Comscore Tracker

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari Pergunu

Diharapkan dapat diamalkan oleh seluruh umat Islam

Semarang, IDN Times - Pandemi virus corona (COVID-19) terus meluas di dunia, termasuk di Indonesia. Beberapa warga tampak resah dengan kondisi tersebut. Agat tak cemas menjalani hidup, Ketua Umum PP Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama), KH Asep Saifuddin Chalim membagikan beberapa amalan untuk mencegah terjangkit COVID-19. Berikut ulasannya.

1. Melakukan upaya lahir sebagaimana disosialisasikan banyak pihak

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari Pergunupexels.com/mentatdgt

Kiai Asep mengimbau kepada seluruh umat Islam di Indonesia, untuk selalu aktif mencegah penyebaran virus corona. Diantaranya dengan melakukan upaya lahir. Seperti mengikuti dan mempraktikkan arahan sebagaimana disampaikan oleh petuas kesehatan, presiden, gubernur, dan para kepala daerah.

Upaya lahir lainnya adalah dengan mengupayakan, menyediakan dan menggunakan alat pelindung diri seperti menggunakan masker, cuci tangan dengan air mengalir, penggunaan sabun antiseptik dan disinfektan.

2. Banyak membaca kalimat istigfar

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari PergunuMuslimobsession.com

Bersama upaya dzahir tersebut, lanjut Kiai Asep, juga diminta untuk melakukan upaya batin. Yakni pertama, memperbanyak membaca istigfar dengan sigot atau benar, yaitu Astagfirrullahal adhim waatubu ilaihi. Atasghfirrullahal adhima innahu kanaghafurraan.

"Karena menurut hadits Nabi, 'Barangsiapa yang banyak membaca istighfar, maka Allah akan menjadikan susah dan gundahnya berubah menjadi kebahagiaan, kesulitannya diberikan jalan keluar dan Allah akan melimpahkan rizki kepadanya yang tidak diduga-duga," terang Kiai Asep melansir laman nu.or.id, Kamis (2/4).

Baca Juga: Selain Puasa Rajab, 7 Amalan ini Dianjurkan Dikerjakan di Bulan Rajab

3. Terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari Pergunupixabay

Kedua, imbuh Kiai Asep, untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan kepada Allah, dengan melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya.

"Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat At Tholaq ayat 2 dan 3, ‘Barangsiapa yang senantiasa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari segala kesulitannya dan akan memberikan rizki yang tidak diduga-duga," lanjutnya.

Selain itu, katanya yang juga Pengasuh Pesantren Amanatul Umah tersebut, Allah juga berfirman dalam Al-Qur’an surat At Tholaq ayat 4, "Dan barangsiapa yang senantiasa bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusannya."

4. Selalu membaca Hauqola saat berada di tempat rawan COVID-19

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari PergunuDok. IDN Times

Ketiga, lanjut Kiai Asep, dengan memperbanyak membaca Hauqola: Lahaula ala quwata ila billah, utamanya saat kita berada di tempat-tempat yang riskan tertulari virus corona (COVID-19).

"Nabi bersabda yang artinya, Perbanyaklah membaca Lahaula wala quwata ila billah maka sesungguhnya kalimat ini dapat menutup dan mendorong keluar dari masuknya berbagai macam malapetaka dan penyakit," sebutnya.

Ketika membaca kalimat tersebut, ujar putra tokoh NU, KH Abdul Chalim Leuimunding itu, agar ditanamkan dalam hati bahwa kita tidak memiliki keberdayaan dan kekuatan apa-apa dalam menghadapi berbagai hal termasuk menghadapi virus corona, kecuali apabila disertai dengan pertolongan Allah SWT.

"Kepada mereka yang menyatakan dirinya tidak memiliki keberdayaan dan kekuatan apa-apa dan segala-galanya adalah Allah, maka Allah akan senang kepada mereka, kemudian Allah akan menurunkan kasih sayang dan pertolongan-Nya sehingga mereka mampu menghadapi dan menolaknya," ungkap Kiai Asep.

5. Mengamalkan doa Qunut di setiap salat wajib

5 Amalan Sahih Mencegah Terjangkit Virus Corona dari PergunuPixabay

Terakhir, umat Islam diminta untuk selalu membaca Qunut Nazilah dalam setiap shalat wajib, pada rakaat terakhir setelah ruku’ dan i’tidal. Sedangkan dalam shalat Subuh menjadi sambungan setelah bacaan Qunut biasanya.

"Semoga kita semua dalam kondisi sehat wal afi’ah, selalu dalam lindungan Allah SWT, serta sukses dalam menjalankan aktifitas sehari-hari," pungkas Kiai Asep.

Baca Juga: Qunut Nazilah, Bacaan Doa Berlindung Dari Malapetaka Termasuk Corona

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya