Comscore Tracker

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!

Yuk, berburu berkah Ramadan!

Semarang, IDN Times - Istimewanya bulan Ramadan disabdakan Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Abu Hurairah RA,

“Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya magfirah (ampunan), dan akhirnya ‘itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).”

Nah, memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadan, manfaatkan waktu ini untuk perbanyak bertaubat memohon ampunan pada Allah SWT. Berikut enam amalan yang sangat dianjurkan di 10 hari kedua bulan Ramadan.

1. Perbanyak ibadah sunah

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!pixabay/rudolf_langer

Umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah di bulan Ramadan, terutama salat malam. Ibadah ini cukup berat dilakukan, sebab gak semua orang bisa menahan kantuk dan melawan malas beribadah di malam hari.

Selain salat tarawih, perbanyak juga salat sunah malam lainnya seperti witir dan tahajud. Bisa juga ditambah mengerjakan salat tasbih dan hajat agar berkah hidup makin berlimpah.

2. Lebih rajin berzikir

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!IDN Times/Rizka Yulita

Ketika pintu ampunan dibuka seluas-luasnya pada 10 hari kedua bulan Ramadan, manfaatkan dengan rajin berzikir dan menyebut asma Allah. Zikir bisa dilakukan sepanjang hari, termasuk sebagai doa setelah salat malam.

Baca Juga: Hujan Meteor di Bulan Ramadan, 5 Fenomena Langit Sepanjang Mei 2020

3. Perbanyak membaca Al-Qur’an

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!Youtube Dewi Perssik Real Channel

Jangan sampai ketinggalan, perbanyak juga membaca kitab suci Al-Qur’an di bulan Ramadan. Pahami juga maknanya, karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup terbaik bagi umat muslim.

4. Bersihkan harta dengan bersedekah

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!IDN Times/Rizka Yulita

Memperbanyak bersedekah adalah upaya untuk membersihkan harta kita dari hal-hal yang kurang baik. Bantu sesama yang membutuhkan dengan menyisihkan sedikit harta yang kita punya.

Gak perlu banyak, asal dilandasi niat tulus semata mengharap rida Allah SWT. Rajin bersedekah juga bisa bikin hati lebih tenang, lho.

5. Memberi makanan bagi orang yang berpuasa

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!IDN Times/Rizka Yulita

Sedekah yang paling mudah dilakukan di bulan Ramadan adalah memberi makanan bagi orang yang berpuasa. Bagi sedikit menu buka puasamu untuk tetangga, kerabat, atau pedagang yang kebetulan lewat.

Dikisahkan Salman Al-Farisi RA dari kutipan salah satu khotbah Rasulullah SAW,

“Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada orang yang saum/puasa dengan seteguk susu, sebiji kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang saum, maka Allah akan memberi minum dari telaga dengan satu tegukan, yang menyebabkan tidak haus sampai masuk surga.”

6. Saling mendoakan sesama muslim

Perbanyak 6 Amalan Ini di 10 Hari Kedua Ramadan, Pintu Taubat Dibuka!IDN Times/Rizka Yulita

Jangan cuma meminta ampun untuk diri sendiri, manfaatkan 10 hari kedua di bulan Ramadan yang indah ini untuk mendoakan sesama muslim. Saling mengirim doa baik dan memohonkan ampun bagi saudara sesama muslim termasuk amalan baik.

Yuk, lakukan keenam amalan di atas dengan tulus dan penuh suka cita. Semoga ibadah puasamu berjalan lancar sampai Idulfitri nanti, ya!

Baca Juga: 5 Stok Bumbu yang Wajib Disimpan Selama Ramadan, Masak Anti Ribet

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya