Comscore Tracker

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa 

Lawan raksasa bersenjatakan empat bungkusan

Cerita rakyat Timun Mas berasal dari Jawa Tengah. Kisah ini menceritakan tentang keberanian seorang gadis melawan Raksasa.

Gadis tersebut bernama Timun Mas, ia terlahir dari sebuah mentimun yang besar. Timun Besar itu berasal dari perjanjian antara Raksasa dan Janda tua.

Berikut adalah cerita rakyat populer di Jawa Tengah mengenai Timun Mas yang pemberani.

Baca Juga: Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda 

1. Berawal dari Mbok Srini yang tinggal sebatang kara ingin punya anak

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa ilustrasi wanita tua. internet

Kisah Timun Mas berawal dari Mbok Srini. Wanita paruh baya tersebut  yang hidup sebatang kara setelah ditinggal oleh suaminya, dan ia tidak memiliki anak.

Melawan rasa kesedihannya sebab hidup sebatang kara Mbok Srini berharap dan berdoa agar memiliki seorang anak yang dapat melengkapi dan menemani hidup Mbok Srini, namun harapan itu harus pupus karena suaminya telah tiada.

2. Raksasa datang memerintahkan Mbok Srini pergi ke hutan

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa unsplash.com/@skamenar

Suatu malam yang panjang seperti biasanya Mbok Srini tidur sendirian dibawah dingin malam. Namun kali ini agak berbeda karena ia bermimpi tentang sosok Raksasa yang menawarkan keajaiban.

Di Dalam mimpinya Raksasa tersebut memberi perintah kepada Mbok Srini untuk pergi ke hutan mengambil kayu bakar seperti biasa, dan mendatangi sebuah pohon besar. Dipohon besar tersebut banyak sajian, dan Raksasa menyuruhnya untuk mengambil satu benda dibawah pohon itu.

3. Perjanjian rahasia raksasa dan Mbok Srini

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa Sumber Gambar: sportourism.com

Ketika bangun dari tidurnya Mbok Srini melakukan aktivitas seperti biasa dan mengabaikan mimpinya. Namun betapa terkejutnya saat itu Mbok Srini melihat ada sajian dibawah pohon besar seperti yang dikatakan Raksasa.

Tanpa pikir panjang Mbok Srini mengambil satu benda berupa bungkusan yang berisi biji timun. Dalam perjalanan pulang Mbok Srini mengingat dalam mimpinya bahwa Raksasa berkata biji ini akan memberikannya anak perempuan yang cantik.

Raksasa juga memberitahu bahwa ketika anak dari biji timun ini sudah tumbuh dewasa, harus diserahkan kepadanya. Karena akan dia jadikan bahan santapannya.

4. Lahirnya Timun Mas yang Cantik

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa pertanianku.com

Mbok Srini segera menanam biji timun tersebut dipekarangannya. Betapa terkejutnya ketika esok hari Mbok Srini melihat sebuah timun yang sangat besar telah tumbuh di tempat kemarin dia menanam biji.

Dengan hati-hati Mbok Srini membelah timun besar tersebut. Lalu terdengar suara tangis anak bayi perempuan menggelegar dari isi timun yang ketika dibelah mengeluarkan cahaya emas.

Rasa syukur Mbok Srini meluap, dan menamakan gadis tersebut dengan nama Timun Mas. Timun Mas tumbuh menjadi gadis cantik, dan cerdas. Mbok Srini merawat Timun Mas dengan rasa sayang yang sangat besar layaknya anak yang ia lahirkan dari Rahim sendiri.

5. Rahasia Besar yang terungkap, raksasa datang menagih janji

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa Sumber Gambar: wikimedia.com

Hampir lebih dari sewindu Mbok Srini menutupi aib rahasianya dengan Raksasa, tapi ia merasa bahwa hari itu akan tiba, ketika ia memimpikan Raksasa kembali dan Raksasa tersebut memperingatkan Mbok Srini untuk segera menyerahkan Timun Mas.

Kegelisahan Mbok Srini dilihat sangat jelas oleh Timun Mas. Timun Mas memaksa menceritakan hal dibalik kecemasaan ibunya belakangan ini. Dengan terpaksa Mbok Srini menceritakan asal usul Timun Mas dan perjanjian dengan Raksasa.

Timun Mas terkejut dan merasakan ancaman akan datang kepada dirinya. Namun ia tidak lari justru memikirkan cara bagaimana menghindari Raksasa tersebut.

6. Pertarungan sengit Timun Mas yang cerdik dengan raksasa

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa Ilustrasi pertarungan, perkelahian. (Unsplash.com/Clay Banks)

Mbok Srini dan Timun Mas sama-sama memikirkan cara melawan Raksasa itu. Menurut mereka janji seperti tidak bisa dibiarkan, tidak selayaknya manusia menjadi makanan Raksasa, terlebih itu adalah Timun Mas yang sangat Mbok Srini sayangi.

Akhirnya mereka menemukan sebuah cara yang dapat membuat Raksasa kalah dalam pertarungan. Mbok Srini meminta Timun Mas pergi bertapa dengan membawa beberapa bungkus benda yang akan dijadikannya senjata ketika Raksasa menghampiri Timun Mas.

Tak lama kemudian Raksasa datang ke rumah Mbok Srini menagih Timun Mas untuk dibawa kepadanya. namun Mbok Srini mengelak bahwa Timun Mas sedang sakit dan tidak bisa dibawa pergi, bisa saja dia akan mati di pertengahan jalan sehingga tidak akan enak ketika disantap menjadi makanan.

Namun Raksasa mencium kebohongan tersebut. Raksasa mengobrak-abrik semua benda yang terdapat di rumah Mbok Srini dan mencari Timun Mas pada setiap celah sudut rumah. Tapi tidak ada Timun Mas disana.

Akhirnya, Raksasa menyadari bahwa timun mas pergi ke pertapaan dan ia langsung bergegas kesana.

7. Lawan raksasa bersenjatakan empat bungkusan

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa ilustrasi bertukar kado (unsplash.com/kadh)

Disana Timun Mas sudah siap dengan empat bungkus senjatanya. Ketika Raksasa datang menghampirinya ia langsung berlari ke tengah hutan tanpa rasa takut, namun langkah Raksasa lebih besar dan hampir ingin menggapai Timun Mas yang kecil itu.

Timun Mas langsung menebarkan satu bungkus biji timun, dan seketika hutan tersebut dipenuhi timun yang besar, lalu membuat raksasa kesulitan berjalan, tapi tetap bisa hampir menyusul Timun Mas.

Kedua, Timun Mas menaburkan bungkusan berisi jarum, dan hutan di sekitarnya berubah menjadi pohon bambu runcing. Akan tetapi tidak membuat Raksasa mundur.

Ketiga, Timun Mas menaburkan garam, lalu hutan di sekitarnya berubah seolah menjadi laut dengan genangan air yang luas. Akan tetapi Raksasa tetap mampu berjalan dan mengejarnya.

Dan terkahir, dengan sangat pasarah dan sedikit rasa takut. Timun Mas menaburkan terasi lalu hutan di sekitarnya merubah menjadi lumpur.

8. Kekalahan raksasa dari Si Timun Mas Gadis yang cerdik

Cerita Rakyat Jawa Tengah, Timun Mas si Gadis Cerdik Kalahkan Raksasa Ilustrasi tenggelam. (dok. IDN Times/bt)

Saat hutan berubah menjadi lumpur, Raksasa tidak mampu bergerak, dan lama-kelamaan tenggelam larut ke dalam lumpur.

Timun Mas selamat dari kejaran Raksasa. Ia kini bisa hidup bebas dan bahagia bersama ibunya Mbok Srini tanpa rasa takut.

Demikianlah cerita rakyat jawa tengah si timun mas gadis cantik yang cerdik. Dapat ambil pelajaran dari cerita ini. Bahwa semua permasalahan pasti memiliki jalan keluar tidak peduli masalah tersebut sebesar apapun.

Dengan melihat tubuh Timun Mas yang lebih kecil dari Raksasa namun bisa mengalahkan Raksasa. Dapat menjadikan motivasi untuk anda bahwa masalah sebesar raksasa pun dapat dikalahkan dengan tekad kuat, rasa berani, dari diri anda sendiri.

Baca Juga: Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan, Asmara Tragis Manusia dan Bidadari 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya