Gunung Andong terletak di antara daerah Ngablak, Tlogorejo, dan Grabag Kabupaten Magelang. Ketinggian gunung itu mencapai 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Andong memiliki tipe perisai. Yakni gunung tersebut melingkari Magelang dan berdampingan dengan Gunung Telomoyo, yang berada di wilayah perbatasan Salatiga Semarang, dan Magelang.

3. Gunung Andong favorit para pendaki pemula

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang EksotisInstagram/gunungandong1726mpdl

Banyak para pendaki pemula yang menjadikan Gunung Andong sebagai tujuan pendakian karena memiliki jalur yang pendek. Selain itu, pemandangan Gunung Andong sepanjang pendakian tidak kalah dengan gunung-gunung tinggi yang ada di Pulau Jawa.

Ada tiga jalur pendakian yang dapat dilalui oleh pendaki Gunung Andong sebagai berikut:

  • Jalur pendakian Dusun Sawit
  • Jalur pendakian Dusun Gogik
  • Jalur pendidikan Dusun Pendem

4. Daftar daya tarik Gunung Andong

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang EksotisInstagram/gunungandong1726mpdl

Gunung merupakan tempat yang pas buat kamu jika menginginkan suasana alam, indah, dan yang dapat memanjakan mata serta melepas penat sejenak. Inilah daya tarik yang membuat para pendaki mendaki Gunung Andong.

  • Sunrise di Batu Pertapaan
    Lokasi menjadi tempat favorit para pendaki menikmati lautan sunrise. Keindahannya bisa kamu nikmati mulai pukul 05.30 WIB. Kalau beruntung, kamu bisa melihat Matahari yang bulatnya bak cincin emas di antara Gunung Lawu, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi.
  • Samudra awan di Gunung Andong
    Keindahannya bisa kamu nikmati di puncak makam. Di tempat ini kamu bisa melihat Gunung Sindoro juga.
  • Air terjun sumuran Gunung Andong
    Rupanya ada juga air terjun di Gunung Andong. Jarak lokasi ini lima kilometer dari titik awal pemberangkatan atau basecamp Dusun Sawit. Air terjun yang ketinggiannya 30 meter ini memiliki ciri khas aliran air berupa batu yang berbentuk tangga.
  • Hutan Mangli di Gunung Andong
    Hutan Mangli menjadi salah satu daya tarik yang ada di Gunung Andong. Hutan ini terletak tidak jauh dari jalan utama Yogyakarta dan Semarang.
    Penanggung jawab dan pengelola lokasi ini adalah Resort Pengelola Hutan (RPH) Pager Gunung. Di tempat ini juga ada bumi perkemahan yang dikelilingi oleh pohon pinus. Soal fasilitas, jangan diragukan karena sudah cukup lengkap, lho.

Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah diincar para pendaki pemula masuk list karena jalurnya pendek dan bersahabat. Belum lagi keindahannya memanjakan mata. Semoga fakta-fakta tadi bisa memberikan referensi buat kamu soal Gunung Andong.

Baca Juga: 7 Misteri Gunung Lawu dan Lokasi Angker yang Tak Banyak Orang Tahu 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya