Comscore Tracker

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!

Mau lanjut atau tidak?

Siapa yang tidak kenal dengan istilah toxic?Toxic sendiri dalam Bahasa Inggris berarti racun, kata yang manggambarakan tidak baiknya akan sesuatu.

Dalam hubungan, toxic sering kali dipakai ketika hubungan itu tak lagi berjalan baik sehingga memengaruhi hubungan itu sendiri. Lalu bagaimana mengetahui kalau kamu sedang berada dalam hubungan yang toxic atau populer dengan istilah toxic relationship? Kenali ciri-ciri berikut ini.

1. Komunikasi satu arah

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!adu argumen (pexels.com/keira burton)

Apa itu maksudnya? Komunikasi satu arah di sini mengartikan bahwa kamu tidak diberikan hak untuk berbagi pendapat. Kalau menurutnya "A", kamu tidak bisa merubah itu, bahkan tidak diberikan kesempatan untuk berbicara,  seolah-olah kamu harus tetap menerima dan menuruti tanpa terkecuali.

2. Tidak adanya kepercayaan

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!pexels.com/vera arsic

Bukankah dalam suatu hubungan harus ada yang namanya kepercayaan satu sama lain? Kalo tidak, bagaimana kamu akan berdampingan selamanya dengan seseorang yang tidak memberikan kepercayaan? Jelas kepercayaan adalah salah satu kunci hubungan yang sehat. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Cepat Bosan saat Menjalani Hubungan, Gak Romantis Nih!

3. Terlalu posesif

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!pexels.com/rodnae productions
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Harusnya kamu bisa membedakan antara perhatian dan posesif itu berbeda. Kalau masih berdalih kekangan itu bentuk sebuah perhatian atau kekhawatiran, itu adalah alasan klasik. Mempunyai pasangan yang posesif juga lama kelamaan akan membuat kamu lelah, bahkan tidak tau jati diri kamu sendiri, karena pasanganmu merasa bahwa ia memiliki kamu sepenuhnya dan berhak menentukan apa yang harus kamu perbuat. 

4. Pasangan yang gaslighting

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!pexels.com/kat smith

Apa itu gaslighting? Gaslighting berarti penyiksaan secara psikologis terhadap korban. Gaslighter adalah seseorang yang melakukan gaslighting, yang akan memanipulasi korban sedemikian rupa untuk membuat korban makin hari makin tidak percaya diri. Mempertanyakan kembali apakah sudut pandang kamu berarti atau tidak, itu adalah salah satu ciri kalau pasanganmu seseorang yang gaslighting

5. Selalu merasa lelah

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!pexels.com/andrea piacquadio

Hati-hati, kalau kamu merasa lelah sepanjang waktu di suatu hubungan, itu pertanda kamu berada di hubungan yang toxic. Kamu terus beralasan bertahan karena mungkin cuma bosan dan suatu saat akan membaik? Coba perhatikan apakah kamu benar-benar bosan atau memang sudah tidak nyaman? Apakah bosan akan selama itu? Kenyamanan adalah yang terpenting. Perhatikan itu, ya.

6. Kasar secara verbal dan fisik

6 Ciri-Ciri Kamu sedang Berada di Hubungan yang Toxic, Hati-hati!pexels.com/timur weber

Siapa yang masih mempertahankan hubungan karena cinta? Kamu benar-benar tidak mencintai diri sendiri. Kekerasan dalam hal apa pun tidak dibenarkan. Kalau pasanganmu sudah berbuat kasar--meskipun secara verbal--lebih baik kamu berpisah. Memang badan kamu bukan korbannya, tapi mental kamulah yang jadi korbannya. Apalagi kekerasan secara fisik, seharusnya tidak ada alasan lagi untuk bertahan. 

Dari ciri-ciri toxic relationship tersebut, apakah kamu merasakan salah satunya? Kalau iya, kamu bisa berpikir lebih lanjut untuk memutuskan hubungan kamu ke depan seperti apa. 

Baca Juga: 5 Zodiak yang Benci dengan Drama dalam Hubungan, Dicap Gak Dewasa! 

Annisa Fitriyani Photo Community Writer Annisa Fitriyani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya