Comscore Tracker

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga Villain

Kamu sudah tahu belum tipe sihir apa saja yang ada di MCU?

Dalam fase keempat MCU, kita sebagai penonton diperlihatkan dengan semakin pentingnya peran kekuatan sihir dalam dunia sinematik ini. Nah, ada banyak karakter yang bisa menggunakan kekuatan sihir di MCU.

Buat kamu yang bingung membedakan tipe-tipe sihir mereka, kamu bisa membedakannya dari warna visual sihir tersebut misalnya hijau, merah atau ungu.

Selama bertahun-tahun, MCU telah mengubah persepsi dan pandangan tentang sihir. Sekarang, sihir idak hanya menjadi senjata utama dari Doctor Strange dan Masters of the Mystic Arts, tetapi menjadi bagian dari plot utama MCU. Selain film Doctor Strange, film seperti Thor dan serial WandaVision juga banyak menghadirkan unsur sihir. 

Nah, kamu tahu tidak ada berapa macam sihir yang ada di franchise MCU? Kalau kamu belum tahu, berikut adalah 7 tipe sihir yang ada di MCU.

Baca Juga: 7 Film Marvel Cinematic Universe dengan Rating Tertinggi

1. Chaos Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainWanda Maximoff saat menggunakan Chaos Magic dalam serial WandaVision (dok. Marvel Studios/WandaVision)

Dalam serial WandaVision, kita diperlihatkan bagaimana cara Wanda Maximoff bertansformasi menjadi Scarlet Witch. Wanda menggunakan sihir yang bernama chaos magic dan dirinya berubah menjadi Scarlet Witch. Chaos magic berasal dari Elder God bernama Chthon, salah satu makhluk paling kuat yang pernah menjelajahi Bumi.

Dalam versi komik, Wanda mendapatkan sihir ini saat ia masih anak-anak. Berbekal kemampuan ini, Wanda dapat membentuk sebuah universe atau realitas, terlihat bagaimana Wanda menciptakan Westview dan memanipulasi kehidupan orang-orangnya untuk menciptakan dunia fantasinya sendiri.

2. Dark Dimension Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainSosok Dormamu dalam film Doctor Strange (dok. Marvel Studios/Doctor Strange)

Dalam film Doctor Starne,  aturan bagi seorang Masters of the Mystic Arts adalah bahwa dilarang menggunakan dark dimension magic. Salah satu orang yang berada di Kamar-Taj, Baron Mordo merasa sangat kesal dan kecewa kala The Ancient One menggunakan sihir ini dan melanggar aturan.

Menyalurkan kekuatan dari alam Dormammu dapat memberikan kekuatan yang luar biasa bagi seorang penyihir. Namun, cara ini sangat berbahay karena dark dimension magic dapat membuka pintu bagi penyihir untuk dirasuki oleh kekuatan jahat dari Dormammu.

3. Dark Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainAgatha Harkness dalam serial WandaVision (dok. Marvel Studios/WandaVision)

Kekuatan dari dark dimension  bukanlah satu-satunya sihir jahat yang dapat digunakan oleh karakter MCU. Ada juga dark magic yang berwarna ungu. Kekuatan sihir ini yang digunakan oleh Agatha Harkness (Kathryn Hahn) dari Darkhold dalam pertarungannya dengan Wanda dalam serial WandaVision.

Dark Magic muncul lagi di serial Moon Knight episode 2. Saat itu, Arthur Harrow menggunakan tongkat Ammit untuk memanggil serigala. Dalam proses pemanggilannya, energi berwarna ungu terpancar dari tongkat tersebut. Warnanya telah memberikan kesan bahwa Darkhold hanyalah salah satu dari sumber kekuatan dark magic.

4. Jotun Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainPasukan Frost Giants dalam film Thor (dok. Marvel Studios/Thor)

Bahkan tanpa asuhan Frigga, Loki sudah memiliki kekuatan sihir. Anggota dari rasi Loki, Frost Giants dari Jotunheim, mampu menggunakan jotun magic. Kemampuan ini memungkinkan mereka untuk memanipulasi air dan es.

Jotun magic inilah yang memungkinkan Laufey dan sekutunya membentuk es menjadi senjata dalam film Thor. Dengan mengendalikan es, mereka dapat dengan mudah membuat baju besi, tombak, belati, dan pedang yang cukup kuat untuk digunakan dalam pertempuran melawan pasukan dari Asgard.

5. Asgardian Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainAsgardian Magic (dok. Marvel Studios/Loki)

Asgardian magic adalah sihir yang pertama muncul dalam MCU. Dewa seperti Odin dapat menggunakan sihir ini untuk mengendalikan energi magis yang kuat dan menggunakannya untuk berbagai tujuan. Di antara penyihir Asgard yang bisa menguasai kekuata ini adalah ibu Thor, Frigga, yang belajar sihir dari sekelompok penyihir. Setelah itu, dia mengajarkan keahliannya kepada Loki.

Sihir ini memiliki warna visual hijau. Dengan sihir ini, Loki dapat menciptakan ilusi, di mana ia dapat dengan mudah menyamarkan dirinya dengan tampilan yang sama sekali berbeda, dan membuat proyeksi dirinya untuk mengelabui lawan-lawannya.

6. Eldritch Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainDoctor Strange saat menggunakan kekuatan sihir (dok. Marvel Studios/Doctor Strange)

Kekuatan sihir ini pertama kali muncul dalam film Doctor Strange. Eldritch magic adalah nama yang diberikan untuk kekuatan yang dimiliki oleh Masters of the Mystic Arts. Sihir iapat digunakan dan dikontrol oleh manusia, dengan syarat mereka adalah yang memiliki pikiran yang telah berlatih selama bertahun-tahun dalam merapal mantra.

Sebagai ahli Eldritch magic, Doctor Strange bisa dibilang salah satu karakter terkuat di alam semesta MCU. Penguasaannya terhadap jenis sihir ini memberikannya senjata yang tak terhitung jumlahnya. Strange dapat membuat ilusi, melepaskan segala macam mantra ofensif dan defensif, melakukan perjalanan ke dimensi yang berbeda, dan banyak lagi.

7. Darkhold Magic

7 Tipe Sihir Tokoh Marvel Cinematic Universe, Avengers Hingga VillainWanda saat menggunakan The Darkhold (dok. Marvel Studios/WandaVision)

The Darkhold adalah buku mantra yang terdiri dari sihir gelap, mengandung pengetahuan tak terbatas dan dibuat di Neraka. Cara kerja dari The Darkhold mirip dengan dark dimension magic, di mana penggunanya akan dirasuki oleh kekuatan jahat.

Halaman-halaman pada The Darkhold bisa berubah, tampak kosong bagi sebagian orang, tetapi bagi mereka yang terampil, halaman The Darkhold akan ditulis dalam bahasa ibu mereka.

Jika kamu disuruh memilih, kamu pengen memiliki kekuatan sihir tipe apa? Dan alasannya kenapa?

Baca Juga: 7 Duo Superhero Marvel Favorit Penggemar di MCU! 

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya