Comscore Tracker

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!

Ganjaran pahalanya bisa berlipat ganda,

Ramadan sebagai bulan kebaikan selalu dimanfaatkan umat Islam mencari pahala dan berkah sebanyak-banyaknya. Tidak hanya menjalankan ibadah wajib, merereka juga ingin mendapatkan tambahan pahala dengan melaksanakan amalan sunah.

Berikut 10 amalan yang bisa dilakukan untuk melebur dosa hingga melipatgandakan pahala saat bulan Ramadan. Yuk, amalkan!

1. Bersahur

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!thecrcl.ca

Puasa merupakan ibadah wajib di bulan Ramadan. Untuk melancarkan puasa, amalan bulan Ramadan yang disunahkan adalah makan sahur.

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan." (HR Al-Bukhari No 1923).

Rasulullah SAW juga bersabda, "Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah 'Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR Ahmad dari Abu Sa'id Al Khudri radhiallahu 'anhu).

2. Salat Tarawih dan salat malam

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!Suasana salat tarawih malam pertama Ramadan di Masjid Raya Al Mashun, Kota Medan, Senin (12/4/2021) malam. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Salat Tarawih merupakan ibadah sunah yang hanya dilaksanakan pada malam selama bulan Ramadan. Salat Tarawih ini merupakan amalan istimewa, memiliki keutamaan dan ganjaran yang besar bagi yang menjalani di bulan suci ini. 

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No 37).

Selain Salat Tarawih, salat di sepanjang malam di bulan Ramadan juga dapat melipatgandakan pahala. 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengerjakan salat malam di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka Allah akan menghapuskan dosanya yang telah lalu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 saat Ramadan, MUI Jateng Minta Bantuan Ormas

3. Tadarus Al Quran dan mengkhatamkannya

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!Ilustrasi tadarus (IDN Times/Prayugo Utomo)

Bulan Ramadan adalah bulan yang amat erat hubungannya dengan Al Quran, karena saat itulah kitab suci umat muslim ini diturunkan. Maka itu, tadarus Quran (membaca sekaligus mengkaji) adalah hal yang sangat utama saat itu dan telah menjadi aktivitas sejak masa Nabi Muhammad SAW dan generasi terbaik.

Ibnu Abbas menceritakan, "Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (HR Bukhari No 3220)

4. Bersedekah

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!nst.com.my

Rasul telah mencontohkan akhlak yang luar biasa yaitu kedermawanan. Ketika masuk bulan Ramadan, kedermawanan rasul seperti angin berembus. 

Ibnu Abbas menceritakan, ‘’Nabi Muhammad SAW adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan, Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadan dia bertadarus Al Quran bersamanya. Maka, Rasulullah benar-benar sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus. (HR Bukhari No 3220)

5. Memperbanyak doa

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!Ilustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Melangitkan doa ke langit saat Ramadan besar kemungkinan doa tersebut akan dijabah oleh Allah SWT.

Rasulullah bersabda, "Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak, yaitu doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang teraniaya". (HR At Tirmidzi No 2526, 3598).

6. Menyegerakan berbuka puasa

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!tstatic.net

Ternyata menyegerakan berbuka puasa menjadi amalan yang pahalanya bisa diunduh selama bulan Ramadan. 

Dari Amru bin Maimun, "Para sahabat Muhammad SAW adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya". (HR Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra No 7916)

Baca Juga: Penentuan Awal Ramadan 2021, Ini Lokasi Rukyatul Hilal di Jateng 

7. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!Salah satu kegiatan Warung Sedekah Makassar bertajuk WSM for Tahfidz di Masjid Markaz Imam Malik Makassar, Jumat (24/1). IDN Times/Istimewa

Seperti halnya bersedekah, memberi makan kepada orang yang berbuka puasa juga bisa mendatangkan pahala di bulan Ramadan. 

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani bahwa Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR At Tirmidzi No 807)

8. Menjauhi perbuatan yang merusak puasa

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!freepik.com

Perbuatan yang merusak puasa Ramadan adalah menggunjing (ghibah), adu domba (namimah), menuruti syahwat (rafats), berjudi, dan lainnya. Perbuatan ini mesti dijauhi agar puasa kita tidak sia-sia. 

Rasulullah bersabda, "Betapa banyak orang berpuasa yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya lapar saja. (HR Ahmad No 9685)

9. I'tikaf di 10 hari terakhir Ramadan

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!pakistantoday.com.pk

Amalan bulan Ramadan ini terkait dengan jatuhnya malam Lailatul Qadar pada satu malam di antara 10 hari terakhir Ramadan. Jika berhasil mendapatkan keistimewaan malam Lailatul Qadar, tentu saja pahala yang didapat akan sangat besar.

Dari Ummul Muknimin, "Bahwasanya Nabi Muhammad SAW beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun i’tikaf setelah itu". (HR Bukhari No 2026)

10. Umrah

10 Amalan Sunah saat Ramadan untuk Tambah Pahala, Jangan Kelewatan!Jusuf Kalla bersama rombongan melakukan Ibadah Umrah di tengah pandemik COVID-19 (Dok. DMI)

Ibadah umrah ketika bulan Ramadan adalah sebanding pahalanya seperti haji bersama Rasulullah SAW.  Selama umroh, amalan-amalan yang dilakukan pun akan berlipat ganda pahalanya. Selain itu, bisa dilakukan lebih khusyu dan benar-benar memasrahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT saat berdoa dan melakukan ibadah-ibadah tersebut.

Rasulullah berkata kepada seorang wanita Anshar bernama Ummu Sinan, "Sesungguhnya umrah ketika bulan Ramadhan sama dengan menunaikan haji atau haji bersamaku." (HR Bukhari No 1863)

Sayangnya, ibadah umrah belum bisa dilakukan karena masih masa pandemik COVID-19.

Itulah 10 amalan sunah di bulan suci Ramadan. Semoga kita diberi rahmat dan kekuatan agar bisa mengerjakannya ya, Aamiin.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Selama Ramadan, Modal Minim Raup Untung Banyak 

https://www.youtube.com/embed/hbBUYbjDyjo

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya