Comscore Tracker

Pinjaman Online Kantor Pos Bagi Pensiunan ASN, TNI/Polri Cek Syaratnya

Para pensiunan bisa dapatkan modal usaha dengan mudah

Semarang, IDN Times - PT Pos Indonesia yang selama ini dikenal sebagai perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang jasa logistik, mulai melakukan sebuah terobosan. Dengan menggandeng pihak Koperasi Nusantara Pos alias Kopnuspos, mereka kini membuka layanan pinjaman modal usaha yang bisa diakses secara online. 

Di wilayah Jawa Tengah dan DIY, PT Pos membidik 60.000 lebih pensiunan ASN dan TNI/Polri agar turut mengakses pinjaman secara online. "Karena masih ada 60 ribuan pensiunan di wilayah kita yang belum punya pinjaman, maka mereka yang jadi target kami agar ikut melakukan simpan pinjam di Kopnuspos," kata Deputy Jaringan Layanan dan Keuangan PT Pos Indonesia Wilayah Jateng dan DIY, Agung Purwanto, Rabu (9/6/2021).

1. Pensiunan ASN, TNI/Polri wajib bawa SK pensiun untuk dapatkan pinjaman dari Kopnuspos

Pinjaman Online Kantor Pos Bagi Pensiunan ASN, TNI/Polri Cek Syaratnyailustrasi pensiunan nasabah BRI (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Agung mengatakan dengan mengakses layanan simpan pinjam di Kopnuspos, setiap pensiunan bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman dana dengan nominal bervariasi.

Ia menyebut dana pinjaman bisa digunakan oleh pensiunan untuk membuka usaha sehingga bisa mengisi waktu luangnya di masa tua.

Selama ini saja, katanya animo para pensiunan ASN dan TNI/Polri yang mengakses pinjaman dari Kopnuspos sangat tinggi. "Kita saat ini punya cabang Kopnuspos di Semarang untuk menjangkau para pensiunan yang ingin mendapatkan pinjaman dengan akses yang nyaman dan gampang. Mereka cukup membawa SK pensiunan sebagai agunannya," ujarnya.

Baca Juga: Catat! Ambil Bansos di Kantor Pos Tak Perlu Bawa KTP Cukup Scan Wajah 

2. Pensiunan ASN, TNI/Polri wajib bawa SK pensiun untuk dapatkan pinjaman dari Kopnuspos

Pinjaman Online Kantor Pos Bagi Pensiunan ASN, TNI/Polri Cek SyaratnyaIlustrasi prajurit TNI AD (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Terpisah, FX Bambang Suranggono, Kepala Dinkop UMKM Kota Semarang menyatakan di kantor cabang Kopnuspos Semarang, para pensiunan bisa mengakses pencairan dana secara online. Mulai dari pendaftaran, pembukaan buku pinjaman sampai mencairkan uangnya. 

"Ini jadi contoh bahwa koperasi juga sudah memasuki era revolusi indistri 4.0. Dan juga bisa membantu para pensiunan ASN dan TNI/Polri yang bertugas di Semarang. Pinjaman bisa dilakukan dengan cepat dan mudah," ujarnya.

3. Kopnuspos ajak pensiunan pinjam modal usaha

Pinjaman Online Kantor Pos Bagi Pensiunan ASN, TNI/Polri Cek SyaratnyaLogo Koperasi (Dok.PPKL Kemenkop-UKM)

Sedangkan, Kepala Kopnuspos Jateng-DIY Sandy Indrawan mengaku sudah ada 16 cabang kantornya yang tersebar di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dengan menonjolkan layanan digitalisasi, pihaknya ingin mengakomodir semua pensiunan yang kepengin mendapatkan dana untuk modal usaha.

"Nantinya juga mengakomodir UMKM untuk diberdayakan oleh Kopnuspos. Kantor kita bisa dijadikan tempat display produk UMKM. Sejak Kopnuspos berdiri tahun 2004, animo masyarakat memang sangat tinggi. Terutama yang melakukan simpanan berjangka," terangnya.

Baca Juga: Lewat Program Pos Migran, TKI Bisa Kirim Uang Lewat PT Pos Indonesia

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya