Comscore Tracker

Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun Vakum

Band rock akan berkolaborasi dengan penyanyi Jawa.

Surakarta, IDN Times - Event Rock In Solo 2021 kembali digelar setelah 6 tahun vakum. Berbeda dengan sebelumnya, Rock In Solo kali ini akan berkolaborasi dengan musik tradisional.

Baca Juga: Profil Gibran Rakabuming Raka, Putra Jokowi Jadi Wali Kota Solo

1. Digelar kembali setelah vakum selama 6 tahun

Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun VakumJumpa pers Rock in Solo 2021. IDNTimes/Larasati Rey

Festival yang akan digelar pada tanggal 18 Desember 2021 di Hall Terminal Tirtonadi Solo tersebut mengangkat tema Apokaliptika: A Journey Of Rock In Solo yang memiliki maksud beradaptasi dengan perubahan zaman. Adapun yang menjadi bintang utamanya adalah band Down For Life.

Penyelenggara Rock in Solo, Stephanus Adjie mengatakan bahwa sebenarnya acara tersebut sudah ia bicarakan denngan Wali Kota Solo sebelumnya, F.X Rudy pada tahun 2019 lalu. Lantaran terkendala pandemik COVID-19, acara itu baru kembali bisa dilaksanakan pada akhir tahun ini. Sebelumnya, event Rock in Solo sudah tak lagi digelar oleh Pemkot sejak tahun 2015 lalu, hingga saat tahun 2021 acara tersebut kembali lagi digelar.

"Kemudian di awal 2021 ini kami intens dengan mas Gibran, kemudian mas Gibran 'mas bikin lagi yuk, tapi keadaan pandemi ini ya disiapkan saja karena keadaan mulai membaik, tapi kami juga harus menyesuaikan dengan segala regulasi yang ada, kata Adjie, Senin (22/11/2021).

Masih dalam keadaan pandemi, Adjie mengatakan festival musik itu akan dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang ada. Ia juga mengatakan, festival musik keras itu tidak akan seperti pada festival musik seperti biasanya yang hanya bisa dinikmati dengan duduk saja.

"Kebetulan kami Rock In Solo ini tidak akan kemudian hanya berhenti menjadi satu festival dalam setahun cuma sekali saja. Kami pengennya itu akan ada rangkaian berbagai macam acara itu karena ketika bicara roh itu nggak cuma musiknya saja kan berarti tapi dalam banyak aspek dari segi lain ya itu puncaknya di tahun depan itu mungkin akan digelar ya pasti akan lebih mengejutkan," paparnya.

2. Berkolaborasi dengan penyanyi Jawa

Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun VakumJumpa pers Rock in Solo 2021. IDNTimes/Larasati Rey

Sebagai pembeda, sang bintang tamu grub rock Downforlife nantinya akan berlokaborasi dengan dengan musik kontemporer jawa dari Gondrong Gunarto. Selain itu, akan dilengkapi juga dengan koreografi dari Luluk Ary yang akan menghipnotis penonton.

Kolaborasi nantinya juga akan mengundang penyanyi Endah Laras, Whawin Laura, Pecas Ndahe, untuk tampil pada festival musik yang rencananya akan digelar selama 2 jam tersebut.

"Kenapa dengan musisi lintas genre, ya sebenarnya kami pengen menunjukkan bahwa rock itu bukan satuan yang kaku gitu, dengan gamelan gitu pun tanggapan mereka juga sangat luar biasa baik dari mbak Endah Laras, mas Whawin, semua ketika kita ajakin ini mereka sangat tertantang semua gitu," kata dia.

3. Penonton dibatasi 500 orang

Gibran Bakal Bangkitkan Lagi 'Rock in Solo' Setelah 6 Tahun VakumJumpa pers Rock in Solo 2021. IDNTimes/Larasati Rey

Bakal diselenggarakan di Tirtonadi Convention Hall, Rock In Solo 2021 akan membuka kuota bagi penonton sebanyak 500 orang. Tiket pertunjukan tersebut akan dijual secara online seharga Rp57 ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk tes antigen yang akan dibuka di 10 Puskesmas di Kota Solo.

Tak hanya itu, tentunya penonton yang hendak menyaksikan juga harus sudah di vaksin, minimal tahap pertama.

"Kami harus memastikan bahwan 500 orang ada di Terminal Tirtonadi Convention Hall itu nanti benar-benar memenuhi protokol kesehatan kita traffic screening mereka masuk itu benar-benar memperhatikan bagaimana tesnya sampai di dalam, penataan tempat duduk lay out juga memang diperhatikan banget jadi lebih keras iya, kami lebih milih Rock In Solo seperti biasa nggak sepusing ini," ujarnya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan saat ini kondisi COVID-19 sudah mulai membaik, dan sejumlah event-even di Solo bisa kembali di gelar. Ia mengaku sudah berkoordinasi persiapan acara itu hanya butuh waktu yang singkat.

"Ya ini simpel aja, ya kemarin terima kasih mas Adjie yang kemarin mendukung inisiasi saya untuk menghidupkan event ini karena sekali lagi di tengah pandemi kita nggak boleh berhenti. Ya justru ini kita di level 2 dengan kasus yang semakin menurun kita harus menggenjot lagi event kita," kata Gibran.

Gibran menambahkan, dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga ikut serta dalam acara tersebut. Beberapa diantaranya adalah publikasi, sponsor, terminal Tirtonadi, dan juga lainnya.

Baca Juga: Habib Novel Ingatkan Gibran Program Solo Bersholawat Warisan Jokowi

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya