Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahun

Kamu harus tetap semangat, ya

Beberapa waktu ini sering sekali mendengar istilah quarter life crisis. Istilah tersebut adalah gambaran atas begitu banyaknya masalah dan krisis yang dihadapi ketika memasuki usia 25 tahun.

Kalau kamu sekarang sedang berada di usia tersebut dan merasakan banyaknya mimpi yang belum terwujud, belum soal asmara, merasa menjadi beban keluarga padahal merasa sudah dewasa, masalah keuangan, dan problem personal lainnya, patut menyimak tipsnya di bawah ini. Yaitu 5 tips ampuh mengatasi perasaan galau di usia 25 tahun. Keep scrolling!

1. Milikilah pemahaman bahwa waktu dan takdir setiap orang berbeda

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahunpixabay.com/pocket watch

Ketika apa yang di harapkan bahkan di inginkan belum tercapai sesuai target tentu ada perasaan kecewa terhadap diri sendiri bahkan kecewa terhadap keadaan. Apalagi ketika melihat teman seusia sudah lebih dahulu mencapai posisi impianmu.

Tidak salah tentang perasaan itu hanya ada hal yang harus kamu pahami lagi bahwa waktu yang disediakan buat kamu di dunia boleh jadi sama hanya pasti ada faktor pembedanya atas setiap orang. Entah itu faktor lingkungan, keberuntungan, bahkan bisa jadi memang kamu belum berjuang sekeras teman seusiamu.

Tapi, apa pun itu jangan menyalahkan diri sendiri karena pada dasarnya untuk mencapai sesuatu setiap orang punya waktunya sendiri bahkan percayalah ketika dalam prosesnya kamu telah berusaha dengan sebaik mungkin maka kamu juga akan mendapatkannya suatu hari nanti.

2. Pahami dirimu

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahunpixabay.com/timAllen

Memahami diri sendiri kadang kala dianggap seperti hal yang tidak penting bahkan merasa bahwa kamu sudah sangat mengenal dirimu sendiri. Padahal mengenal diri sendiri seperti halnya membaca buku, setiap membuka per lembarnya kamu pasti menemukan kata bahkan pelajaran baru di dalamnnya.

Sama halnya juga dengan dirimu, setiap hari yang dilalui pasti akan membawa kepada pelajaran baru dan pemahaman akan pribadimu, apakah kamu sudah benar dalam bertindak atau masih keliru. Pada usia 25 tahun adalah usia dewasa awal yang tentunya merupakan usia yang banyak menghadapi rintangan dalam berbagai aspek kehidupan.

Kamu akan merasa nyaman menjalani usia ini jika kamu mengerti bahwa kamu sudah cukup berjuang dan tetaplah percaya atas diri mu bahwa kamu mampu.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Terhubunglah dengan konten motivasi

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahunpixabay.com/ArLawKa AungTun

Dewasa ini, begitu mudahnya kamu terhubung dengan dunia luar melalui media sosial dan pesatnya kemajuan teknologi saat ini. Sangat positif bahkan membangunmu menjadi pribadi yang mengetahu berita dalam dan luar negeri serta apa yang sedang viral.

Namun, agar tetap memiliki motivasi yang kuat bahkan tidak terjerumus oleh kemajuan yang pesat ini maka milikilah koneksi dengan konten yang bersifat mengedukasi bahkan memotivasimu agar semangat kamu pun tetap terjaga.

4. Temukan komunitas yang positif

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahunpixabay.com/

Hidup sendiri dan merenungi hal yang begitu kompleks dalam hidup ini tentu sangat melelahkan. Hari akan terasa berat dan merasa bahwa hanya dirimu yang paling tidak beruntung dalam hidup.

Penting untukmu menemukan teman atau komunitas yang kamu senangi agar kamu tetap memiliki teman berbagi bahkan yang memiliki visi yang sama. Temukan komunitas itu dari media sosialmu agar hari mu tetap menyenangkan dan jangan galau sendirian.

5. Bijaksanalah menggunakan waktu

5 Tips Ampuh Mengatasi Perasaan Galau saat Usia 25 Tahunpixabay.com

Waktu adalah hal yang sangat berharga dalam hidup karena waktu tidak akan pernah terulang kembali. Jika di usia 25 tahun ini kamu merasa bahwa hidupmu terlalu berat dan banyak tantangan, maka mulailah untuk mengambil tindakan dan mulai bijaksana mengatur waktu.

Menyediakan waktu untuk mengenal diri sendiri dan apa yang dibutuhkan, berelasi dengan banyak teman agar tidak merasa sendirian bahkan terhubunglah dengan koneksi positif di lingkunganmu. Waktu sangat berharga jika hanya dihabiskan membandingkan pencapaian orang lain dengan keadaan kamu sekarang.

Perlu diingat kembali bahwa kamu muda dan tidak terlambat untuk memulai semua yang masih tertunda. Tetap semangat karena hidupmu akan sangat indah jika kamu bijaksana menggunakannya di masa muda.

Septianis Anis Photo Community Writer Septianis Anis

Terus belajar hal baru😊

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya