Comscore Tracker

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Dijamin kamu bakal ketagihan balik lagi

Kota Solo memang memiliki pesona tersendiri. Sebagai kota wisata, Solo terbilang lengkap baik sebagai surganya kuliner maupun surganya belanja bagi wisatawan. Selain itu, masyarakatnya sangat ramah sehingga banyak wisatawan yang akan kembali lagi untuk merasakan suasana Kota Solo.

Nah, seperti halnya kota wisata lain, Solo pun pun menyediakan oleh-oleh khas yang bisa dibawa wisatawan pulang. Ragamnya sangat banyak, mulai dari jajanan sampai barang-barang kerajinan khas Solo, misalnya batik dan barang antik.

Buat kamu yang sedang liburan di Solo, IDN Times merangkum apa saja oleh-oleh khas Solo dan di mana tempat-tempat belanja yang bisa kamu kunjungi untuk membeli oleh-oleh tersebut. Tapi jangan kalap belanja ya.

 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Baru di Solo yang Seru Buat Liburan Mudik

1. Batik dan jajanan khas Solo di Pasar Klewer

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangindonesiakaya.com

Pasar Klewer sangat legendaris. Di tempat inilah pusat batik murah di Solo. Tidak hanya batik, pasar ini juga menyedia bermacam pakaian dengan harga grosir. Dijamin murah meriah, tapi berkualitas. Pasar Klewer menjadi salah satu pusat jual beli pakaian di Solo.

Di pasar inilah biasanya para pegadang pakaian mencari barang untuk dijual kembali. Pasar Klewer merupakan tempat yang pas banget buat kamu yang ingin beli oleh-oleh berupa pakaian. Lokasi asli pasar ini berada tak jauh dari kawasan Kampung Batik Kauman yang lokasinya berada di sekitar Keraton Kasunanan.

Bukan hanya pakaian, kamu juga bisa menemukan jajajan khas Solo untuk oleh-oleh, mulai dari dodol, jenang, onde-onde, enting-enting kacang, ampyang jahe, intip, tempe keripik dan aneka jajajan lain. Kalau harganya kamu rasa mahal, jangan sungkan-sungkan untuk menawar ya. Pasar Klewer buka mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB.

2. Panganan tradisional di Pasar Gede

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangsurakarta.go.id

Wisata ke Solo kurang lengkap jika tidak mampir ke Pasar Gede. Pasar tradisional ini banyak menjual oleh-oleh khas Solo yang bisa dibawa pulang dengan harga yang super murah. Lokasi pasar ini hanya sekitar 200 meter Balai Kota Solo.

Di Pasar Gede inilah bermacam makanan tradisional Solo tersedia. Bisa dibilang, semua jenis oleh-oleh yang dijual di seluruh toko oleh-oleh di Solo ada di pasar ini. Salah satunya adalah intip goreng.

Panganan kering ini rasanya gurih dan renyah, tapi ada juga pilihan rasa manis. Intip dibuat dari kerak nasi yang dijemur sampai kering kemudian digoreng. Untuk menambah rasa, intip diguyur dengan saus karamel berbahan gula pasir.

Rasa yang disajikan sangat gurih dan renyah cocok untuk makanan camilan. Oleh-oleh khas Solo yang satu ini sangat banyak dijual di kota Solo. Harganya berkisar Rp10.000 sampai Rp50.000 tergantung ukuran yang dijual.

Selain belanja oleh-oleh, kamu juga bisa mencicipi beberapa kuliner khas seperti dawet telasih dan es gempol pleret yang terkenal itu di Pasar Gede.

3. Souvenir antik di Pasar Triwindu

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa PulangIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Buat kamu yang gemar mengoleksi barang antik, Pasar Triwindu wajib dikunjungi. Di pasar inilah semua yang jadul mudah ditemukan,  mulai dari guci, perkakas rumah tangga jadul, keramik dan lainnya. Kamu juga akan menemukan gramofon tua, kamera lawas, radio tabung, dan aneka lampu hias,  termausk onderdil kendaraan tua.

Lokasi pasar ini berada di sekitar Pura Mangkunegaran. Pintar-pintar saja ketika memilih dan menawar barang-barang antik di pasar ini.

4. Toko Roti Orion

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangsurakarta/go.id

Roti legendaris dari Solo, Mandarijn Orion, ini bisa kamu dapatkan langsung dari tokonya, yaitu Toko Roti Orion di Jalan Urip Sumoharjo, Solo. Kue mandarin yang menjadi primadonanya sudah terkenal sejak tahun 1930-an dan menjadi oleh-oleh khas Solo.

Selain kue mandarijn, ada banyak kue dan penganan lain yang bisa kamu temukan di toko yang berarsitektur kuno ini.

 

5. Serabi Notosuman

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangsurakarta.go.id

Jangan sampai lupa membeli serabi saat kamu ada di Solo. Tempat oleh oleh khas Solo ini ada di Kampung Notosuman. Makanya serabi ini dikenal dengan nama Serabi Notosuman. Nah, serabi Notosuman ini merupakan salah satu kuliner Solo yang wajib kamu beli.

Serabi Notosuman merupakan kue tradisional yang dibuat dari bahan tepung beras dicampur santan. Setelah menjadi adonan, selanjutnya dituang ke dalam cetakan khusus lalu dibakar menggunakan sebuah tungku dan arang.

Sistem masak menggunakan tungku dan arah ini merupakan cara memasak tradisional yang sudah berlangsung sejak dulu. Rasa dari serabi Notosuman ini ditawarkan dengan beragam rasa, mulai dari coklat, potongan pisang, keju dan nangka.

Harganya pun sangat murah yaitu hanya 3.000 rupiah saja dua serabi. Supaya awet untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, serabi ini dibungkus dalam kemasan dan divakum agar udara tidak masuk. Alamatnya di Jalan Muhammad Yamin. Buka dari jam 07.00 hingga pukul 17.00.

6. Toko Roti Ganep

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangtokorotiganep

Untuk berburu berbagai jenis kue kering, Toko Roti Ganep adalah pusatnya. Apalagi ada satu kue khas yang disebut roti kecik dan menjadi roti yang paling diminati. Selain itu, masih ada bermacam jenis camilan dan kue yang dijual di toko ini. Lokasinya di Jalan Sutan Syahrir No. 176, Tambak Segaran, Solo.

7. Toko Varia

Liburan di Solo, Ini Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Bawa Pulangtokovaria

Toko Varia merupakan toko kecil yang sudah berdiri sejak 1935 dan menjadi pusat oleh-oleh abon di Kota Solo. Lokasinya di Jalan dr Rajiman 132, Coyudan, Solo. Ada du apilihan rasa abon, yaitu manis dan pedas. Ada juga serundeng, yakni lauk berupa parutan kelapa berbumbu yang digoreng. Abon dan serundeng ini sejak dulu menjadi oleh-oleh khas Solo.

Yang paling terkenal adalah  abon sapi Mesran. Panganan memiliki masa kadaluarsa yang lama karena dikemas dan dimasak dengan bahan-bahan yang tahan lama. Jadi kamu gak perlu khawatir abon yang kamu beli basi. Harga sebungkus abon Mesran Rp40.000 hingga Rp70.000 tergantung ukuran.

Baca Juga: Mudik ke Solo? Kamu Wajib Coba 4 Wisata Transportasi Ikonik Ini 

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Berita Terkini Lainnya