Comscore Tracker

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda 

Ada Timun Mas hingga Baturaden

Indonesia memiliki banyak ragam budaya dan adat, yang menghasilkan ciri khas masing-masing pada setiap daerah yang ada di negeri ini. Termasuk cerita rakyatnya, setiap daerah memiliki cerita rakyat yang diceritakan secara turun temurun hingga lestari sampai saat ini.

Termasuk cerita rakyat Jawa Tengah yang memiliki ciri khasnya tersendiri dalam alur, dan tema pada cerita tersebut. Berikut ini IDN Times rangkum beberapa cerita rakyat terpopuler di Jawa Tengah. Namun sebelum itu perlu diketahui pengertian cerita rakyat Jawa Tengah itu sendiri

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Pajang, Jaka Tingkir Takluk di Tangan Anak Angkatnya

1. Pengertian Cerita Rakyat Jawa Tengah

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda kebunrayabaturraden.id

Pengertian Cerita pada Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal, karangan yang menuruturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang, kejadian dan sebagainya.

Sehingga dapat disimpulkan cerita rakyat merupakan cerita atau kisah yang asal usulunya yang berasal dari suatu daerah yang disebarkan oleh masyarakatnya dan terus berkembang dalam kehidupan masyarakat di masa yang dahulu.

2. Upaya menjunjung tinggi budaya adat istiadat dan menjaga warisan leluhur

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda https://pariwisatasolo.surakarta.go.id

Latar Belakang Rakyat Jawa Tengah adalah masyarakat yang menjunjung tinggi kebudayaan dan adat istiadat mereka, menjaga warisan para leluhur mereka. Yang menyebabkan banyak cerita rakyat yang berlatar belakang kehidupan Jawa Tengah.

Seringnya, isi dari sebuah cerita rakyat adalah bercerita tentang suatu daerah yang memiliki peristiwa-peristiwa yang membuatnya menjadi sebuah legenda daerah tersebut.

3. Berikut adalah tiga cerita rakyat Jawa Tengah terpoler

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda instagram.com/sigit_phiyo

Upaya menjunjung tinggi kebudayaan dan adat istiadat, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki cerita rakyat yang cukup banyak. Berikut adalah cerita-cerita Rakyat Jawa Tengah:
- Legenda Baturaden
- Timun Mas
- Jaka Tarub dan 7 Bidadari

4. Legenda Baturaden kisah cinta juragan dan pembantunya

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda wisata.com

Baturaden diceritakan pada cerita rakyatnya ialah merupakan percintaan antara putra soerang pekerja dan Putri dari Bosnya. Sebab cerita yang melegenda tersebut Baturaden memiliki arti Pembantu dan seorang bangsawan, yang berasal dari kosa kata jawa “batur” (pembantu) dan “Raden” (bangsawan).

Letak Baturaden sendiri adalah di lereng Gunung Slamet atau Arah utara Purwokerto kecamatan Banyumas. Baturaden kini merupakan tempat wisata yang terkenal dan banyak wisatawan berkunjung kesana setiap periodenya.

5. Cerita rakyat Timun Mas yang berubah menjadi seorang gadis cantik

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda pertanianku.com

Seorang Ibu yang bernama Mbok Sirni mendapatkan kejutan dari sebuah timun besar yang terdapat di pekarangan rumahnya. Dengan rasa penasaran dan sedikit was-was Mbok Sirni membelah timun tersebut.

Betapa terkejutnya Mbok Sirni. Ketika buah timun terbelah terdapat seorang bayi perempuan yang berparas sangat cantik. Mbok Sirni yang sangat menginginkan anak sebab tidak memiliki keturunan, langsung mengambil bayi tersebut dan memandikannya
Mbok Sirni merawat bayi tersebut layaknya anaknya sendiri. Bayi yang berasal dari timun besar tersebut diberi nama Timun Mas.

6. Jaka Tarub seorang manusia yang menikah dengan bidadari

Kumpulan Cerita Rakyat Terpopuler Jawa Tengah, Kisah-kisah Melegenda Dokumentasi Pribadi

Jaka Tarub merupakan pemuda yang sangat rajin dan berbakti kepada Ibunya. Bukan hanya rajin dan berbakti saja ia juga merupakan pemuda yang berparas tampan dan gesit dalam menangkap target buruanya di Hutan.

Hal-hal menakjubkan dari Jaka Tarub mampu membuat para gadis desa yang melihatnya langsung jatuh cinta. Akan tetapi dari banyaknya gadis-gadis tersebut tidak ada yang membuat Jaka Tarub jatuh cinta.

Hingga akhirnya pada suatu hari ia melewati sungai di Hutan yang biasa ia datangi untuk berburu. Di celah-celah batu dan semak Jaka Tarub melihat 7 orang gadis cantik yang sedang membasuh diri di bawah air terjun yang mengalir.

Tanpa sengaja Jaka Tarub melihat selendang yang tercecer di sala satu batu dekat Jaka Tarub berdiri. Jaka Tarub dengan segera mangambil selendang tersebut dan lari jauh dari sungai.

Ternyata selendang yang dicuri oleh Jaka Tarub adalah milik dari salah satu 7 gadis tersebut yang nyatanya merupakan bidadari.

Demikianlah kumpulan cerita rakyat Jawa Tengah terpopuler yang mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar. Tidak ketinggalan juga diatas dijelaskan mengenai penjelasan atau maksud dari cerita rakyat.

Apakah sekarang anda lebih memahami lagi tentang cerita rakyat? Semoga anda ikut tutut dalam pelestarian cerita rakyat Indonesia, khususnya cerita rakyat Jawa Tengah.

Baca Juga: Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan, Asmara Tragis Manusia dan Bidadari 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya