Comscore Tracker

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!

Ketahuilah bahwa kamu berharga

Pernahkah kamu mengalami tidak percaya diri atau insecure pada diri sendiri? Jika pernah, tidak apa-apa karena itu merupakan hal wajar dialami oleh setiap orang. Akan tetapi, perlu diingat ya bahwa selalu insecure itu tidak baik.

Sebab, merasa insecure terus-menerus bisa membuatmu sering merasa bersalah, tidak leluasa dalam melakukan apa pun, dan merasa tidak berharga. Jika kamu tengah mengalami insecure, berikut adalah 5 tips untuk mengurangi rasa insecure yang ada pada dirimu. Yuk, mulai simak tipsnya di bawah ini!

1. Jangan berfokus pada kebahagiaan hidup orang lain

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!ilustrasi pertemanan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Salah satu penyebab seseorang mudah merasa insecure adalah dengan berfokus pada gaya hidup orang lain yang terlihat bahagia. Hal itu juga membuat kamu secara tidak langsung menempatkan standar kebahagiaanmu pada orang lain.

Padahal setiap orang memiliki kebahagiaannya masing-masing, tak melulu soal materi. Hal-hal sederhana, seperti masih diberi kesehatan oleh Tuhan dan masih dikelilingi oleh orang-orang yang baik padamu juga merupakan kebahagiaan yang tak kalah penting.

2. Mengutamakan kenyamanan dan tidak memaksakan diri

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!ilustrasi wanita becermin (unsplash.com/Oleg Sergeichik)

Mengenakan pakaian yang bagus, memiliki barang-barang mahal, dan pergi ke tempat yang mewah mungkin merupakan keinginan setiap orang, tapi perlu diingat bahwa itu bukanlah sesuatu yang harus kamu wujudkan. Mengutamakan kenyamanan dan kemampuan jauh lebih penting, misalnya kenakanlah pakaian yang sesuai dengan dirimu dan sesuai dengan budget yang kamu punya.

Kamu bisa kok tampil keren dengan gayamu sendiri tanpa harus menjadi orang lain demi mengikuti tren. Selama kamu merasa nyaman dan tidak merugikan siapa pun, tidak ada yang salah kan?

Baca Juga: Suka Merasa Insecure? Ini 5 Rekomendasi Drama Korea Biar Bikin Pede

3. Mulai fokus mengembangkan potensi diri

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!ilustrasi wanita menulis (unsplash.com/Kyle Gregory Devaras)

Daripada kamu sibuk melihat kesuksesan hidup orang lain terus-menerus, lebih baik kamu fokus pada diri sendiri. Kamu bisa melakukan kegiatan positif yang kamu sukai, misalnya menyalurkan hobi.

Selain itu, kamu juga bisa belajar lebih jauh untuk mengenal diri sendiri dan kelebihan apa yang kamu miliki. Kemudian, mulailah untuk mengembangkan potensi yang ada supaya kamu merasa bangga dan percaya bahwa kamu juga bisa sukses seperti mereka dengan caramu.

4. Memahami bahwa setiap manusia itu beragam

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!ilustrasi keberagaman (unsplash.com/Hannah Busing)

Nyatanya Tuhan menciptakan manusia itu beragam, tak sama. Keberagaman itu merupakan anugerah yang harus disyukuri dan harus dihargai.

Jadi, kamu jangan merasa bahwa dirimu tidak cantik atau tampan, tidak berharga, tidak spesial. Percayalah bahwa setiap orang memiliki keistimewaan masing-masing, termasuk kamu dan jangan pernah berpatokan pada standar kecantikan atau ketampanan mana pun.

5. Mulailah menerima dan mencintai diri sendiri

5 Tips Mengurangi Rasa Insecure Pada Diri Sendiri, Yuk Kamu Bisa!ilustrasi wanita mencintai diri sendiri (unsplash.com/Radu Florin)

Kunci yang paling penting agar kamu tak lagi merasa insecure adalah dengan bersyukur. Kamu harus memahami bahwa di dunia ini tak ada yang sempurna. Dengan begitu, kamu akan lebih bisa menerima ketidaksempurnaan yang ada pada dirimu.

Jika ada sesuatu yang ingin kamu perbaiki, maka lakukanlah dengan sepenuh hati atas dasar kemauanmu sendiri bahwa kamu ingin menjadi manusia yang lebih baik dari hari kemarin. Rasa bersyukur juga dapat membuat hidup menjadi bahagia.

Mengurangi rasa insecure itu memang tidak mudah, semua butuh proses. Semoga 5 tips di atas dapat membantu untuk mengurangi rasa insecure pada dirimu. Tetap semangat dan jangan lupa bahagia ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Payudara Kecil yang Jarang Diketahui, Stop Insecure

Delvi Ayuning Photo Community Writer Delvi Ayuning

Menulis bukan hanya menuangkan kata-kata lewat tulisan, tapi lebih dari itu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya