Comscore Tracker

Keutamaan Baca Surat Yasin Malam Nisfu Syaban, Doa Selamat Dari Wabah

Malam dimana amalan manusia diangkat

Nisfu Syaban tahun 2020 Masehi atau 1441 Hijriah bertepatan pada hari Rabu Malam tanggal 8 Maret 2020. Hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU).

Nisfu Syaban artinya merupakan malam pertengahan bulan Syaban. Yakni peringatan pada tanggal 15 bulan kedelapan atau bulan Syaban dari kalender hijriah. Apa saja amalan yang dianjurkan dikerjakan pada malam Nisfu Syaban?

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban, Amalan Utama dan Doa yang Dianjurkan Dikerjakan

1. Lembaga Falakiyah NU tetapkan malam Nisfu Syaban pada Rabu

Keutamaan Baca Surat Yasin Malam Nisfu Syaban, Doa Selamat Dari WabahWarga Nahdliyin dalam sebuah parade. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa Nisfu Sya'ban 1441 H bertepatan dengan Rabu (8/4) malam.

"Nisfu Sya'ban 1441 H jatuh hari Rabu Wage, malam Kamis Kliwon, 8-9 April 2020," ujar Pelaksana tugas Ketua LF PBNU KH Sirril Wafa dilansir dari NU Online. Putusan ini didasarkan pada pertimbangan bahwa rukyatul hilal LF PBNU pada Selasa (24/3) petang di beberapa titik di Indonesia tidak dapat terlihat.

Pasalnya, tinggi hilal masih di bawah dua derajat sebagai batas imkanur rukyah, tepatnya 1 derajat 36 menit 22 detik.

Ijtimak juga terjadi pada Selasa (24/3) pukul 16.26.43 WIB. Hal itu menunjukkan kurang dari 15 jam menuju terbenamnya matahari pada pukul 18.01 WIB. Oleh karena itu, bulan Rajab 1441 H digenapkan menjadi 30 hari sehingga awal Sya'ban 1441 H jatuh pada Kamis (26/3). "Awal Sya'ban 1441 H bertepatan dengan hari Kamis Legi, mulai malam Kamis, 26 Maret 2020," kata Kiai Sirril Wafa pada Selasa (24/3).

2. Sejumlah keutamaan bulan Syaban

Keutamaan Baca Surat Yasin Malam Nisfu Syaban, Doa Selamat Dari Wabahpixabay.com

Bulan Syaban merupakan bulan penuh berkah, Bulan Syaban merupakan bulan sebelum Ramadhan, pada Bulan Syaban Allah membukakan pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Umat Islam pada bulan ini dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah dan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Syaban.

Di malam Nisfu Syaban Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Sya'ban merupakan bulan yang berada di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Syaban merupakan satu diantara bulan istimewa di penanggalan Hijriah umat Islam. Pada bulan ini amalan manusia diangkat kepada Allah SWT. Seperti diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Imam An-Nasa'i berikut ini:

قَالَ حَدَّثَنِي أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ، قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ ‏.‏ قَالَ ‏ "‏ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ ‏"

Artinya: Usamah bin Zaid berkata. "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban." Rasulullah SAW berkata, "Ini adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i).

3. Dianjurkan berdoa membaca surat yasin tiga kali agar terhindar dari wabah

Keutamaan Baca Surat Yasin Malam Nisfu Syaban, Doa Selamat Dari Wabahaboutislam.net

Malam Nisfu Syaban dikenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Sha'ban di dunia Arab, dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran dan India.

PBNU mengimbau masyarakat untuk membaca amalan yang biasa dilakukan oleh warga NU pada malam nisfu Syaban, diantaranya membaca surat Yasin tiga kali.

Pada masing-masing bacaan disertai niat permohonan untuk dianugerahi panjang umur dalam keberkahan dan rida-Nya, dijauhkan dari segala macam bahaya seperti fitnah, penyakit, wabah, dan sejenisnya, dan diberi kekuatan iman dengan tidak bergantung kepada sesama manusia.

Selain membaca Surat Yasin umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa kepada Allah SWT. Amalan lainnya di malam Nisfu Syaban menurut Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitabnya Madza fi Sya’ban yakni memperbanyak membaca kalimat Syahadat.

Amalan ketiga yang dianjurkan dikerjakan di malam nisfu syaban yakni perbanyak membaca istighfar.

Itulah amalan-amalan utama dan doa yang dianjurkan dikerjakan dan dibaca saat malam Nisfu Syaban 2020 yang jatuh pada Rabu (8/4). Semoga bermanfaat

Baca Juga: Tuntunan Lengkap Puasa Ramadan dari PP Muhammadyah saat Wabah COVID-19

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya