Comscore Tracker

PPKM Dilonggarkan, Rekomendasi Wisata di Jateng yang Bisa Kalian Coba

Paket wisata kesehatan sedang dipromosikan

Semarang, IDN Times - Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jawa Tengah menyatakan aktivitas pariwisata di sejumlah kabupaten/kota mulai menggeliat seiring adanya pelonggaran aturan PPKM. 

Para biro travel saat ini berlomba merancang berbagai paket wisata alam untuk ditawarkan kepada wisatawan domestik yang berkunjung ke Jawa Tengah.

"Saat ini ada 50 persen biro travel yang sudah bergerak lagi. Di beberapa tempat wisata kan level PPKM sudah di angka 2 dan 3. Nah, kita menyikapinya dalam waktu dekat membuat panduan CHSE mandiri sebagai pegangan temen-temen saat memandu wisatawan," kata Joko Suratno, Ketua Asita Jateng kepada IDN Times, Jumat (8/10/2021).

1. Turis lokal ditawari paket wisata wellness tourism

PPKM Dilonggarkan, Rekomendasi Wisata di Jateng yang Bisa Kalian CobaIlustrasi Jalur Sepeda. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Menurut Joko, pelaku usaha biro travel sedang membuat paket wisata alam yang dikombinasikan dengan sejumlah kegiatan olahraga untuk menunjang kesehatan tubuh. Sehingga setiap turis lokal bisa merasakan manfaat liburan bersama keluarganya sekaligus menikmati olahraga di alam bebas.

"Beberapa biro travel sudah melayani perjalanan pariwisata. Saat ini kita menawarkan untuk daya tarik wisata kesehayan atau wellness tourism. Karena kita lihatnya tren wisata yang cenderung diminati masyarakat pada wisata alam terbuka. Daya tarik ini kita coba ditawarkan kepada wisatawan," ujar Joko.

Baca Juga: 90 Persen Biro Travel di Jateng Bangkrut, Beralih Buka Warung Makan

2. Ada juga wisata off road dan river tubing di Kendal

PPKM Dilonggarkan, Rekomendasi Wisata di Jateng yang Bisa Kalian CobaInstagram.com/raftingsungaioyo

Lebih jauh, untuk paket wisata yang saat ini sedang dipromosikan yakni wisata berkuda di beberapa daerah, paket tourism yoga. Kemudian pada tanggal 20 Oktober nanti, pihaknya akan meresmikan sport tourism salah satunya fun off road dan river tubing di Kabupaten Kendal.

3. Sekitar 50 persen biro travel sudah beroperasi lagi

PPKM Dilonggarkan, Rekomendasi Wisata di Jateng yang Bisa Kalian CobaANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

Untuk wisatawan yang bisa menikmati paket wellness tourism antara lain kalangan rombongan pegawai perusahaan dan rombongan keluarga kecil.

"Paket wisata bersepeda kita tawarkan kepada grup family trip dan pegawai perusahaan. Kita buat paket wisata alam agar masyarakat kembali suka berpergian. Untuk biro travel yang sudah bergerak prosentasenya sekitar 50 persen. Ada yang sudah melayani penjualan tiket pesawat untuk rute domestik. Dan juga staycation yang dikombinasikan dengan olahraga yoga," pungkasnya.

Baca Juga: Ibadah Haji Batal Lagi, Income Ratusan Miliar 30 Biro di Jateng Lenyap

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya