Comscore Tracker

Cara Kenali Ciri dan Modus Operandi Calo CPNS 2019 ala Ganjar Pranowo

Segera laporkan jika kamu menemukannya ya

Semarang, IDN Times - Menjelang perhelatan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mewanti-wanti kepada para peserta agar menghindari calo. Ganjar bahkan memberikan ciri-ciri dan modus operandi dari calo CPNS yang kerap gentayangan pada kegiatan seleksi tersebut.

Baca Juga: CPNS 2019, Rincian Formasi Lulusan SMA yang Dibuka Kejaksaan RI

1. Umumnya calon menawarkan janji manis dan bertarif

Cara Kenali Ciri dan Modus Operandi Calo CPNS 2019 ala Ganjar PranowoIlustrasi PNS/Korpri.ID

Ciri-ciri pertama calo CPNS adalah mereka menawari kepada para peserta, keluarga peserta, ataupun sanak saudara peserta. Tawarannya dengan menjanjikan peserta bisa masuk lolos tes CPNS dan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain iming-iming bisa memasukkan, ciri penting dari calo CPNS adalah meminta bayaran dari peserta. Peserta diminta membayarkan sejumlah uang sebagai tanda jadi atau kompensasi.

"Jadi kalau ada yang menawari bisa memasukkan dan bayar sudah pasti itu calo," kata Ganjar dikutip IDN Times dari keterangan resmi yang diterima, Jumat (8/11).

2. Berharap masyarakat proaktif melaporkan calo CPNS

Cara Kenali Ciri dan Modus Operandi Calo CPNS 2019 ala Ganjar Pranowojatengprov.go.id

Ganjar meminta kepada masyarakat untuk proaktif, jika menemukan adanya calo CPNS. Ia juga tidak segan akan menyerahkan oknum calo kepada pihak berwajib.

"Segera laporkan, ketak ndase (red: saya pukul kepalanya). Kalau ada direkam, difoto, syukur-syukur divideo biar kita laporkan polisi, jaksa. Saya mengingatkan, karena ini benar-benar transparan, harapan saya hindari calo," jelas Ganjar.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, imbuhnya, akan menyiapkan sebuah help desk, yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan temuan adanya praktik calo CPNS.

3. Akan ada beragam simulasi menjelang tes

Cara Kenali Ciri dan Modus Operandi Calo CPNS 2019 ala Ganjar PranowoIDN Times/Ilustrasi

Tahapan seleksi CPNS untuk Pemprov Jateng dimulai pada 11 hingga 26 Nopember 2019. Ada sebanyak 1.409 formasi yang dibuka, dengan jumlah formasi terbanyak adalah 551 formasi untuk Tenaga Guru, 542 formasi Tenaga Teknis, dan 316 formasi Tenaga Kesehatan.

Pelaksanaan ujian seleksi CPNS Pemprov Jateng akan dilakukan pada Februari 2020, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Pemprov Jateng, tambah Ganjar, menyiapkan sejumlah simulasi menjelang pelaksanaan tes.

"Akan ada simulasi, simulasi mengoperasikan komputer dan simulasi ujian. Termasuk simulasi keramaian. Karena server ada di Jakarta, kita siapkan sarana hardware di sini. Ketiga simulasi keramaian. Antisipasi cuaca, alokasi waktu, konsumsi dan sebagainya. Apakah nanti perlu tenda atau bagaimana," ungkap Ganjar.

4. Penyedia komputer turut diawasi secara khusus

Cara Kenali Ciri dan Modus Operandi Calo CPNS 2019 ala Ganjar PranowoAntara Foto/Adeng Bustomi

Lebih dari itu, Pemprov Jateng turut melakukan pengawasan khusus kepada pihak penyedia komputer, untuk menghindari dan meminimalisir aksi kecurangan serta terjadinya ketidak mampuan perangkat saat ujian berlangsung. Karena peserta tes CPNS pada tahun lalu mencapai 56 ribu orang.

"Kita akan awasi secara khusus kepada pemenang tender. Seleksi (tahun) ini diprediksi bakal diikuti sekitar 70 ribu pendaftar," tegas Ganjar.

Baca Juga: Terbaru! Pelamar CPNS 2019 di Jateng Dilarang Pakai Cadar saat Tes

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You