Comscore Tracker

485 Merpati Diterbangkan Mengenang Berdirinya Masjid Menara Kudus

Perayaan Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus

Kudus, IDN Times - Pembukaan perayaan Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus resmi dibuka dengan pelepasan burung merpati sebanyak 485 ekor. Jumlah itu dimaksud untuk mengenang tahun pendirian Masjid Menara Sunan Kudus sesuai dengan angka kalender hijriyah, 19 Rajab 956 H – 19 Rajab 1441 H.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Uniknya Kirab Banyu Penguripan Berdirinya Masjid Kudus

1. Merpati sebagai simbol perdamaian

485 Merpati Diterbangkan Mengenang Berdirinya Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

Ketua Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus KH Em Najib Hassan mengatakan, perayaan Ta’sis Masjid Al-aqsha secara resmi telah dibuka pada Selasa (10/3) sore. Pembukaan ini diawali dengan melepas merpati sebanyak 485 ekor.

“Merpati ini sebagai simbol perdamaian dan juga mengenang pendirian dari Masjid Menara Sunan Kudus,” ujar dia dalam sambutannya.

2. Masjid Menara Kudus berdiri pada hari Selasa Kliwon 23 Agustus 1549

485 Merpati Diterbangkan Mengenang Berdirinya Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

Dia mengatakan,  pendirian Masjid Menara Kudus ini didirikan oleh Sunan Kudus pada 19 Rajab 956 Hijriyah. Hingga saat ini sudah 19 Rajab 1441 H menurut kalender hijriyah. Maka sudah 485 tahun yang lalu.

“Karena kita yakini mbah Masjid ini dibangun Mbah Sunan Kudus pada hari Selasa Kliwon bertepatan pada tanggal 23 Agustus tahun 1549,” kata dia.

Lebih lanjut, setelah ada pembukaan rangkaian acara yang sudah dimulai seperti pasar kuliner jaman dahulu (jadul). Wisata kuliner ini menjadi tren di masyarakat. Pasar jadul ini menampilkan jajanan dan makanan jadul yang unik dan jarang ditemukan.

3. Ada pasar kuliner jaman dahulu pada perayaan Ta’sis Masjid Menara Kudus

485 Merpati Diterbangkan Mengenang Berdirinya Masjid Menara KudusIDN Times/Aji

“Pasar ini berlangsung selama empat hari. Mulai Selasa (10/3) hingga Jumat (13/3) lusa,” ujar dia. Pada pasar kuliner ini ada sebanyak 64 stand. Kuliner yang tersedia seperti kuliner wilayah, kuliner rawa, dan lainnya.

Najib menjelaskan, kemeriahan tidak sampai disitu saja. Rangkaian acara lainnya juga ada. Seperti kirab banyu penguripan pada Rabu (11/3) siang. Kemudian pasamuan Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus.

“Hingga puncaknya nanti acara perayaan berdirinya Masjid Menara Kudus ini ditutup dengan Muhibah Internasional Menara Bersholawat yang akan mendatangkan grup hadrah Ar-Ridlwan al-Marashi dari Mesir,” pungkas dia.

Baca Juga: Fenomena Halo Matahari, Warga Ramai Foto di Kompleks Makam Sunan Kudus

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya