Comscore Tracker

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarah

Kamu akan menikmati suasana yang berbeda

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Kota Semarang mempunyai banyak kisah menarik. Selain menjadi pusat perbelanjaan dan perdagangan, Semarang juga memiliki banyak lokasi wisata menarik, lho.

Kamu bisa mengunjunginya untuk berwisata sejarah karena masih banyak bangunan-bangunan bersejarah di Kota Semarang. Semuanya terawat dengan sangat baik. Beberapa bangunan bahkan menjadi cagar budaya dan masih digunakan atau beroperasi sampai sat ini. Wah, ada apa saja itu? Inilah 9 gedung cagar budaya di Kota Semarang yang masih terawat dengan baik dan bisa kamu kunjungi untuk berwisata sejarah.

1. Gedung Monod

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahGedung Monod Semarang (Instagram.com/haydarsnd)

Dahulu, gedung ini merupakan tempat yang digunakan untuk pameran lukisan. Gedung Monod merupakan bagian dari cagar budaya Kota Lama Semarang. Jika tertarik mengunjunginya, lokasi Gedung Monod ada di jalan Kepodang nomor 11-13 Kota Semarang.

2. Masjid Besar Kauman

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahSituasi di Masjid Agung Kauman Semarang lengang selama penerapan PPKM Darurat. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Banyak orang salah mengira lokasi Masjid Agung Kota Semarang adalah MAJT. MAJT bukan Masjid Agung Kota Semarang, melainkan Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid besar kota Semarang ini sebenarnya adalah Masjid Besar Kauman Semarang. Lokasinya dekat dengan pasar Johar. Lebih tepatnya lagi, gedung cagar budaya ini berlokasi di jalan alun-alun Barat Nomor 71 Kota Semarang.

3. Gedung Marabunta

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahGedung Marabunta menjadi saksi kisah perjalanan seorang penari sekaligus agen mata-mata saat PD I meletus. Foto oleh Fariz Fardianto/Rappler

Dulunya gedung ini digunakan sebagai tempat pertunjukan opera dan kafetaria. Gedung Marabunta berdiri sekitar tahun 1890 di zaman pemerintahan kolonial Belanda. Bangunan ini unik karena ada 2 ekor semut merah yang menjadi mahkotanya.

4. Gedung Marba

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarahdokumenpribadi/FadhilaLuqyana

Gedung Marba adalah salah satu bangunan bersejarah di Kota Semarang. Lokasinya berada di sudut Kota lama di seberang taman Srigunting.  Dahulu bangunan ini merupakan kantor usaha pelayaran dan toko modern satu-satunya di Semarang.

Baca Juga: Kudu Mampir! 5 Tempat Wisata Budaya di Semarang ini Punya Banyak Kisah

5. Masjid Layur Kampung Melayu

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarahwww.gotravelly.com

Masjid layur kampung Melayu sangat mudah diakses. Untuk menjangkau masjid bersejarah ini, kamu bisa mengambil arah dari pasar Johar ke arah Kota Lama melalui kantor pos besar Jalan Pemuda.

Sebelum melewati Jembatan Berok, belok ke sebelah kiri jalan. Masjid ini sering disebut sebagai menara kampung Melayu karena pada saat itu menara masjid digunakan sebagai menara mercusuar.

6. Gereja Blenduk

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahSejumlah muda-mudi berlalu lalang saat menikmati liburan di kawasan Gereja Blenduk. IDN Times/Fariz Fardianto

Salah satu bangunan bersejarah ikonik di Kota Semarang adalah Gereja Blenduk. Bentuknya unik dan menarik dalam bentuk hexagonal. Ini adalah bangunan gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1753.

7. Lawang Sewu

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahGedung Lawang Sewu Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Bangunan terkenal lainnya selain gereja blenduk di Semarang adalah Lawang Sewu. Bangunan bersejarah ini sudah sering dikunjungi masyarakat Indonesia. Dulu bangunan ini dikenal angker.

Tetapi sekarang Lawang Sewu sudah menjadi tempat museum bersejarah di Kota Semarang. Lawang Sewu mudah diakses karena berada di pusat kota Semarang.

8. Gedung Kesenian Sobokarti

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata SejarahSejumlah anak perempuan saat latihan menari di Gedung Sobokarti Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Buat para pencinta seni, bangunan berupa Gedung kesenian Sobokarti tidak boleh dilupakan dalam daftar kunjungan ketika mengunjungi Kota Semarang. Di tempat ini merupakan gedung pusat perkumpulan seni budaya dan cagar budaya Semarang.

Aktivitas budaya banyak dilakukan di sini, seperti latihan karawitan, kursus dan pentas seni pedalangan, kursus pranatacara, kursus membatik dan latihan tari.

9. Stasiun Tawang

9 Gedung Cagar Budaya di Semarang yang Terawat Baik, Wisata Sejarahheritage.kai.id

Yang suka bepergian ke Semarang dengan menggunakan kereta api pasti pernah datang ke sini. Ya, Stasiun Tawang merupakan stasiun kereta api besar tertua di Indonesia. Saat ini stasiun Tawang masih beroperasi.

Itu tadi 9 cagar budaya di Kota Semarang yang masih terawat dan bisa kamu manfaatkan untuk berwisata sejarah. Yuk, ke Semarang.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Kafe di Batang, Dari yang Unik hingga Bisa Lihat Senja

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya