Comscore Tracker

Libur Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawa

Karimunjawa tetap jadi primadona saat tahun baru

Jepara, IDN Times - Ratusan wisatawan saat ini mendatangi Pulau Karimunjawa untuk menikmati musim libur panjang tahun baru 2021. Pihak Taman Nasional Balai Karimunjawa menyatakan dengan adanya masa pandemik COVID-19, maka hanya ada tiga destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

"Hanya ada tiga obyek wisata yang bisa dinikmati saat libur tahun baru di Karimunjawa. Masing-masing wisata bawah laut Perairan Karimunjawa, tracking Mangrove dan wisata pengerasan telur penyu," kata Titik Sudaryanti, Kepala Taman Nasional Balai Karimunjawa kepada IDN Times melalui sambungan telepon, Sabtu (2/1/202).

 

1. Tingkat kunjungan wisatawan di Karimunjawa naik 50 persen

Libur Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawainstagram.com/karimunjawa.travel

Lebih lanjut, ia menyatakan saat momentum libur panjang tahun baru 2021, terdapat lonjakan wisatawan yang menikmati liburan di pulau paling utara Kabupaten Jepara tersebut.

Per hari Jumat (1/1/2021) kemarin misalnya, pihaknya mendapat informasi bila terdapat 137 wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa dengan menumpangi KM Siginjai rute Dermaga Kartini Jepara-Dermaga Karimun, Pulau Karimunjawa.

"Tentunya saat libur tahun baru kali ini pengunjungnya di Karimunjawa sangat banyak ya. Malahan grafiknya ada peningkatan 50 persen ketimbang kondisi biasanya. Hari Jumat kemarin saja ada 137 orang. Untuk hari ini baru bisa dilihat jumlah pastinya nanti malam," ujar Titik.

Baca Juga: Ombak Perairan Jepara 2,5 Meter, 14 Wisatawan Tertahan di Karimunjawa

2. Jadwal keberangkatan Express Bahari ditambah saat libur akhir tahun

Libur Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawainstagram.com/dina_ariani_s

Menurutnya jumlah kunjungan wisatawan melonjak drastis meski saat ini telah diberlakukan pembatasan pengunjung.

Salah satu penyebabnya, katanya lantaran minat masyarakat menikmati libur panjang di pulau berjuluk The Paradise of Java tersebut cukup tinggi. Selain itu, adanya penambahan jadwal keberangkatan kapal Express Bahari juga turut memicu lonjakan wisatawan. 

Jadwal kapal Express Bahari kini jadi empat kali sepekan. Sedangkan jadwal keberangkatan KM Siginjai tiga kali sepekan setiap Selasa, Jumat dan Sabtu. 

3. Kunjungan wisatawan Karimunjawa tetap dibatasi maksimal 30 persen

Libur Tahun Baru, Ratusan Wisatawan Serbu Pulau Karimunjawaliburanaye.blogspot.com

Padahal di sisi lain pihaknya mengklaim telah berupaya memperketat pembatasan kedatangan wisatawan dengan menggunakan protokol kesehatan.

Titik mengaku dari total daya tampung Kepulauan Karimunjawa mencapai 1.000 orang, saat ini jumlah pengunjungnya dibatasi maksimal 300 orang.

"Kunjungan wisatawan kita batasi 30 persen dari total daya tampung di Karimunjawa yaitu 1.000 orang. Artinya yang boleh datang ke sana maksimal hanya 300 orang saja. Aturan ini juga mengacu pada surat edaran Gubernur Jateng yang memberlakukan pembatasan kunjungan orang saat libur panjang tahun baru," terangnya.

"Wisatawan yang tercatat di Karimunjawa Karimunjawa adalah yang sudah membeli tiket masuk. Data akan berbeda dengan jumlah penumpang kapal yang ke Karimunjawa," lanjutnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Aktivitas Seru di Karimunjawa, Bikin Malas Pulang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya