Comscore Tracker

Musim Panen, Ratusan Petani Jateng Pasok Durian Monti Hingga ke Jabar

Saatnya berburu durian

Semarang, IDN Times - Memasuki musim panen di akhir tahun 2019, para petani durian montong di Kecamatan Gunungpati, Semarang menyatakan siap memasok kebutuhan buah durian hingga ke Jawa Barat.

Di awal bulan ini saja, setiap petani mampu memanen lebih dari 1 ton durian varietas montong Gunungpati (monti) di berbagai lahan yang tersebar di wilayah tersebut. 

"Kita sekarang lagi giat-giatnya memanen buah durian. Ada 679 petani durian binaan kita yang mayoritas ada di Gunungpati dan Mijen. Sejak sebulan terakhir jumlah pesanan terus meningkat," kata Ketua Gapoktan Gunungpati 01, Tumidiarso kepada IDN Times, Selasa (10/12).

 

1. Petani jamin kualitas rasa durian monti tidak mengecewakan. Sekilo durian dijual Rp70 ribu

Musim Panen, Ratusan Petani Jateng Pasok Durian Monti Hingga ke JabarTahun ini permintaan buah durian meningkat pesat. IDN Times/Fariz Fardianto

Durian monti yang dipanen di Gunungpati dijual seharga Rp70 ribu per kilogram. Menurutnya saat ini penjualan durian naik dua kali lipat dari kondisi normal.

Lebih lanjut, karena saat ini Gunungpati kerap diguyur hujan lebat, pihaknya sedang berupaya menjaga kualitas durian monti yang dipanen.

Ia menjamin untuk saat ini hampir 70 persen kualitas durian monti yang dipanen tergolong bagus. Rasa buah durian tetap terjaga dengan baik dengan daging yang tebal.

"Kita perkirakan kualitas durian monti saat ini 70 persen bagus. Kita akan ganti kalau ada durian yang dibeli dari sini kondisinya busuk dan rasanya hambar," terangnya.

Baca Juga: 7 Olahan Durian yang Lumernya Bisa Bikin Kamu Meleleh

2. Penjualan durian meningkat pesat. Dalam sepekan 1 ton durian dikirim ke Kudus, Surabaya, Jakarta hingga Purwakarta

Musim Panen, Ratusan Petani Jateng Pasok Durian Monti Hingga ke JabarPixabay/PublicDomainPicture

Sejumlah pemesan durian monti, katanya kini berdatangan dari daerah-daerah sekitar Pulau Jawa. Mulai Surabaya, Bandung, Jakarta, Kudus, Kendal, Yogyakarta hingga beberapa daerah Jabar macam Purwakarta.

"Setiap Minggu kita kirim 1 kuintal sampai 1 ton ke daerah-daerah seperti Bandung, Purwakarta, Ciamis, Yogyakarta, sampai Surabaya. Orang kantor dinas juga sering kemari buat pesan durian dalam jumlah banyak," akunya.

3. Durian yang dipanen di Jateng saat ini sudah mencapai ratusan ribu ton

Musim Panen, Ratusan Petani Jateng Pasok Durian Monti Hingga ke Jabarwww.foodnavigator-asia.com

Sedangkan, Kabid Holtikultura Distanbud Jateng, Awignam Astu menyebut dari laporan di kabupaten/kota, hasil panen durian hingga Triwulan III mengalami peningkatan. Yakni Triwulan I sebanyak 118.765 ton, Triwulan II sebanyak 20.473 ton dan Triwulan III ada sebanyak 269 ton. 

"Kita berharap durian yang dihasilkan dari Jawa Tengah dapat diekspor sehingga mampu mendongkrak perekonomian warga sekitar. Kalau semakin banyak populasi durian, pasti dilirik juga oleh pasar luar negeri. Makanya upaya yang kita lakukan sekarang dengan menggerakan penanaman bibit pohon durian di berbagai daerah," tandasnya.

Baca Juga: Akhir Tahun Investor Incar Bisnis Durian Montong Gunungpati

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya