Comscore Tracker

Kebakaran Kilang Balongan Tak Pengaruhi Pasokan BBM dan LPG di Jateng 

Ketahanan stok BBM cukup untuk 11 hari

Semarang, IDN Times - Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan tidak memengaruhi suplai pasokan BBM, LPG, dan produk turunan lainnya untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Sebab, sebagian besar pasokan disalurkan dari Kilang Minyak Pertamina Cilacap. 

1. BBM dan LPG di Jateng-DIY dipasok dari 7 terminal yang terintegrasi

Kebakaran Kilang Balongan Tak Pengaruhi Pasokan BBM dan LPG di Jateng Seorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated Terminal BBM Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, sebagian besar pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah dan DIY disalurkan dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap melalui 7 Integrated Fuel and LPG Terminal (Terminal BBM and LPG) dan Fuel Terminal (Terminal BBM). Untuk di wilayah Jawa Tengah berada di Fuel Terminal Boyolali, Maos, Lomanis, Tegal serta Integrated Fuel and LPG Terminal di Semarang dan Cilacap. Sedangkan untuk di wilayah DIY, berada di Fuel Terminal Rewulu Kabupaten Bantul. 

“Adapun, untuk Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ahmad Yani Semarang saat ini disuplai avtur dari konsolidasi Fuel Terminal Rewulu Bantul, DIY,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Rabu (31/3/2021). 

Baca Juga: Konsumsi BBM di Jateng Langsung Turun 3 Persen Saat PPKM 

2. Pasokan BBM dan LPG aman

Kebakaran Kilang Balongan Tak Pengaruhi Pasokan BBM dan LPG di Jateng IDNTimes/Holy Kartika

Kemudian, pasokan avtur untuk DPPU Adisutjipto Yogyakarta, DPPU Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo dan DPPU Adi Soemarmo Solo disuplai dari RU IV Cilacap. 

“Kami sangat prihatin dengan yang terjadi di salah satu unit operasi kami yaitu Refinery Unit VI Balongan Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Namun, pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Tengah serta DIY kami pastikan aman dan tidak terdampak”, ujar Brasto. 

3. Ketahanan stok BBM bisa untuk 11 hari

Kebakaran Kilang Balongan Tak Pengaruhi Pasokan BBM dan LPG di Jateng Operator SPBU mengisi BBM pada mobil saat perkenalan kepada konsumen program baru layanan pesan antar BBM Pertamina di SPBU Coco, Sentul City, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/12). ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Dia menyampaikan, bahwa saat ini rata-rata ketahanan stok BBM di Fuel Terminal di Jawa Tengah dan DIY adalah 11 hari. 

“Dengan ketahanan stok tersebut, maka stok aman sehingga konsumen tidak perlu khawatir,” katanya. 

Sementara itu, bagi konsumen yang memiliki pertanyaan dan masukan terhadap pasokan dan distribusi BBM, LPG dan produk lain dari Pertamina dapat menghubungi kontak Pertamina 135. 

Baca Juga: Jateng di Rumah Saja, Beli BBM dan LPG Bisa Pakai Layanan Pesan Antar 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya