Comscore Tracker

7 Keahlian yang Wajib Kalian Punyai Saat Ingin Menjadi Akuntan Sukses

Guru Besar Akuntansi Udinus ungkap rahasia suksesnya

Era Industri 4.0 harus dihadapi oleh segenap masyarakat Indonesia dengan berbagai kreativitas. Tak terkecuali bagi para akuntan. Termasuk tantangan terkait perubahan pendanaan bisnis ditambah jumlah aset teknologi semakin banyak, berkurangnya penggunaan sumber daya manusia (SDM).

 

1. Profesor dari Udinus ungkap tujuh jurus jitu jadi akuntan yang handal

7 Keahlian yang Wajib Kalian Punyai Saat Ingin Menjadi Akuntan SuksesPengukuhan Guru Besar Akuntansi di Udinus. Dok Humas Udinus

Menurut Prof Dwiarso Utomo, SE, M.Kom, Akt, CA, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), dalam bertahan di era Industri 4.0, seorang akuntan harus memiliki tujuh kemampuan akuntansi.

Ketujuh kemampuan yang ia maksud antara lain Technical and Ethical Competencies, Intelligence, Creativity, Digital Quotient, Emotional Intelligence, Vision dan Experience. 

Ia menyarankan kepada para akuntan agar lebih jeli membaca peluang di pasar global. Pada era 4.0, ujarnya tidak semua pekerjaan bisa digantikan oleh mesin dan teknologi.

"Dan ilmu akuntansi serta profesi akuntan akan tetap relevan di era tersebut. Teknologi big data juga merambah dalam kegiatan pemeriksaan keuangan. Secara keseluruhan, seorang akuntan harus beradaptasi terhadap perubahan model industri 4.0. Jika seorang akuntan tidak mampu beradaptasi maka dia akan hilang," ujarnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga: Kepengin Jago Bahasa Inggris? Cobain Main Game Bikinan Anak Udinus Ini

2. Pemulihan ekonomi masih membutuhkan keahlian dari para akuntan

7 Keahlian yang Wajib Kalian Punyai Saat Ingin Menjadi Akuntan SuksesGuru Besar Akuntansi Udinus memaparkan kunci sukses menghadapi Era 4.0. Dok Humas Udinus

Ia yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Akuntansi di Udinus tersebut mengungkapkan para akuntan mestinya bisa menghadapi tantangan penggunaan robotics and data analytics (big data) dalam menangani pekerjaan-pekerjaan dasar seperti mencatat transaksi, memilah, mengolah transaksi, dan membuat laporan transaksi.

Ia bilang apa yang sudah diraih oleh Association of Chartered Certified Accountant (ACCA) dengan memperoleh penghargaan 'The Professional Global Body of The Year' Digital Accountancy Forum (DAF) Awards 2020, jadi bukti bahwa profesi akuntan masih diperhitungkan di dunia industri nasional.

"Ini bukti kalau saat disrupsi, pemulihan ekonomi masih tetap membutuhkan ilmu akuntasi," bebernya.

3. Rektor Udinus berharap guru besar bisa membangkitkan karya-karya yang brilian

7 Keahlian yang Wajib Kalian Punyai Saat Ingin Menjadi Akuntan SuksesRektor Udinus saat menghadiri wisuda mahasiswanya. Dok humas Udinus Semarang

Sedangkan, Rektor Udinus Prof Noersasongko, M.Kom menyampaikan bertambahnya guru besar di bidang Ilmu akuntansi menjadi pelecut semangat guna membangkitkan karya-karya brilian yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Perguruan tinggi berperan penting dalam keberlangsungan peradaban bangsa, utamanya di bidang pendidikan,” tutupnya.

Baca Juga: Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah Daring

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya