Comscore Tracker

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu Wajar

Anak tengah bisa jadi penengah

Anak tengah katanya punya karakter paling unik dalam keluarga. Apalagi yang urutannya benar-benar di tengah, misal anak kedua dari tiga bersaudara atau anak ketiga dari lima bersaudara.

Si anak tengah identik dengan karakter abu-abu dan sulit ditebak. Berikut adalah lima suka duka menjadi anak tengah, benar gak sih sesekali merasa terasing?

Baca Juga: Terlihat Kuat, Ini 6 Hal yang Diam-diam Dirasakan Anak Sulung

1. Kadang merasa gak dianggap

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu WajarInstagram.com/sheiladaisha

Ada yang berstatus anak tengah? Banyak yang bilang anak tengah sesekali diasingkan di keluarga dan membuatnya merasa gak dianggap. Kadang dia merasa gak sehebat kakaknya dan di lain waktu merasa gak sepenting sang adik.

Tenang, orang tua yang bijak semestinya bisa memperlakukan setiap anaknya dengan adil. Jadi gak perlu ada yang iri, bahkan sampai merasa gak dianggap.

2. Ragu-ragu menyampaikan pendapat

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu WajarInstagram.com/sheiladaisha

Anak tengah juga sering merasa ragu saat akan menyampaikan pendapat. Alasannya beragam, kadang merasa takut pendapatnya gak dianggap penting atau justru terlalu banyak pertimbangan.

Perasaan ini wajar, menjadi anak tengah membuatnya memiliki toleransi tinggi. Sebelum berbicara atau bersikap, dia akan mempertimbangkan bagaimana tanggapan kakak dan adiknya nanti.

3. Sering bingung menentukan sikap

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu WajarInstagram.com/sheiladaisha

Si anak tengah juga sering bingung menentukan sikap. Gak ingin memihak siapa pun, sebab terbiasa berada di tengah.

Sejak kecil, anak tengah biasanya diajarkan untuk menghormati kakak dan melindungi adiknya. Ini yang membuatnya kadang bingung bersikap, apalagi di momen tertentu saat harus memihak ke satu sisi saja.

4. Sesuai statusnya, anak tengah biasanya menjadi penengah

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu WajarInstagram.com/filmnkcthi

Namun ada banyak sisi positifnya juga menjadi anak tengah. Sesuai urutannya di dalam keluarga, dia bisa menjadi penengah saat terjadi perselisihan atau beda pendapat dalam keluarga.

Pola pikir dan karakter anak tengah sangat berguna saat anggota keluarga sedang berselisih. Dia bisa menilai suatu perkara dengan lebih obyektif.

5. Cukup adil dan gak memihak

5 Suka Duka Menjadi Anak Tengah, Kadang Merasa Terasing Itu WajarInstagram.com/sheiladaisha

Seperti yang dibahas pada poin ketiga, anak tengah terbiasa adil sejak kecil. Memandang segala sesuatunya dari berbagai sisi. Karakter positif ini sangat bermanfaat bagi masa depannya.

Di dunia pekerjaan dan pergaulan, bersikap netral itu gak gampang, lho. Hanya orang yang punya toleransi tinggi dan terbiasa menghormati orang lain yang  bisa melakukannya dengan bijak.

Ada yang berstatus anak tengah? Suka duka nomor berapa, nih yang pernah kamu rasakan?

Baca Juga: Tipe Anak Seperti Apakah Kamu dalam Keluarga?

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya