Comscore Tracker

Menghadapi Suhu Panas, Ini 4 Tips Praktis Jaga Kesehatan

Jaga makanan bergizi hingga berolahraga

Kudus, IDN Times - Suhu panas dirasakan oleh warga di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali warga di wilayah Kabupaten Kudus. Di Kudus hari Rabu (23/10) ini suhu mencapai 35 derajat celcius.

Lantas bagaimana untuk menjaga kesehatan di suhu panas seperti sekarang. Tim IDN Times berupaya untuk mengetahui tentang tips kesehatan dari salah satu dokter di RS Mardi Rahayu Kudus. Ada beberapa tips menjaga kesehatan pada musim panas seperti ini.

Dokter RS Mardi Rahayu Kudus dr. Gladys Irma Hartono menjelaskan, tubuh tentu saja dituntut harus mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu jika tidak ingin jatuh sakit. Oleh karena itu, lakukan beberapa tips di bawah ini supaya stamina tetap fit saat musim pancaroba.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Cuaca Panas

1. Cukup asupan makanan bergizi

Menghadapi Suhu Panas, Ini 4 Tips Praktis Jaga KesehatanIDN Times/Google

Pertama untuk mengaja kesehatan saat suhu panas seperti ini yakni meningkatkan asupan makanan bergizi. Makanan bukan hanya merupakan sumber energi tetapi juga merupakan sumber nutrisi utama bagi tubuh. dr. Gladys Irma Hartono menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Terutama yang mengandung vitamin C, zat besi dan protein.

“Hal ini supaya kekebalan tubuh tetap terjaga. Perbanyak sayuran dan buah. Serta hindari makanan cepat saji atau tinggi lemak,” terang dia, Rabu (23/10). 

2. Minum air putih yang cukup

Menghadapi Suhu Panas, Ini 4 Tips Praktis Jaga KesehatanIDN Times/Google

Tips kedua, kata dia adalah minum air putih yang cukup. Selain mencukupi asupan makanan bernutrisi, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian.

Jika kebutuhan cairan tubuh tidak tercukupi, rentan terjadi dehidrasi yang dapat mengganggu kinerja berbagai organ termasuk daya tahan tubuh. Kebutuhan cairan masing-masing orang berbeda-beda tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan.

“Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi setiap hari, antara 1200 ml hingga 2000 ml atau sekitar 8 gelas sehari. Hindari konsumsi minuman bersoda, tinggi gula, atau kafein, karena akan mudah membuat perut kembung,” jelas dia.

Baca Juga: Suhu Kota Semarang Tembus 39 derajat Celcius, BMKG: Rekor Suhu Tinggi

3. Istirahat yang cukup

Menghadapi Suhu Panas, Ini 4 Tips Praktis Jaga KesehatanIDN Times/Google

Tips berikutnya, adalah istirahat yang cukup. Menurutnya, setelah kebutuhan nutrisi dan cairan tercukupi, harus melengkapinya dengan istirahat yang cukup. Tidur merupakan waktu bagi organ tubuh untuk beregenerasi setelah bekerja tiap hari.

“Jika terlalu sering begadang atau kurang tidur maka regenerasi sel tidak berjalan dengan baik dan bisa berpengaruh terhadap daya tahan. Tidur minimal 6-8 jam per hari dan hindari kebiasaan yang mengganggu kualitas tidur seperti main handphone atau makan sesaat sebelum tidur,” ungkapnya.

4. Sempatkan untuk berolahraga

Menghadapi Suhu Panas, Ini 4 Tips Praktis Jaga KesehatanIDN Times/Google

Lanjut dia, langkah yang tidak ketinggalan adalah sempatkan waktu untuk berolahraga. Jangan jadikan cuaca yang tidak menentu selama musim pancaroba sebagai alasan untuk malas berolahraga. Pasalnya tanpa berolahraga, daya tahan tubuh akan semakin berkurang.

Akibatnya, penyakit musiman di saat pancaroba datang pun akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, biasakan olahraga setiap pagi hari, minimal 30 menit. Tidak perlu memilih jenis latihan yang sulit, Anda bisa mencoba untuk lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Baca Juga: Mengenal 7 Cuaca Paling Aneh dan Ekstrem yang Terjadi di Luar Angkasa

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya