Comscore Tracker

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang 

Jadi tempat kumpul keluarga yang nyaman

Siapa yang memanfaatkan momen makan bersama sebagai saat kumpul keluarga? Yup, waktu yang terbatas membuat banyak orang yang menggunakan waktu makan untuk mengobrol santai dengan anggota keluarga.

Pembicaraan seputar kegiatan sehari-hari yang dilalui, rencana, atau sekedar becanda sering terjadi di ruang makan.

Itulah mengapa kamu perlu membuat ruang ini menjadi nyaman sehingga keluarga merasa betah makan dan berkumpul.

Untuk menciptakan nuansa yang menyenangkan tidak harus memiliki ruang makan yang besar, kok. Dengan beberapa inspirasi dekor berikut, kamu bisa mengubah ruang makan kecil jadi terlihat lebih luas dan nyaman. Disimak, ya!

Baca Juga: 5 Ide Desain Ruang Tamu Kecil Terkesan Luas, Bisa Multifungsi

1. Desain area khusus untuk ruang makan kecil

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang ilustrasi ruang makan kecil yang nyaman (unsplash.com/Daniil Silantev )

Gak jarang untuk mengakali ukuran rumah yang kecil, arsitek sengaja membuat ruang yang luas sehingga dapur, ruang makan, ruang keluarga, bahkan ruang tamu menyatu.

Kalau sudah begini, kamu perlu memetakan ruang tersebut seakan-akan kamu memiliki beberapa ruang dalam ruang besar tersebut. Salah satunya dengan mendesain area khusus untuk ruang makan kecil.

Beberapa trik desain yang bisa kamu lakukan seperti memisahkan area masak dengan makan. Nah, agar terlihat lega, kamu perlu menaruh meja dan kursi makan dengan bentuk ramping dan simpel. Tambahkan juga lampu gantung untuk membentuk ilusi ruang tinggi.

2. Cat dinding yang netral untuk membuatmu lebih rileks

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang ilustrasi ruang makan kecil dengan dinding warna netral (unsplash.com/Pixabay)

Seharian bekerja di luar yang riuh, tentu membuatmu ingin makan di tempat yang tenang. Nah, ruang makan dengan cat dinding yang netral dengan tekstur minimalis tentu bisa membuat pikiran jadi lebih rileks.

Seperti ruang makan dengan dinding berwarna abu-abu yang dipadukan dengan tirai putih dan furnitur makan berwarna senada. Oya, kamu bisa menambahkan lampu gantung yang elegan dan lukisan yang berukuran sedang atau besar untuk mencegah ruang jadi terlihat monoton.

3. Gabungkan ruang makan dengan dapur

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang ilustrasi dapur sekaligus ruang makan (pexels.com/Pixabay)

Kalau ukuran rumah benar-benar minimalis, menyatukan ruang antara dapur dan ruang makan bisa jadi solusinya, lho. Kamu bisa memanfaatkan meja island sebagai meja untuk memasak sekaligus makan. 

Pilihlah tema dapur bernuansa village yang mayoritas menggunakan tekstur kayu yang tidak membosankan. Lalu berikan beberapa lampu gantung kecil sehingga ruang terlihat lebih tinggi.

Oya, kamu juga perlu menambahkan jendela atau pintu berkaca yang lebar sehingga kesan luas makin terasa. 

4. Mainkan pola ingkaran di ruang makan

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang ilustrasi ruang makan dan dapur (pexels.com/Max Vakhtbovych)

Memainkan pola ruang juga bisa membuat ilusi ruang makan jadi terlihat lebih luas dan nyaman, lho. Nah, agar ruang makan dan ruang dapur tidak terasa kaku karena biasanya berbentuk persegi, kamu bisa menambahkan beberapa pola lingkaran di dalamnya.

Kamu bisa aplikasikan pola lingkaran pada meja makan, jendela, dan beberapa aksesoris lainnya. Meski jarang digunakan, sebenarnya pola lingkaran ini bisa mengakali ruang makan jadi terlihat luas, nyaman, dan unik. Cocok untuk kamu yang memiliki karakter out of the box, nih. 

5. Gunakan furnitur dengan warna bold

5 Ide Ruang Makan Kecil Terlihat Lega, Yuk Maksimalkan Luas Ruang ilustrasi ruang makan kecil terlihat luas (pexels.com/Katalin Fábián)

Furnitur berwarna bold bisa membuat ruang makan jadi lebih nyaman. Ini karena warna-warna bold di antara ruang yang netral bisa mengundang orang masuk ke dalamnya. Alhasil, anggota keluarga jadi betah berlama-lama di ruang makan.

Kamu bisa menambahkan meja kayu dan kursi berwarna hijau bold untuk membuat orang fokus di ruang makan. Oya, supaya makin betah duduk, kamu perlu menaruh kursi yang empuk bertekstur bulu atau beludru.

Nah, supaya ruang makan jadi lebih terkesan intimate, menempelkan beberapa lukisan buatan sendiri juga bisa, lho. 

Semoga beberapa ide di atas bisa menambah inspirasimu mengubah ruang makan kecil jadi terlihat lebih luas. Tapi ingat, tetap disesuaikan dengan kemampuan finansial, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Ide Ruang Kerja dengan Sentuhan Warna Biru, Bikin Lebih Produktif

IamLathiva Photo Community Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya