Comscore Tracker

Museum Gatot Subroto di Ungaran Diresmikan, Ini Lho Koleksinya

Gatot Subroto merupakan salah satu pahlawan nasional

Semarang, IDN Times - Jenderal TNI Gatot Subroto memang telah tiada. Gatot Subroto yang dilahirkan tahun 1907, kemudian meninggal dunia karena sakit jantung pada tanggal 11 Juni 1962. 

Jenderal Gatot Subroto dikenal memiliki tujuh belas bintang tanda jasa. Tak lama setelah wafat, Gatot Subroto selanjutnya dianugerahi menjadi Pahlawan Nasional pada tanggal 18 Juni 1962.

Untuk mengenang jasa-jasa kepahlawanan dari Gatot Subroto, pihak Kodam IV Diponegoro Semarang pada Minggu (10/10/2021), meresmikan pembuatan Museum Gatot Subroto di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

1. Anak Gatot Subroto ikut hadir saat peresmian Museum Gatot Subroto

Museum Gatot Subroto di Ungaran Diresmikan, Ini Lho KoleksinyaProses peresmian Museum Gatot Subroto Private. (Dok Pendam IV Diponegoro Semarang)

Menariknya, lokasi Museum Gatot Subroto tersebut dulunya merupakan rumah pribadi sang jenderal. Maka tak heran bahwa dalam proses peresmiannya, terlihat hadir salah satu putra Jenderal Gatot Subroto yang bernama Nanang bersama Kapoksahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono.

Selain itu, ada juga Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohenig, Wakil Bupati Semarang Basari serta Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada.

Baca Juga: Biografi Gatot Subroto, Pahlawan Nasional Jagoan Militer Indonesia

2. Keberadaan Museum Gatot Subroto untuk kenang jasa perjuangannya

Museum Gatot Subroto di Ungaran Diresmikan, Ini Lho KoleksinyaLogo Hari Pahlawan Tahun 2020 (Website/kemsos.go.id)

Kapoksahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono mengatakan operasional Museum Gatot Subroto di Ungaran dibuka untuk masyarakat umum. Maka pihaknya meresmikan dengan nama Gatot Soebroto Private Museum.

"Museum ini adalah wujud penghormatan kepada Jenderal Gatot Soebroto yang telah berkorban jiwa dan raganya demi kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai," katanya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (11/10/2021).

3. Museum Gatot Subroto bisa menjadi pelecut semangat generasi muda

Museum Gatot Subroto di Ungaran Diresmikan, Ini Lho KoleksinyaPresiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) melihat foto Pahlawan Nasional Arnold Mononutu yang merupakan tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara saat peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang telah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan. (BPMI Setpres/Lukas)

Ia mengingatkan jika negara Indonesia sebagai bangsa yang besar tidak boleh melupakan jasa para pahlawan. 

Di dalam Museum Gatot Suboto tersebut juga tersimpan beragam benda bersejarah milik Gatot Subtoto pada masa zaman pergolakan kemerdekaan hingga menjabat sebagai Wakasad TNI.

Tak cuma itu saja, katanya masih banyak tanda jasa yang dipajang di dalam museum itu yang berdampingan dengan silsilah keluarga dan riwayat hidup Gatot Subroto.

"Selain riwayat hidup serta tanda jasa, di dalam museum juga diletakkan benda-benda bersejarah peninggalan Gatot Soebroto sejak awal sampai akhir perjuangannya. Tujuannya untuk mengenang dan pemicu semangat generasi penerus bangsa untuk melanjutkan cita-cita beliau," ungkapnya.

4. Operasional museum tetap pakai prokes

Museum Gatot Subroto di Ungaran Diresmikan, Ini Lho Koleksinyailustrasi museum. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Ia berharap ke depannya Museum Gatot Subroto dapat menjadi sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat.

Berhubung saat ini masih dalam masa pandemik COVID-19, ia menambahkan maka operasional Museum Gatot Subroto perlu memberlakukan protokol kesehatan.

Baca Juga: Dian dan Angus Sepasang Elang Brontok Dilepas ke Gunung Ungaran

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya