Comscore Tracker

Kalahkan 5.000 Pendaftar, 10 Anak Ojol di Jateng Dapat Beasiswa Kuliah D3

Yang dipilih hanya ojol yang punya loyalitas

Semarang, IDN Times - PT Gojek Indonesia sebagai super app di Asia Tenggara terus berupaya memperkuat kemitraan dengan para ojek online (ojol). Untuk tahun ini, Gojek memberikan beasiswa bagi 10 anak ojol agar dapat meneruskan ke jenjang kuliah Diploma III (D3) di sejumlah kampus politeknik yang tersebar di Jawa Tengah.

1. Gojek anggap ada para ojol yang punya loyalitas selama bermitra 10 tahun terakhir

Kalahkan 5.000 Pendaftar, 10 Anak Ojol di Jateng Dapat Beasiswa Kuliah D3Gojek Luncurkan Inisiatif J3K (Dok. IDN Times)

District Head Gojek Area Semarang dan Yogyakarta, Ridzky Novassndro menyebut bahwa apa yang telah dilakukan pihaknya menjadi sebuah apresiasi tersendiri bagi para ojolnya yang telah berdedikasi, memiliki loyalitas dan kejujuran selama bermitra 10 tahun terakhir. 

Ia mengungkapkan pemberian beasiswa kali ini untuk mengangkat taraf hidup keluarga ojol agar anak-anaknya dapat mengenyam pendidikan sampai ke bangku kuliah.

"Kita berikan bantuan beasiswa bagi anak-anak mitra Gojek yang kepengin memperoleh pendidikan tinggi tapi memiliki keterbatasan ekonomi. Beasiswa tahun ini diberikan untuk kuliah di jenjang D3 politeknik. Harapannya mereka bisa mendapat praktek kerja dan bisa menjadi tenaga kerja yang terbaik dan tepat guna," ungkapnya, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga: Bos Gojek Akui Terlalu Naif Mengira Gojek Bisa Tetap Terus Tumbuh

2. Dari 5.000 pendaftar terpilih 10 penerima beasiswa

Kalahkan 5.000 Pendaftar, 10 Anak Ojol di Jateng Dapat Beasiswa Kuliah D3chevening.org

Ia mengaku animo para ojol untuk mendaftarkan anaknya dalam program beasiswa Gojek terbilang sangat tinggi. Bahkan, ketika pendaftaran beasiswa dibuka awal Maret 2020 kemarin, jumlah ojol yang mendaftarkan anaknya sudah melebihi angka 5.000 orang.

Dari hasil seleksi ketat, katanya, pihaknya akhirnya menemukan 10 anak ojol yang dianggap punya prestasi cemelang untuk meneruskan pendidikan di tingkatan D3 politeknik untuk tahun ajaran 2020/2023.

3. Seorang anak ojol di Semarang dapat beasiswa di Polines

Kalahkan 5.000 Pendaftar, 10 Anak Ojol di Jateng Dapat Beasiswa Kuliah D3Robot RAMA ciptaan mahasiswa Polines Semarang uji coba dihadapan Ganjar Pranowo. Humas Jateng/Slam

Di Semarang, Gojek memastikan anak seorang ojol Go Ride bernama Fadhila Setianingrum, berhak mendapatkan beasiswa ke Politeknik Negeri Semarang (Polines).

"Tentunya kita menyambut baik program beasiswa Gojek guna meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang siap kerja. Sudah menjadi fokus politeknik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, baik dari segi teori maupun praktek, sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri," kata Budi Prasetya, Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerjasama Polines dalam keterangannya yang didapat IDN Times.

Pihaknya berharap, beasiswa yang diberikan oleh Gojek bisa memacu semangat pihaknya untuk mencetak banyak lulusan yang terampil untuk menggerakkan perekonomian nasional.

"Kami berharap program Gojek ini terus berlanjut kedepannya," imbuhnya. 

4. Di Yogyakarta ada 3 ojol bisa dapat beasiswa kuliah S1 Kewirausahaan

Kalahkan 5.000 Pendaftar, 10 Anak Ojol di Jateng Dapat Beasiswa Kuliah D3Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Di Kota Gudeg Yogyakarta, Ridzky menambahkan, ada tiga ojol dan tujuh anak ojol juga meraih beasiswa dari pihaknya. Mereka dinyatakan lolos jadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia. 

Nama-nama ojol yang lolos adalah Nur Laila Murtafiqoh dan Purbo Kawido. Purbo diterima sebagai mahasiswa Universitas Mahakarya Asia S1 Kewirausahaan. Ia bahagia setelah jerih payahnya tiga tahun jadi ojol akhirnya berbuah manis.

"Dari dulu saya kepikiran caranya bisa berdikari dengan menjadi enterpreneur. Setelah tiga tahun menjadi mitra Gojek, saya mendapatkan kabar bahwa Gojek Yogyakarta akan memberikan kesempatan kepada 10 mitra atau keluarga mitra untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Kewirausahaan di Universitas Mahakarya Asia. Bagi saya, ini kesempatan langka untuk dapat mempelajari kewirausahaan secara mendalam di bangku perkuliahan," bebernya.

Rektor Universitas Mahakarya Asia, Ferro Ferizka Aryananda mengapresiasi anak mitra Gojek yang punya semangat tinggi untuk terus melanjutkan pendidikannya.

"Selain memberikan beasiswa penuh kepada 10 kandidat terpilih, kami juga membuka kesempatan bagi mitra Gojek dan anak mitra Gojek di Yogyakarta untuk terus melanjutkan pendidikannya dengan program beasiswa parsial," tandasnya.

Baca Juga: Asyik, Sekarang Urus Pajak Kendaraan Bisa Pakai Gojek 

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya