Comscore Tracker

Menkominfo Luncurkan Jaringan 5G di Solo, Kecepatan Download 816 Mbs

Jadi kota pioner percepatan telekomunikasi

Surakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G bersama Wali Kota Gibran Rakabuming Raka Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, dan Komisaris Utama Wishnutama Kusubandio meluncurkan jaringan 5G di Kota Solo.

Baca Juga: Daftar Harga Paket Data Internet 5G Telkomsel yang Baru Diluncurkan

1. Solo jadi pioner 5G

Menkominfo Luncurkan Jaringan 5G di Solo, Kecepatan Download 816 MbsPeluncuran jaringan 5G di Kota Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Menkominfao, Johny G Plate mengatakan peluncuran 5G di Solo ini menjadi sejarah baru di telekomunikasi di Indonesia. Kota Solo, sebagai salah satu dari 9 kota di Indonesia yang dijadikan sebagai Perintis 5G.

"Tahun 2021 ini merupakan tahun bersejarah dalam industri telekomunikasi Indonesia dalam mengawali deployment 5 G, menandai satu langkah revolusioner untuk perkembangan telekomunikasi dan digitalisasi Indonesia," ujar Johnny.

Jhonny berharap dengan diluncurkannya jaringan 5G di Kota Solo ini akan mendorong perkembangan segala sektor di Kota Solo dengan cepat.

Kota Solo dipilih menjadi salah perintis 5G dikarenakan ekosistemnya sudah memenuhi persyaratan dan secara komesial memungkinkan. Tersedia pasar, infrastuktur dan dengan semua kemudahan serta rintisan berbagai bidang antara lain olah raga, pers dan terakhir keperintisan dalam teknologi informatika.

2. Operator 4G diminta perkuat jaringan

Menkominfo Luncurkan Jaringan 5G di Solo, Kecepatan Download 816 MbsPeluncuran jaringan 5G di Kota Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Lebih lanjut, Johnny mendorong operator 4G untuk memperkuat jaringan dan ekosistem di berbagai daerah yang belum padat jaringannya dan belum terbentuk ekosistemnya.

"Bagi operator 4G jangan patah semangat, masih banyak tempat dan ruang untuk digarap, Indonesia sangat luas. Jaringan 5G itu netral, tanpa memandang operatornya, semua bisa digunakan. Karena itu operator harus memperkuat jaringan dan membentuk ekosistem, sebab layanan 5G akan beroperasi di daerah yang sudah kuat jaringannya dan sudah terbentuk ekosistemnya," kata Johny.

3. Punya kecepatan download dan upload lebih cepat

Menkominfo Luncurkan Jaringan 5G di Solo, Kecepatan Download 816 MbsPeluncuran jaringan 5G di Kota Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan layanan 5G di Solo memiliki kecepatan download dan upload yang cukup kencang, yaitu sebesar 816 Mbs untuk download, dan 30 Mbps untuk upload. Ia berharap masyarakat Solo bisa menikmati layanan 5G Telkomsel itu meski jangkauannya memang masih terbatas.

"Hadirnya Telkomsel 5G ini merupakan simbol komitmen kami untuk memajukan setiap daerah sebagai pondasi ekosistem digital nasional yang inklusif berkelanjutan,” pungkasnya.

Selain di wilayah Jabodetabek dan Solo, jaringan 5G yang berada di frekuensi spektrum 2,3 GHz dan punya kecepatan 20 hingga 100 kali dari 4G itu juga akan beroperasi di Medan, Balikpapan, Denpasar, Batam, Surabaya, Bandung, dan Makassar.

Baca Juga: Tertutup, Staf Khusus Temui Gibran di Solo, Sampaikan Arahan Jokowi

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya